Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa MTs Al-Amien Kota Kediri melalui Pembiasaan Sholat Dhuha

Authors

  • Agus Dwi Santosa Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Sabudin Yusoh Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Agus Subandono Universitas Pawyatan Daha Kediri
  • Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • Agus Miftakus Surur Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.445

Keywords:

discipline, Duha prayer

Abstract

Abstract: Discipline is one of the characters that must be possessed by students, so it needs to be trained and accustomed to students, especially when in the school environment. To familiarize discipline, one of which is the Dhuha prayer in congregation, the Duha prayer was chosen because in addition to training students to practice the sunnah of the Dhuha prayer, it can also be used as a discipline habituation tool. The method used is a qualitative method using interview data, observation data, and documentation. The results of the study showed that in the implementation of the dhuha prayer in congregation there were several obstacles experienced, especially at the beginning of the implementation of this obligation. Among them are the age of the students who are still small, who have just graduated from elementary school and their backgrounds are mostly graduates from formal schools, so it is still rare to be able to perform this dhuha prayer. In the end, the implementation and habituation of prayer was able to improve the discipline of the students. Not only in the implementation of the dhuha prayer but also in other matters such as going to school, studying, reading Quran or others.

Abstrak: Disiplin merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik, sehingga perlu dilatihkan dan dibiasakan kepada siswa terutama ketika di lingkungan sekolah. Untuk membiasakan kedisiplinan salah satunya dengan kegiatan sholat Dhuha berjamaah, sholat Dhuha dipilih karena selain melatih siswa untuk mengamalkan amalan sunah Sholat Dhuha, juga dapat digunakan sebagai alat pembiasa disiplin. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan data hasil wawancara, data hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan sholat dhuha secara berjamaah ada beberapa kendala yang dialami, terutama pada awal diterapkannya kewajiban ini. Diantaranya adalah usia para siswa yang masih kecil yaitu baru lulus SD dan latar belakang mereka yang kebanyakan lulusan dari sekolah formal sehingga masih jarang yang bisa melakukan sholat dhuha ini. Pada akhirnya, dari pelaksanaan dan pembiasaan sholat mampu meningkatkan kedisiplinan para siswa. Tidak hanya dalam pelaksanaan sholat dhuha saja tetapi juga dalam hal-hal lainnya seperti berangkat sekolah, belajar, mengaji ataupun yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Ubaid Ibnu. (2007). Keutamaan dan Keistimewaan: Shalat Tahajud, Shalat Hajat, Shalat Istikharah, Shalat Dhuha. Pustaka Media

Abdillah, UbaidIbnu. (2006). Keutamaan dan Keistimewaan Shalat Dhuha. Karya Putra.

Al Mahfani, M. Khalilurrahman. (2007). Berkah Sholat Dhuha. Wahyu Media.

Apriyanti, Endang & Syahid. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal Masayu. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, IX(1).

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Assayuthi, I. B. (2009). Bimbingan Ibadah Shalat Lengkap. Mitra Ummat.

Astuti, Novi Fuji . (2022). Manfaat Disiplin Bagi Diri Sendiri, Berikut Penjelasannya. https://www.merdeka.com/jabar/manfaat-disiplin-bagi-diri-sendiri-berikut-penjelasannya-kln.html. Diakses pada 12 Desember 2022.

Bariroh, S. (2015). Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sma Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, 2(3).

Depag RI. (2001). Al-Qur`an dan terjemahnya. Toha Putra.

Dodi, L. (2015). Metodologi Penelitian (Science Methods, Metode Tradisional Dan Natural Setting, Berikut Teknik Penulisannya). Pustaka Ilmu.

Fitra, Sulhan Abu. (2013). Tuntunan Sholat Khusyu’ Sempurna dan Diterima. Republik Penerbit.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.

Handi, Suhani. (2015). Akibat Tidak Disiplin. https://www.kompasiana.com/suhanihandi/551ae0caa33311ec21b65a8b/akibat-tidak-disiplin. Diakses 12 Desember 2022.

Harbani, Rahma. (2022). Niat Sholat Dhuha 4 Rakaat, Bagaimana Tata Caranya?. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6085354/niat-sholat-dhuha-4-rakaat-bagaimana-tata-caranya. Diakses pada 12 Desember 2022.

Jaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Laka, Beatus Mendelson, Jemmi Burdam & Elizabet Kafiar. (2020). Role Of Parents In Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2).

Mahmudi, Kandiri. (2018). Penerapan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Moral Siswa Di Sekolah. Edupedia, 3(1).

Magfiroh, Lailatul, Ellyn Sugeng Desyanty, and Rezka Arina Rahma. 2019. “Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang.” Jurnal Pendidikan Nonformal 14 (1): 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67.

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Marwiyati, Sri. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2).

Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media Group.

Mustofa, Budiman. (2011). Tuntunan Praktis Sholat Dhuha. Ziyad Visi Media.

Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep Karakteristik dan Metodologi Agama Islam di Sekolah Umum. Teras.

Nurbaiti. (2016). Pentingnya Kedisiplinan Siswa dalam Proses Pembelajaran Demi Mendapatkan Hasil Belajar yang Optimal. https://www.kompasiana.com/nurbaitippkn13/56fbc161a623bdc8092a075d/pentingnyakedisiplinan-siswa-dalam-proses-pembelajaran-demi-mendapatkan-hasil-belajar-yangoptimal?page=all. Diakses 12 Desember 2022.

Nurhalim, Asep. (2010). Buku Lengkap Panduan Shalat. Balanoor.

Nurhendrayani, Henny. (2017). Disiplin di rumah, di sekolah dan di masyarakat. http://pkbmdaring.kemdikbud.go.id/suka/content/read/artikel/52/disiplin-dirumah-di-sekolah-dan-di-masyarakat. Diakses 12 Desember 2022.

Pratama, H., Syahruddin, H., & Basri, M. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(6).

Putra, Anggit Fadilah, and Achmad Fathoni. 2022. “Penerapan Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (4): 6307–12. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3236.

Raikhan. (2018). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Darajat: Jurnal PAI, 1(1).

Rajab, Khairunnas. (2011). Psikologi Ibadah. Bumi Aksara.

Rusn, A. I. (2008). Pemikiran Al-Ghozali Tentang Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Santrock, John W. (2008). Psikologi Pendidikan. Kencana.

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press

Sobri, M., Nursaptini, Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surur, A. M. (2017). Formasi 4-1-5 Penakhluk Masalah (Studi Kasus: Penulisan Karya Tulis Ilmiah Proposal Skripsi STAIN Kediri 2017). Prosiding Seminar Nasional PPKn III, 1–8.

Surur, A. M., Septiarini, E., & Trianawati, A. Y. (2018). Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa di MAN Kediri 1 Kota Kediri melalui Ekstrakurikuler Keagaman Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XV(1).

Syadad, Haiban. (2018). Sanksi. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/balikpapan/id/data-publikasi/berita-terbaru/2830-sanksi.html. Diakses pada 12 Desember 2022.

Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Raja Grafindo Persada.

Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika, 2(2), 245-258.

Wardani, Anita K. (2008). Sholat Dhuha,Kelulusan Capai 95 Persen. Banjar Baru Post on line, http://www.banjar baru post.co.id, 20 Juni 2008, diakses tanggal 1 Desember 2022.

Wardani. (2019). Manajemen Waktu Menurut Islam. https://www.uin-antasari.ac.id/manajemen-waktu-menurut-islam/. Diakses pada 12 Desember 2022.

Wenzel, Amy. 2017. “Classical Conditioning.” The SAGE Encyclopedia of Abnormal and Clinical Psychology, no. April. https://doi.org/10.4135/9781483365817.n256.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Santosa, A. D., Yusoh, S., Subandono, A., Al Mubarok, A. A. S. A. ., & Surur, A. M. (2022). Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa MTs Al-Amien Kota Kediri melalui Pembiasaan Sholat Dhuha. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 129–143. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.445

Issue

Section

Articles