Pembentukan Kedisiplinan Peserta Didik MTs Miftahul Ulum Leces Probolinggo

Authors

  • Ummul Karimah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Benny Prasetiya Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.547

Keywords:

discipline, student

Abstract

Abstract: The disciplined behavior of learner is a reflection of their obedience in school rules continuously. This behavior can’t be created by self-taught so it requires a special strategy to achieve the desired goal. This study aims to analyze the special strategy of MTs Miftahul Ulum teachers in shaping the discipline of their students. This research is a descriptive qualitative research with data collection strategies of observation, interviews and documentation. The data were analyzed using Miles and Huberman strategy consist of four stages. The results showed that the special strategy used by the teacher in forming the discipline of MTs Miftahul Ulum students was based on the conditions that had to be met in order to form the discipline of students through the moral development contained in Dian Ibung’s book. This is implemented in the form of (1) making rules clear and applicable to all student; (2) giving reward to students who can apply discipline in a school order and giving moral punishment for anyone who violates the rules without exception; (3) the figure of the teacher as Uswah Hasanah by giving good attitude to students, and (4) creating a school environment as support system in maximizing student discipline behavior.

Abstrak: Perilaku disiplin seorang peserta didik merupakan cerminan dari sikap patuh dan taat mereka terhadap aturan sekolah secara terus menerus dan berkelanjutan. Perilaku ini tidak bisa diciptakan secara otodidak sehingga memerlukan sebuah strategi khusus guna mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi khusus yang dilakukan oleh guru MTs Miftahul Ulum dalam membentuk kedisiplinan peserta didiknya. Penelitian ini termasuk kedalam bentuk kualitatif deskriptif dengan strategi pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan strategi Miles and Huberman yang meliputi empat tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi khusus yang dilakukan oleh guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik MTs Miftahul Ulum didasarkan pada syarat-syarat yang harus dipenuhi guna membentuk kedisiplinan peserta didik melalui pengembangan moral yang dimiliki dalam buku karya Dian Ibung. Hal ini diimplementasikan dalam bentuk (1) membuat tata tertib yang jelas dan berlaku pada seluruh peserta didik tanpa terkecuali; (2) pemberian reward untuk peserta didik yang bisa berlaku disiplin dalam sebuah tata tertib sekolah serta pemberian sanksi yang bersifat mendidik bagi siapapun pelaku pelanggaran tata tertib tanpa terkecuali; (3) sosok guru sebagai uswah hasanah dengan memberikan contoh keteladanan yang baik kepada peserta didik, serta (4) menciptakan lingkungan sekolah sebagai support system dalam memaksimalkan perilaku disiplin peserta didik.

References

Abbas, Z., Prasetya, B., & Susandi, A. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 447–458. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3756

Ansori, S., Fadli, A., & Sutikno, M. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah Mewujudkan Kedisiplinan Peserta Didik di MA Al-Ijtihad Danger. Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 10(1), 31–50. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/view/2925

Badriyatin, L. (2019). Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Sikap Disiplin Siswa di SD Negeri 1 Kacangan Ngunut Tulungagung [Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah]. http://repo.uinsatu.ac.id/8762/

Balighoh, N. H. (2021). Strategi Guru Madin dalam Peningkatan Kedisiplinan. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 194–206. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v6i2.1149

Fadlilah, A. N. (2021). Strategi Reward and Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru Paud. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 88–94. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p88

Fatimah, E. S., Sa’dijah, C., & Dina, L. N. A. B. (2019). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SMP ISLAM KARANGPLOSO MALANG. VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 157–162. http://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Habibullah, A. H. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Umar bin Abdul Aziz. Al - Muhaddib, 4(1), 29–44.

Hendri, H., Utami, I. S., & Nulaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32–43.

Ibung, D. (2009). Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Elex Media Komputindo.

Kautsar, M., Yusrizal, Y., & Bahrun, B. (2020). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru pada MAN 1 Kabupaten Aceh Utara. Visipena, 11(2), 364–376. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1216

Maysaroh, P. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di C9 School. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 71–80. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i2.4781

Noviaty, D. (2018). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MAN 1 Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(3), 7–10.

Nurjannah, E., Masudi, M., Baryanto, B., Deriwanto, D., & Karolina, A. (2020). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 159–171. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1381

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin (Studi pada Siswa di MI Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1294

Prasetiya, B. (2013). Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Memotivasi Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 225–238. http://www.ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/16

Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). Penguatan Nilai Ketauhidan dalam Praksis Pendidikan Islam. JIE (Journal of Islamic Education), 3(1), 1–15. https://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/85

Septianti, I., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 23–32. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.551

Sholikhah, I., Isnaeni, A., & Pratiwi, D. (2021). Strategi Pengembangan Pendidikan Kedisiplinan di MI Al Karimi Tebuwung Dukun Gresik. Al Marhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 104–113. https://journal.almarhalah.ac.id/index.php/almarhalah/article/view/51

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sumiati, S., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Pendidikan Karakter Kedisiplinan Anak Dalam Perspektif Islam Dan Barat. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(1), 10–28. https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id/index.php/Muaddib/article/view/187/pdf

Usman. (2018). Upaya Guru Rumpun PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa MTs Ma’arif NU 15 Siwarak. IAIN Purwokerto.

Yantoro. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Yang Efektif Dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.265

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5(9), 1185–1230. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86

Downloads

Published

2023-03-05

How to Cite

Ummul Karimah, & Prasetiya, B. (2023). Pembentukan Kedisiplinan Peserta Didik MTs Miftahul Ulum Leces Probolinggo. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(1), 31–42. https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.547

Issue

Section

Articles