Pengaruh Penguasaan Materi, Kemampuan Menggunakan IT Dan Kemampuan Mengembangkan Materi Pai Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksploratif di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga)
DOI:
https://doi.org/10.30762/ed.v5i2.3920Keywords:
Mastery of Materials, Ability to Use IT, Ability to Develop Materials and Learning Achievement, Penguasaan Materi, Kemampuan Menggunakan IT, Kemampuan Mengembangkan Materi dan Prestasi BelajarAbstract
Abstract: This study aims to find and analyze the effect of teachers' ability to master the material and the ability to use IT with PAI learning achievement through the ability to develop material as an intervening variable in students of SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga in 2021. This type of research uses quantitative research, with a sample of 30 student. The variables studied include Mastery of Materials, Ability to Use IT, Ability to Use IT. The method of collecting data is through questionnaires, data analysis uses statistical analysis with simple regression analysis, multiple regression, and path analysis and is strengthened by classical assumption tests. PAI learning achievement is positive and significant. This is because it is known that the correlation between the two variables has a t-count value greater than the t-table value (3.495 greater than 1.697) or the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 less than 0.05. (2) The effect of the ability to use IT on PAI learning achievement is not significant. This is because the relationship between the two variables has a greater t-count value with a t-table value of -1.847 less than 1.697 or the value of Sig. (2-tailed) of 0.076 greater than 0.05. (3) The effect of the ability to develop material on PAI learning achievement is positive and significant. This is because the relationship between the two variables has a greater t-count value with a t-table value of 4.143 greater than 1.697 or the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 less than 0.05. (4) there is no significant effect between mastery of the material and the ability to use IT on PAI learning achievement at SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga through the ability to develop material as an intervening variable. This is because there is one path, namely the ability to use IT which has no significant effect on PAI learning achievement at Al-Azhar 18 Islamic Middle School Salatiga through the ability to develop material as an intervening.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis pengaruh kemampuan guru dalam menguasai materi dan kemampuan menggunakan IT dengan prestasi belajar PAI melalui kemampuan mengembangkan materi sebagai variabel intervening pada siswa SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga tahun 2021. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan sampel sebanyak 30 siswa. Variabel yang diteliti meliputi kemampuan penguasaan materi berbasis IT, Kemampuan Menggunakan IT, Kemampuan Menggunakan IT. Metode pengumpulan data melalui angket, analisis data menggunakan analisis statistik dengan analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan analisis jalur serta diperkuat dengan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh Penguasan Materi terhadap Prestasi Belajar PAI adalah positif dan signifikan. Hal ini karena diketahui korelasi antara kedua variabel tesebut memiliki nilai t hitung lebih besar dengan nilai t tabel (3,495 lebih besar dari 1,697) atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05. (2) Pengaruh kemampuan menggunakan IT terhadap prestasi belajar PAI adalah tidak siqnifikan. Hal ini karena hubungan antara kedua variabel tesebut memiliki nilai t hitung lebih besar dengan nilai t tabel yaitu -1,847 kurang dari 1,697 atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,076 lebih besar dari 0,05. (3) Pengaruh Kemampuan Mengembangkan Materi dengan prestasi belajar PAI adalah positif dan signifikan. Hal ini karena hubungan antara kedua variabel tesebut memiliki nilai t hitung lebih besar dengan nilai t tabel yaitu 4,143 lebih besar dari 1,697 atau nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05. (4) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan materi dan kemampuan menggunakan IT terhadap prestasi belajar PAI di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga melalui kemampuan mengembankan materi sebagai variabel intervening. Hal ini karena terdapat salah satu jalur yaitu kemampuan menggunakan IT yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar PAI di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga melalui kemampuan mengembangkan materi sebagai intervening.
Downloads
References
Abdurahman. Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Adobe Flash Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Muko-Muko Bathin VII Kab. Bungo. Program Pasca Sarjana UIN Sulthan Thaha Syaifudin tahun 2018
Abrianto Danny Dan Harun Sitompul. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMK Namira Tech Nusantara Medan. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi
Dalam Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Juni 2014, P-Issn: 2355-4983; E-Issn: 2407-7488. PPs Universitas Negeri Medan.
Achmad, Andi. Hubungan Pengembangan Bahan Ajar Dan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sungai Kunjang. jurnal Syamil IAIN Samarinda Vol. 5 (1) tahun 2017 P. ISSN: 2339-1332, E. ISSN: 2477-0027.
Aljinah. Pengaruh Kemampuan Guru Menggunakan Media Berbasis Komputer Terhadap Perhatian Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 2 Pinrang. Jurnal Studi Pendidikan (AL-ISHLAH) Vol XV Januari – Juni 2017.
Ceha R, Endang Prasetyaningsih, Iyan Bachtiar, Agus Nana S Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). ISSN 1693-699X |EISSN 2502-065X.
Damis. Upaya Pengembangan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Fakultas Agama Islam, Universitas Indonesia Timur Makassar Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 2, Desember 2017.
Dwiprima dkk. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) Volume 5 Number 2 tahun 2019.
Iqbal. Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Materi Ajar Pai Di Smpn 3 Sigli. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry 2019.
Ju’subaidi.Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Studi Kasus Di Mtsn Ponorogo.Jurnal Kodifikasia, Volume 5 No. 1 Tahun 2011
Karim, Ahmad dkk. Korelasi Antara Kemampuan Bahasa Arab Dengan Pemahaman Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Al-Amanah Kota Baubau. Jurnal Diskursus Islam, Vol.06 No.3, 2018.
La Hadisi, dkk. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Daya Serap Siswa di SMK Negeri 3 Kendari. Jurnal Al-Ta’dib Vol.10 No.2, 2017.
Nuris Masdiyah. Penggunakan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Studi Pada SMP Negeri di Kecamatan Sorean Kota Pare-Pare.
Muhlis. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Bahrul Ulum Kabupaten Gowa. Tesis Alaudin Makasar 2016.
Muhsin. Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Guru Pai Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Se-Kota Banda Aceh. HIKMAH: Journal Of Islami Studies, Vol 11. No.2 2015.
Mursyidah, Roihana waliyyul.Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pemaknaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.TESIS PPs Uin Sunan Ampel 2019.
Nurchaili. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 16, Nomor 6, Nopember 2010.
Subhan. Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa STKIP Taman Siswa Tahun 2017/2018. Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 7. No. 2, Juli Desember 2017 ISSN: 2088-0308 Jurnal Pendidikan IPS, LPPM STKIP Taman Siswa Bima
Royes Nadjamuddin , Zulkifli Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. Jurnal Raden Patah.ISSN: 2527-2764; E-ISSN: 2527-4589 Versi Online: http://jurnal.radenfatah .ac.id/index.php/jip.
Syafei, Imam. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Problem Based Learning Untuk Menangkal Radikalisme Pada Peserta Didik Sma Negeri Di Kota Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 10. No. I 2019 P. ISSN: 20869118 E-ISSN: 2528-2476.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabet, 2015. Tanzeh, Ahmad. Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009.
Wansadanureja, Miftah. Peran Bahasa Arab Dalam Memahami Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Berfikir Knowledge Or Certainty. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.8, No. 1, 2017.
Wernely. Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunakan Teknologi dan Komunikasi (TIK) di TK Aisyiyah Kota Dumai, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, Vol.2 No.3, 2018.
Yulianti, Farida. Peningkatan Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Tutor Sebaya Berbasis Diskusi pada Guru SLB B YPALB Karanganyar, Jurnal Managemen Pendidikan, Vol.13 No.13, 2018.
Zabidi Ahmad. Kreativitas Guru Dalam memanfaatkan Teknologi sebagai media pembelajaran PAI di SD se-Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang, Jurnal Ispirasi, Vol.3 No.2, 2019.
Zuliawati, Nurul. Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar se-Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri. Jurnal At-Tarbawi, Vol.1, No.1, 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.