Internalisasi Nilai Sabar dalam Kitab Tanbihul Ghafilin dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Amien Kediri

Authors

  • Jamilatur Rosyidah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Kadi Kadi Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.593

Keywords:

holy book tanbihul ghafilin, patience, boarding school

Abstract

Abstract: This study aims to determine the method of internalizing the value of patience contained in the book Tanbihul Ghafilin. The book Tanbihul Ghafilin is studied at the Al-Amien Islamic Boarding School to shape the character of the students. Al-Amien boarding school is one of the boarding schools that upholds discipline. The use of a qualitative approach with this type of case study research resulted in the finding that students' understanding of the value of patience is contained in the Book of Tanbihul Ghafilin at the Al Amien Islamic Boarding School. Among them are students who are able to hold back from lust, withhold from things that are heavy, and withhold from things that are prohibited so as not to fall into the wrong things. This can be seen from the self-awareness of the students, both men and women, in obeying the rules of the Islamic boarding school. While the method of internalizing the value of patience in the book Tanbihul Ghafilin at the Al Amien Islamic Boarding School is the exemplary method, the habituation method, the punishment method. Some of the factors that influence the implementation of internalization of the value of patience include internal factors that come from the background of the students and external factors that come from teachers, parents, environment, facilities and infrastructure.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dalam menginternalisasikan nilai sabar yang terkandung dalam kitab Tanbihul Ghafilin. kitab Tanbihul Ghafilin dipelajari di Pondok Pesantern Al-Amien untuk membentuk karakter santri. Pondok pesantren Al-Amien merupakan salah satu pondok pesantren yang menjunjung tinggi tentang kedisiplinan. Penggunaan pendekatan menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pemahaman santri terhadap nilai sabar yang terkandung dalam kitab Tanbihul Ghafilin di Pondok Pesantren Al Amien. Diantaranya adalah santri mampu menahan dari nafsu, menahan dari hal-hal yang berat, dan menahan dari hal-hal yang dilarang supaya tidak terjerumus pada perkara yang salah. Hal ini dapat dilihat dari kesadaran diri para santri, baik laki-laki maupun perempuan, dalam menaati peraturan pondok, Sedangkan metode dalam menginternalisasikan nilai sabar dalam kitab Tanbihul Ghafilin di Pondok Pesantren Al Amien dengan metode keteladan, metode pembiasaan, metode hukuman. Beberapa faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan Internalisasi nilai sabar meliputi faktor Internal yang berasal dari latar belakang santri dan faktor eksternal berasal dari guru, orang tua, lingkungan, sarana dan prasarana.

References

Adabi, M. A. (2019). Alquran dan Rahasia Angka: Kajian Kitab Tafsir Karya Abu Zahra al-Najdi. Diya Al-Afkar, 7(2), 352–363. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/diya/article/view/5806

Agustin, Y. (2022). Konsep Sabar Menurut Imam Al Ghazali ditinjau dari Perspektif Konseling Islam. Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14503

Alaudin, M. K. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Tanbihul Ghafilin. UIN Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/24675/

Berger, P. L., & Luckman, T. (1990). Tafsir Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. LP3ES.

Darda, A. (2015). Integrasi Ilmu dan Agama: Perkembangan Konseptual di Indonesia. Jurnal At-Ta’dib, 10(1), 33–46.

Hamid, A. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 14(2).

Indrakusuma, A. D. (1973). Pengantar Ilmu Pendidikan. Usaha Nasional.

Iwan, I. (2016). Pendidikan Akhlak Terpuji Mempersiapkan Generasi Muda Berkarakter. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(1). https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tarbawi/article/view/1226/927

Maksudin, M. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 137–152. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1435

Masrur, I. (2019). Mukhtarul Fadhail Kumpulan Hadits Tarbawi. Ar Ruzz Media.

Mz, S. R. (2018). Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 67–100. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/212/225

Nata, A. (2002). Akhlak Tasawuf. Raja Grafindo Persada.

Nella Agustin. (2021). Peran Guru Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). UAD Press.

Samarqandi, N. bin M. bin I. (2013). Tanbihul Ghafilin. Haromain.

Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Bumi Aksara.

Setiawan, W. (2018). Reward and Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Murabbi, 4(2).

Sinaga, H. (2004). Pengantar Studi Akhlak. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Surur, A. M., & Cholifah, K. N. (2018). Good Governance Pada Kepengurusan Pondok Pesantren Putri Al-Amien. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 261–274.

Surur, A. M., Fanani, M. Z., Septiana, N. Z., Purnomo, N. H., Ridwanulloh, M. U., & Soimah, Z. (2023). Management of Developing Mathematics Learning Modules to Reduce Students’ Academic Stress. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/5.0123808

Surur, A. M., Wahyudi, M. E., & Mahendra, M. A. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Artikulasi Sebagai Perangsang Timbulnya Kompetensi. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 2(2), 141–156.

Susilo, M. J. (2008). Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Pustaka Pelajar.

Syarbini, A. (2012). Metode Islam Dalam Membina Akhlak Remaja. PT. Alex Media Kompitundo.

Taqyuddin, I. (2013). Terjemah Tanbihul Ghafilin. Mutiara Ilmu.

Tyas, N. W., Wabula, D. C., & Surur, A. M. (2018). Peran Pengurus Pondok Pesantren dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri. Jurnal Al-Makrifat, 3(2).

Wiyani, N. A. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Managemen. Ar Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Rosyidah, J., & Kadi, K. (2023). Internalisasi Nilai Sabar dalam Kitab Tanbihul Ghafilin dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Amien Kediri. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(1), 82–96. https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.593

Issue

Section

Articles