Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Pelaksanaan Piala Dunia FIFA 2022 Qatar
DOI:
https://doi.org/10.30762/ed.v7i1.790Keywords:
the value of Islamic education, world cup, nilai pendidikan islam, piala duniaAbstract
Abstract: This study aims to analyze Islamic education values at the 2022 FIFA event Qatar. The Commercial image that has been attached, directly broken by the existence of Islamic Educational values embedded in every moment. Through a descriptive qualitative approach and supported by various related references source, this study shows that there are three values of Islamic Education in the implementation of the 2022 FIFA World Cup Qatar. The first is the moral education value, contained in the practice of prohibiting the sale of Beer and actions with LGBTQ nuances, the second is aqidah education value, contained in the practice of carrying out the opening ceremony of the holy verses of the al-Quran at the 2022 FIFA World Cup, as well as the installation of hadith murals along the streets of Doha in Qatar, and the third is social education value, contained in the practice of facilitating Barcode introduction of Islam in various hotels in Qatar. These values indirectly contribute in giving positive vibes and are able to create special effect that Islam is ‘rahmatan lil alamin’ for visitors, both spectators and supporters of the FIFA World Cup 2022 Qatar.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam pada ajang Piala Dunia FIFA 2022 Qatar. Label komersial yang selama ini melekat seketika terpatahkan dengan adanya nilai-nilai pendidikan Islam yang disisipkan dalam setiap kegiatan yang ada. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan didukung oleh berbagai sumber referensi yang yang terkait, penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga nilai pendidikan Islam yang ada dalam pelaksanaan ajang Piala Dunia FIFA 2022 Qatar. Pertama adalah nilai pendidikan akhlak, terdapat dalam praktik pelarangan terhadap penjualan Bir dan tindakan bernuansa LGBTQ; kedua adalah nilai pendidikan Aqidah, terdapat dalam praktik pelaksanaan upacara pembukaan ayat suci al-Quran dalam ajang Piala Dunia FIFA 2022 serta pemasangan mural hadis di sepanjang jalan Doha di Qatar, serta ketiga adalah nilai pendidikan sosial, terdapat dalam pengenalan fasilitas Barcode pengenalan Islam di berbagai Hotel di Qatar. Nilai-nilai pendidikan Islam ini secara tidak langsung turut memberikan lingkungan yang positif secara maksimal serta mampu memunculkan citra Islam yang rahmatan lil ‘alamin bagi para pengunjung, dan suporter Piala Dunia FIFA 2022 Qatar.
Downloads
References
Arif Natakusumah, (2017) Karakter Jerman, Bola News, diakses melalui http://bolanews.com/vaganza/index/2022/11/13 html_arifnatakusumah_karakter_jerman/ diakses pada 12 Desember pukul 15.12.
Arif, M. (2018). Konsep Pendidikan Islam Berdasarkan al-Quran al-Karim. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(1), 20-35
Arifin, S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung Dalam Iman Kepada Hari Akhir. Jurnal Mas Mansyur, 1(1).
Aryani, U. (2016). Nilai-Nilai Keislaman dalam Sinetron Televisi (Analisis Isi Tentang Nilai-Nilai Keislaman Dalam Sinetron Sakinah Bersamamu yang Ditayangkan oleh Stasiun Televisi Rajawali Citra Televisi Indonesia [RCTI] Periode 15 Juni–16 Juli 2015). (Thesis, Universitas Negeri Surakarta).
Azra, A., & Islam, P. (2000). Tradisi dan Modernisasi menuju Milenium Baru, Jakarta. Logos Wacana Ilmu.
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 19.
Becker, Lars. (2018). These Are the Official Sponsors at the World Cup. ISPO [online] tersedia dalam https://www.ispo.com/en/trends/2018-world-cupoverview-fifa-sponsor, diakses pada 27 Desember, pukul 20.35.
Beritaraya, (2022). FIFA akan terus tekan Qatar terkait HAM,” Beritaraya Online, http://www.beritaraya.com/olahraga/fifa-akan-terus-tekan-Qatar-terkait-am.html, diakses pada 29 Desember 2022, pukul 14.32.
Bungin, B. (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi. Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: Raja Grafindo.
Encyclopedia Brittanica, (2019) - World Cup Football‖, tersedia di https://www.britannica.com/sports/World-Cup-football, diakses pada 28 Desember 2022, pukul 09.45.
ESPN, (2018). Russia predicts World Cup will have $31 billion economic impact. ESPN http://www.espn.com/soccer/fifa-worldcup/story/3471440/russia-predicts-world-cup-will-have-$31-billioneconomic-impact, diakses pada 27 Desember 2022, pukul, 15.20.
FIFA, Russia (2018) More than half the world watched record-breaking 2018 World Cup, 2018, tersedia di https://www.fifa.com/worldcup/news/more-than-half-the-worldwatched- diakses pada 28 Desember 2022, pukul 08.25.
Ihsan, H. & Ihsan, F. (2001). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Mukhtar, M. & Hamidah, T. (2021). Pentingnya Nilai Persatuan Perpektif Al-Quran Surah Al-Imran Ayat 103 dalam Mengatasi Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Al-Qur'an, 17(2), 287-310.
Harbani, Rahma. (2022), 4 Cara Qatar Kenalkan Islam Lewat Piala Dunia 2022, https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6421616/4-cara-Qatar-kenalkan-islam-lewat-piala-dunia-2022 diakses pada 29 Desember 2022.
Haryono, Hadi. Slamet. (2016) FIFA akan Terus Tekan Qatar Terkait HAM, diakses melalui http://www.beritaraya.com/olahraga/fifa-akan-terus-tekan-Qatar-terkait-ham.html,/ 2016/05/16/ Jatim.antaranews.com/berita/189762/fifa-akan-terus-tekan-Qatar-terkait-ham, diakses pada 11 Desember 2022.
Hasibuan, M. Y. F. (2021). Diplomasi Publik Qatar untuk Meyakinkan Dunia Internasional terhadap Kesiapan Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
HRW, F.(2016) FIFA Replays Its Mistakes in Qatar As Human Cost of the 2022 World Cup Climb Higher, HRW Online, 2016, diakses melalui https://www.hrw.org/news/2022 /10/ 12/fifa-replays-its-mistakes-Qatar-human-cost-2022-world-cup -climbs-higher, diakses pada 13 Desember pukul 08.25.
Inggara, Arman, Sopan. (2022), Sisi Lain Pelarangan Minuman Keras di Piala Dunia Qatar 2022. https://infografis.okezone.com/detail/778118/sisi-lain-pelarangan-minuman-keras-di-piala-dunia-2022-Qatar, diakses pada 28 Desember 2022, pukul 13.40.
Jackson, Jamie, (2010) Qatar wins 2022 World Cup bid‖, https://www.theguardian.com/football/2010/dec/02/Qatar-win-2022-world-cup-bid, diakses pada 26 Desember 2022, pukul 12.14.
Feisal, J. A.(1995). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Kurniawati, E. (2018). PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK TUNAGRAHITA DALAM PENDIDIKAN VOKASIONAL Studi Deskriptif Kualitatif di Balai Rehabilitasi Sosial Disgranda “Raharjo” Sragen. Jurnal penelitian, 11(2).
Kusnadi, K., & Andi Muhammad Ilham Septian. (2020). ISU LGBT (LESBIAN,GAY,BISEKSUAL & TRANSGENDER) DALAM AL – QUR’AN. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 6(2), 47-61. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i2.438.
Lexy, J. M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Monitasaroh, R. A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Olahraga Beladiri Shorinji Kempo Dojo IAIN Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN PURWOKERTO).
Muhaimin, & Mujib, A. (1993). Pemikiran pendidikan Islam: kajian filosofis dan kerangka dasar operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya.
Muhammad, Daryono, Adhi. 2022. “7 Hal Islami yang Ada di Gelaran Piala Dunia Qatar 2022’’https://hijra.id/2022/11/30/blog/articles/7-hal-islami-di-piala-dunia-Qatar-2022/. diakses pada 17 Desember pukul 22.30.
Muna, M. K., & Subekti, M. Y. A. (2020). Tujuan Pendidikan Islam dalam al-Quran [Kajian Surah Al-Hujurat Ayat 11-13 Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Al-Zuhaili]. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 167-189.
Munawwir, A. W. (1997). Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progressif, Cet. Ke-14.
Mustinda, Lusiana. (2022) "Pesona Blue Mosque Katara di Tengah Semarak Piala Dunia". Nov 30, 2022. https://www.detik.com/diakses pada 28 Desember pukul 17.15.
Nizar, Ramayulis. dan Samsul.(2002). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Ciputat Press Group.
Pamungkas, M. I. (2012). Akhlaq Muslim Modern; Membangun Karakter Generasi Muda. Bandung: Marja.
Pembinaan, T. P. K. P. (1976). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Roehmadinah, Qonitah. (2022). https://www.msn.com/id-id/olahraga/fifa-world-cup/ada-pembacaan-al-Quran-di-opening-piala-dunia-2022-Qatar-sandiaga-uno-dakwah-yang-kreatif/ar- 14o49z, diakses pada 28 Desember, pukul 17.45.
Rusdianto, Y. (2016). Pengaruh Fifa World Cup Pada Return Pasar di Bursa Efek Indonesia, Malaysia, Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang Periode Tahun 2002, 2006, 2010, 2014 (Doctoral dissertation, UAJY).
Shahab, Husein, (2013). Hijab menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah, Bandung: Mizania.
Susanti, E. (2022). Barcode di Hotel-hotel Qatar Kenalkan Islam kepada Pengunjung Piala Dunia 2022, https://www.islampos.com/piala-dunia-2022-4-261738/diakses pada 29 Desember 2022.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.
The Sydney Morning Herald. (2017). ”FIFA Scandal: Qatar doesn’t deserveto host the World Cup,” The Sydney Morning Herald, diakses melalui http://www.smh.com.au/comment/fifa-scandal-Qatar-doesnt-deserve-to-host-the-world-cup-20150 531-ghdgx6.html,/ 2017/04/03, diakses pada 19 Desember 2022.
Tim,TvOne. (2022). “Tegas FIFA Dukung Qatar Jalankan Hukum Islam Soal LGBT di Piala Dunia 2022 ’’https://www.tvonenews.com/2022/11/25/bola/liga-internasional/83995-tegas-fifa-dukung-Qatar-jalankan-hukum-islam-soal-lgbt-di-piala-dunia-2022?page=2/. Diakses pada 20 Desember pukul 19.50.
VOA Indonesia, (2011) FIFA: Qatar Beresiko Tinggi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, VOA Indonesia http://www.voaindonesia.com, diakses pada 27 Desember 2022, pukul 15.45.
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Neng Nurcahyati Sinulingga, Resti Oktriani Sinulingga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.