Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Robert M. Gagne pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Mubarok Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.498Keywords:
Teori Pemrosesan Informasi, Robert M. Gagne, Pendidikan Agama Islam., Information Processing Theory, Islamic Religious EducationAbstract
Abstract: The purpose of this study is to help and facilitate students of SDI Al-Mubarok Surabaya in remembering information, understanding concepts and actively participating in class when studying Islamic Religious Education. Data collection methods used in this study include observation, interviews, and documentation, and the methodology used is descriptive qualitative. Based on the survey results, that the application of information processing theory at SDI Al-Mubarok Surabaya follows a learning implementation plan (RPP) with flexible learning steps consisting of eight phases of the learning process according to Robert M.Gagne namely motivation, understanding, acquisition, retention, memory. return, generalization, treatment, and feedback. The results of the application of Robert M. Gagne's information processing theory to Islamic Religious Education lessons at SDI Al-Mubarok Surabaya are carried out in accordance with the stages of learning, and can be said to be successful and can direct and support student interest in the learning process, follow all the teacher's instructions, make students remember information in learning and understand every instruction given by the teacher.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu dan memudahkan siswa SDI Al-Mubarok Surabaya dalam mengingat informasi, memahami konsep dan berpartisipasi aktif di kelas ketika mempelajari Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil survei, bahwa penerapan teori pemrosesan informasi di SDI Al-Mubarok Surabaya mengikuti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan langkah-langkah pembelajaran fleksibel yang terdiri dari delapan fase proses pembelajaran menurut Robert M.Gagne yakni motivasi, pemahaman, pemerolehan, penahanan, ingatan kembali, generalisasi, perlakuan, dan umpan balik. Hasil penerapan teori pemrosesan informasi milik Robert M. Gagne pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDI Al-Mubarok Surabaya dilaksanakan sesuai dengan tahapan pembelajaran, dan dapat dikatakan berhasil serta dapat mengarahkan dan menunjang minat siswa dalam proses pembelajaran, mengikuti semua petunjuk guru, membuat siswa mengingat informasi dalam pembelajaran dan memahami setiap instruksi yang diberikan guru.
Downloads
References
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Budi, I. S. (2022). Teori Pemrosesan Informasi Dalam Model Pembelajaran Di SD/MI. FIKROTUNA; Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 15(01), 2191–2206.
Dahar, Ratna WIlis. (2006). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Heri. (2012). Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Khotijah, S., Trianto, A., & Utomo, P. (2017). Penerapan Model Pemrosesan Informasi pada Pembelajaran Membaca Siswa di SMP Negeri 02 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(2), 199–209. https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4121
Komsiyah, Indah. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: TERAS.
Lamatenggo, N. (2020). Strategi Pembelajaran. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo: 85–94. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/397.
Nushrotin. (2010). Efektivitas Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di SMP Nurul Jadid Probolinggo. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Putri, W. (2014). Analisis Pemrosesan Informasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Persekutuan Lingkaran. Skripsi: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Qolbiyah, A. S. & Purnamanita, E. I. I. (2022). Teori Pemrosesan Informasi Dan Neurosains Dalam Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4813–4827.
Rachim, E., Yektiana, N., Hariyadi, R. (2022). Analisis Teori Pengolahan Informasi dalam Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 1(4), 384–94. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/PESHUM/article/view/507.
Ramayulis. (2015). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rehalat, A. (2016). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1-11.
Riyadi, S. (2012). Pemrosesan Informasi dalam Belajar Gerak. Jurnal Ilmiah Spirit, 11(2). https://doi.org/10.36728/jis.v11i2.14.
Rusman. (2016.) Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. JAKARTA: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Suprapto, A. (2015). Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pai Melalui Teori Pemrosesan Informasi Dan Teori Neuroscience. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 23–51.
Suryana, E., Lestari, A., Harto, K. (2022). Teori Pemrosesan Informasi Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 1853–1862.
Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 12(1), 64–78. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421.
Yaumi, M. (2012). Desain Pembelajaran Efektif. Makassar: Alauddin University Press.
Yaumi, M. (2016). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zuhairini. (1993). Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramadani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 silvie afifatuz zulfah, Mukhoiyaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.