Analisis Pola Asuh Orang Tua Buruh Tani dalam Pembinaan Akhlak Anak di Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Linawati Ningsih Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Benny Prasetya Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.537

Keywords:

Parenting Patterns, Farm Workers, Moral Development, Pola Asuh Orang Tua, Buruh Tani, Pembinaan Akhlak

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to analyze the parenting style of farmhand parents in moral development in children and what factors can become an obstacle and supporter of farmworker parenting in moral development in children. The methodology used in this research is qualitative research with the aspect of the approach being field research. The type of research used is primary data as a support for children of farm labor parents. The secondary data of this research includes previous research articles, geographical conditions that can support and have relevance to this research. The results showed that the parenting style of farmhand parents in fostering morals in children in Gejugan Village, Probolinggo District, uses a different parenting style from that of each farmhand parent in educating, guiding, and fostering children. The parenting styles used in Gejugan Village are authoritarian parenting, permissive parenting, and immigration parenting. The supporting factors of parenting in developing morals in Gejugan Village are the existence of a religious education institution at school. Factors that become obstacles to parenting parents in moral development are busy parents, an environment that is not conducive, and associations around the house that tend to be negative.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk pola asuh orang tua buruh tani dalam pembinaan akhlak pada anak serta faktor apa saya yang dapat menjadi penghambat dan pendukung dari pola asuh orang tua buruh tani dalam pembinaan akhlak pada anak. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan aspek pendekatannya merupakan penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian yang digunakan adalah Data primer sebagai pendukung anak dari orang tua buruh tani. Data sekunder penelitian ini mencakup artikel penelitian sebelumnya, kondisi geografis yang dapat menunjang dan memiliki relevansi terhadap penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua orang tua buruh tani dalam pembinaan akhlak pada anak di Desa Gejugan Kecamatan Kabupaten Probolinggo menggunakan pola asuh yang berbeda dari setiap orang tua buruh tani dalam mendidik, membimbing, dan membina anak. Pola asuh orang tua di Desa Gejugan yang digunakan yaitu pola asuh otoriter, pola asuh permisif, pola asuh imigrasi. Adapun faktor pendukung dari pola asuh orang tua dalam pembinaan akhlak di Desa Gejugan yaitu adanya sebuah lembaga pendidikan keagamaan di sekolah. Faktor yang menjadi penghambat pola asuh orang tua dalam pembinaan akhlak adalah kesibukan orang tua, lingkungan yang tidak kondusif, serta pergaulan disekitar rumah yang cenderung negatif.

References

Asrul, B. (2018). Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Akhlak Anak. Al-Wardah, 12(2), 123-130. http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.140.

Ayuningtyas, D. (2013). Orientasi Pola Pengasuhan PAUD di Keluarga Militer Asas Kodam Kodam Kelurahan Jatingaleh Candisari Semarang. IJECES: Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 58–63. https://doi.org/10.15294/ijeces.v2i2.9242.

Fadliaturrohmah, S. (2018). Pendidikan Agama dalam Keluarga Pekerja Petani Melati (Studi Kasus Buruh Melati di Desa Kincang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara). Skripsi: UIN Walisongo.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-tipe Pola Asuh dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23.

Hapsari, I. I. (2016). Perkembangan Anak Edisi ke Tujuh jilid dua. Jakarta: Erlangga.

Hidayah, U. (2021). Makna Ibu sebagai Madrasah Pertama. Egalita: Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender, 16(2), 31–46.

hodiq, S. (2014). Pengukuran Keimanan: Perspektif Psikologi. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 126 - 138. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.573.

Khosiah, N., Susandi, A., & Dheasari, A. E. (2021). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Membangun Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 62–71.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslima, M. (2015). Pola Pengasuhan Orang Tua terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Jurnal Internasional Studi Anak dan Gender, 1(1), 85-98.

Negara, N. K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Autoritatif Orang Tua Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27416

Nelliyana, M. I. (2020). Kesiapan Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak di Desa Ude Gampong Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset, 2(1), 1-9.

Nurdin, N. (2018). Pola Asuh Orang Tua dalam Pengembangan Keagamaan Anak di Desa Lampoko Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi: UIN Alauddin Makassar.

Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Moral Dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazāl. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2), 249–267.

Rahmawati, N. R., Septiana, N. Z., Karina, K., & Masitoh, F. (2019). POLA PENGASUHAN ORANGTUA MILENIAL. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 4(1), 367-375.

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137-142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ningsih, L., & Prasetya, B. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Buruh Tani dalam Pembinaan Akhlak Anak di Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 189–202. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.537

Issue

Section

Articles