Penggunaan Strategi Reconnecting pada Materi Penciptaan Manusia bagi Siswi Kelas XI MA Nurul Hasan Probolinggo

Authors

  • Muniro Muniro Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Herwati Herwati Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ainol Ainol Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.529

Keywords:

Reconnecting Strategy, Classroom action research, Quran Hadith

Abstract

Abstract: This classroom action research (CAR) is applied face to face using the Reconnecting strategy. This strategy departs from students who very often not focus when learning so they not understand the subject matter. This study aims to improve understanding of the material of human creation and its essence in class XI MA Nurul Hasan. The sample studied amounted to 16 students. The data collection techniques are observation and tests in 2 cycles. Each cycle has 2 meetings consisting of planning, action, observation and evaluation. The three aspects of student understanding in this study were reexplaining, giving examples and answering questions. The success rate of the “reexplaining” aspects in the first cycle of the first meeting reached 3,7 percent and the second meeting reached 4,3 percent. Furthermore, in the second cycle the first meeting reached 4,8percent and the second meeting reached 5 percent. The success rate of the “giving examples” aspects in the first cycle of the first meeting reached 4,5 percent and the second meeting reached 4,9 percent. Furthermore, in the second cycle the first meeting reached 5,1 percent and the second meeting reached 5,3 percent. The success rate of the “answering questions” aspects in the first cycle of the first meeting reached 4,5 percent and the second meeting reached 4,7 percent. Furthermore, in the second cycle the first meeting reached 4,9 percent and the second meeting reached 5,2 percent. This matter that the Reconnecting strategy is effective as effort to understand the learning of the Quran Hadith.

Abstrak: Penelitian tindakan kelas (PTK) ini diterapkan secara tatap muka dengan menggunakan strategi Reconnecting. Strategi ini berangkat dari para siswa yang sangat sering tidak fokus ketika pembelajaran sehingga tidak memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi penciptaan manusia dan hakikatnya pada siswi kelas XI MA Nurul Hasan. Sampel yang diteliti berjumlah 16 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes dalam 2 siklus. Setiap siklusnya mempunyai 2 pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi. Tiga aspek pemahaman siswa dalam penelitian ini adalah menjelaskan kembali, memberikan contoh dan menjawab soal. Tingkat keberhasilan aspek “menjelaskan kembali” pada siklus I pertemuan pertama mencapai 3,7 persen dan pertemuan kedua mencapai 4,3 persen. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama mencapai 4,8 persen dan pertemuan kedua mencapai 5 persen. Tingkat keberhasilan aspek “memberikan contoh” pada siklus I pertemuan pertama mencapai 4,5 persen dan pertemuan kedua mencapai 4,9 persen. Selanjutnya pada siklus II pertemuannpertama mencapai 5,1persen dan pertemuan kedua mencapai 5,3 persen. Tingkat keberhasilan aspek “menjawab soal” pada siklus I pertemuan pertama mencapai 4,5 persen dan pertemuan kedua mencapai 4,7 persen. Selanjutnya pada siklus II pertemuan pertama mencapai 4,9 persen dan pertemuan kedua mencapai 5,2 persen. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Reconnecting efektif dalam upaya memahami pembelajaran al-Quran Hadis.

References

Corburn, J. (2004). Confronting the Challenges in Reconnecting Urban Planning and Public Health. American Journal of Public Health, 94(4), 541–546.

Daulay, M. R. (2021). Application Of Reconnecting Methods To Improve Indonesian Learning Outcomes For Class II Studentssd Negeri 0511 Batang Tanggal Jae TP 2020/2021. Indonesian Journal of Basic Education, 4(2), 239–246.

Dzulfikri, M. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif dengan Strategi Pembelajaran Reconnecting terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran Kelas XI Titl Semester I di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2).

Herwati, A. (2021). Emotional Qoutient (EQ) Perspektif Muhammad Ustman Najati Dalam Kitab al-Hadist an-Nabawiy al ‘Ilm an-Nafs. Conseils : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 01(02), 58-70.

Herwati, H. (2022). Pembentukan Budaya Religius terhadap Masyarakat Minoritas Muslim di Desa Tengger Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1), 60–75.

Herwati, H., & Ainol, A. (2022). Modernisasi Pondok Pesantren dalam Membangun Masyarakat Madani (Studi Kasus Pondok Pesantren Jam’iyatul Ulum Selogodig Wetan Probolinggo). At-Turost: Journal of Islamic Studies, 9(1), 1–11.

Herwati, H., & Aliyah, H. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Rasulullah SAW di Madinah melalui Metode Index Card Match Kelas VII MTs Sirajul Ulum Krejengan Jatiurip Krejengan Probolinggo Jawa Timur. JURNAL EDUSCIENCE (JES), 8(2), 38–47.

Herwati, H., & As’ ari, H. (2019). Konsep Pendidikan Humanis Perspektif Islam dan Aplikasinya dalam Proses Belajar Mengajar (Al-Zarnuji). BAHTSUNA, 1(1), 80–106.

Munthe, B. (2013). Desain Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 1–20.

Rosa, E., Nahwiyah, S., & Alhairi, A. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Reconnecting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI TBSM SMKN 1 Kuantan Hilir. JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 3(1), 58–66.

Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1).

Suprapno, H., Keban, Y. B., Nurhidayati, T., Supriyatno, T., Purandina, I. P. Y., Ridho, A., Fridiyanto, M. R., Darojah, R. U., Rohmaniyah, V., & Asy’ari, H. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Washfi, I. (2022). Konsep Reconnect with The Qur’an Nouman Ali Khan: Kajian Tafsir Al-Qur’an di Media Sosial. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, 8(1), 75–106.

Winarsih, E. T. R. I. (2011). Peningkatan Respon dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Reconnecting (PTK bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Muniro, M., Herwati, H., & Ainol, A. (2022). Penggunaan Strategi Reconnecting pada Materi Penciptaan Manusia bagi Siswi Kelas XI MA Nurul Hasan Probolinggo. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 158–173. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.529

Issue

Section

Articles