Pengaruh Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ibnu Muanas
  • Andi Mariono
  • Andi Kristanto

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.705

Keywords:

Mobile Learning, Pandemi Covid-19, Kemandirian belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh multimedia mobile learning dengan kemandirian belajar bagi peserta didik. Kemandirian belajar merupakan suatu sikap peserta didik yang memiliki inisiatif sendiri untuk belajar, memiliki keinginan untuk menguasai kompetensi, memiliki rasa percaya diri serta tanggung jawab terhadap tugasnya sebagai peserta didik serta tidak bergantung pada temannya. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan sejumlah 30 peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen angket dan wawancara. Pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara mobile learning dengan kemandirian belajar peserta didik kelas X di SMK Ma’arif Sudimoro pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) selama masa pandemi Covid-19. Setelah dilakukan pengujian, diketahui hasil analisis data sebagai berikut; (1) peserta didik memiliki responsif terhadap penggunaan mobile learning mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI), dibuktikan dengan hasil analisa angket di angka 77 %; (2) penggunaan mobile learning ini menimbulkan efek terhadap kemandirian belajar bagi peserta didik, hal ini terbukti di hasil rata rata yang mencapai 76%; (3) sesuai hasil analisa uji hipotesis dan analisa angket maupun wawancara bahwa ada pengaruh yang signifikan antara mobile learning terhadap terhadap kemandirian belajar bagi peserta didik di masa pandemic covid-19.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 194.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, 34.

Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 66.

Attewell, J. (2005). Mobile Technologies and Learning. Learning and Skills Development Agency

Kristanto, Andi. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang, 4.

Kountur, R. (2005). Metode Penelitian. PPM.

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group, 251.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Al Asma: Journal of Islamic Education, 1–12.

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1–7.

Ramayulis. (2008). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 95- 103.

Runisah. (2018). Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Smp Melalui Model Learning Cycle 5e Dengan Teknik Metakognitif. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JESMAT), 14.

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.

Sherina, S. Z. & W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online Di IAIN Tulungagung Dengan Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19. Jurnal Geram (Gerakan Aktif Menulis), 83–89.

Simatupang, N. I., Rejeki, S., Sitohang, I., Patricia, A., Simatupang, I. M., Pendidikan, P., Universitas, K., & Indonesia, K. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 1–7.

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Journal of Biology Education Research, 1–14.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 87.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta, 95.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 1–9.

Tirtarahardja, Umar & S. L. La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 50.

Undang-Undang RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 329.

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Muanas, I., Mariono, A., & Kristanto, A. . (2021). Pengaruh Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 5(1). https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.705

Issue

Section

Articles