فعالية تعلم النموذج بطولة مباريات الفرق (Teams Games Tournament) لترقية الكتابة لطلاب الصف الحادي عشر فى المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية ٢ مدينة كديري
DOI:
https://doi.org/10.30762/alwasil.v2i2.3688Keywords:
Efektivitas, TGT, KitabahAbstract
Proses belajar mengajar merupakan bagian terpenting dalam pendidikan. Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan yang berlangsung di sekolah untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memahami peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat. Dari hasil pengamatan yang pernah dilakukan, Dari hasil observasi tersebut diketahui bahwa rendahnya hasil belajar Bahasa Arab disebabkan karena beberapa faktor yang mempengaruhi selama proses pembelajaran berlangsung, diantaranya metode pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas model Tgt terhadap peningkatan kompetensi menulis Bahasa Arab siswa kelas XI MAN 2 Kota Kediri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen.Data yang diperoleh berupa angka pretes dan postes yang digunakan sebelum dan sesudah respon menggunakan model TGT .Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu:uji Validitas, uji Reliabilitas , Uji Normalitas (Kolmogorf smirnove), Uji Homogenitas ,dan Uji T . Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa:1) penggunaan TGT dalam meningkatkan penguasaan maharah kitabah sudah dibilang baik. 2) hasil dari uji IBM SPSS versi 27 menunjukkan uji normalitas diperolih sig 0,200 > 0,05 yang berarti data yang diperoleh normal. Hasil post-test menggunakan model TGT lebih tinggi daripada pre-test kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 83,16 dan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,16 . Pada tabel 4.6 nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,005 <0, 05. Karena data hasil uji hipotesis kurang dari 0,05 maka hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini Diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan TGT efektiv dalam peningkatan kompetensi menulis siswa kelas 11 MAN 2 Kota Kediri.
Downloads
References
والمعلمات بحر العلوم تامباء براس جومبانج للعام الدراسي 2019/2020 م." (2020).
يوسف الخليفة أبوبكر. رحلة الحرف العربي بين لغات الشعوب الإسلامية. مجمع الملك سلمان العالمي للغة العربية, 2024.
كريمة، ريما معروف. "استخدام طريقة الإنتقائية في تعليم مهارة الكتابة في اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية دار الفلاح بْنديل جاتي كولون سومبر جمفول تولونج أجونج للعام الدراسي ٢۰۱٨-۲۰۱۹ م." (2019).
نبيلة. تطوير مادة الإملاء في تعليم مهارة الكتابة على أساس المدخل السياقي في معهد دار الأخوة للبنات الحرم الأول مالانج. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2024
فعالية تعلم اللغة العربية باستخدام الوسائط البصرية في المدرسة العالية الحكومية المثالية غورونتالو." A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 8.2 (2019): 86-100.
زايا برلين. ضد التيار-مقالات في تاريخ الأفكار. المركز العربي للأبحاث ودراسة السياسات, 2024.
زهير قوتال. المفهوم الفلسفي عند جيل دولوز. المركز العربي للأبحاث ودراسة السياسات,
Ahmad Fuad Mahmud ‘Ulyan, al-Maharah al-Lughawiyah, Mahiyatuha wa Turuqu Tadrisuha, (Riyadh: Darul Muslim, 1992).
Ai Solihah, “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)Terhadap Hasil Belajar Matematika”, Jurnal SAP, Vol. 1 No. 1, 2016.
Ali Ahmad Madkur, “Tadris Funun al Lughah al Arobiyah”, (Kuwait, Maktabah al Falah, 1984), hlm 109
Asnawi, S, Teori motivasi, (Jakarta: Studia press, 2002), h. 151
Dedi Rohendi, Heri Sutarno dan Nopiyanti, Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe Teams Games Tournament Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jurnal Pendidikan TeknologiInformasi dan Komunikasi (PTIK), ISSN 1979-9462 Vol. 3 No.1, FPMIPA UPI, 2010.
Eka Rizki Widayanti & slameto, “ Pengaruh penerapan Metode Teams Games Tournament berbantuan permainan dadu Terhadap Hasil Belajar IPA”, Scholaria, Vol. 6 No.3, 2016
Fitri Silfiana Dewi, Skripsi: “Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran TeamsGames Tournament (TGT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VI MINegeri 6 Tulungagung” (Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2018).
Huvat, Efektivitas Kerja Fasilitator Kecamatan Bagian Program PNPM Di Laham, (eJournal Pemerintahan Integratif, Volume 3, Nomor 1 , 2015).
Isjoni, Cooperative Learning, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009).
Jaudaat al Rukkabi, Thuruq al Tadris al Lughah al Arobiyah, (Bairut, Darul Fikr, 1997).
Khanifatul, Skripsi: “Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan” (Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2013).
Mahmud Kamil an-Naqah, Ta’lim Lughah al-Arabiyah Lin-Naatiqin bilughatin Ukhra, (Mekkah: Jamiah Ummul Qura, 1985).
Muhammad Amir Hamzah, Skripsi: “Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Pembelajaran PAI Materi Pengurusan Jenazah” (Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, 2018).
Mudrika, Mohammad Wijaya, & Sugiarti, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik”, Jurnal Chemica, Vol. 19 No. 1, 2018.
Muhammad Sholeh Santo,“ al Maharaat al Lughawiyah Mudakhon ila Khoshoishi alLughah al Arobiyah wa Fununuha”, (Diwanu al Madinah, Daru al Andalus, 1994).
Pendidikan INSANI, Vol. 2 No. 1, 2017.
Ratu anan, Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal, (Yogyakarta : Ombak Dua, 2015).
Sami Mahmud Abdullah, “ Ba‟du al „uyub al Sya‟iah fi al Qiroah al Shomitah baina alTalamidz al Shoffi al Robi‟ al Ibtidai, Thesis (tidak dicetak), fakultas tarbiyah, Universitas Al Azhar, 1975.
sholehuddin dalam Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, (Jakarta: PT Bumi Aksara).
Suwardi, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan HasilBelajar dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar”, Journal Proceeding Biology Education Conference, Vol. 15 No. 1, 2018.
SyahrainiTambak,“Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al-hikmah, Vol. 14 No. 1, 2017.
Susanna,“Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media KartuDomino pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar”,Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 2017.
Tampubolon, Kemampuan Membaca, Bandung: Angkasa,2008. 10
Ulfa Nurul Qalbi, Mantasiah R, Jufri, & Yusri, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa”, Jurnal Penelitian
Yuni Gayatri, “Cooperative Learning Tipe Team Game Tournaments (TGT) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Biologi”, Jurnal Didaktis, Vol. 8 No. 3, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shinta Ainun Rochmah, Ahmad Rifa’i, Maziyyatul Muslimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.