Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Program Tahfidz Quran

Authors

  • Amalia Dwi Rahmah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Suwandi Suwandi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.1641

Keywords:

learning strategy, motivation, tahfidz achievement

Abstract

Abstract: Rusydi Ananda states that students' learning achievements are influenced by extrinsic elements such as learning strategies and intrinsic factors like student motivation. This study aims to verify whether this holds true for the Quran memorization (tahfidz) learning specifically at Al-Furqan Junior High School, Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang. The research methodology employed a quantitative ex-post facto approach. Sampling was conducted using simple random sampling with 225 respondents. Questionnaires and documentation were the data collection techniques used in this research. Simple and multiple linear regressions were employed as the data analysis techniques. The research findings indicate that: (1) there is a partial influence between learning strategies and student motivation on Quran memorization achievement at Al-Furqan Junior High School, Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang; (2) there is a simultaneous influence between learning strategies and motivation on Quran memorization achievement at Al-Furqan Junior High School, Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang. This is evident in the selection of appropriate teaching strategies by teachers, fully supported by student motivation, which significantly improves students' memorization progress over time and enhances their learning achievements.

Abstrak: Rusydi Ananda dalam bukunya mengatakan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh unsur ekstrinsik berupa strategi pembelajaran dan unsur intrinsik berupa motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa apakah hal ini berlaku pada pembelajaran tahfidz al-Quran khususnya di SMP Al-Furqan Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif berjenis ex-post facto. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan 225 responden. Teknik kuesioner dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Regresi linier sederhana dan berganda menjadi teknik analisis data ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh secara parsial antara strategi pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi tahfidz di SMP Al-Furqan Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang; (2) terdapat pengaruh secara simultan antara strategi pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi tahfidz di SMP Al-Furqan Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Hal ini nampak pada pemilihan strategi yang tepat oleh guru dan didukung sepenuhnya oleh motivasi siswa yang nampak pada progress hafalan siswa secara signifikan dari waktu ke waktu akan meningkatkan prestasi belajar siswa. 

References

Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.668

Aflisia, N., Afrial, A., & Karolina, A. (2022). Konsep Kewajiban Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.3273

Alby, S. (2020). Makna Syifa dalam al-Quran (Studi Komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab dan Asy-Sya’rawi. In Institut Perguruan Tinggi Ilmu al-Quran Jakarta (Vol. 167, Issue 1).

Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Vol. 2, Issue 1). Universitas Terbuka. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2226

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171.

Assyauqi, Y., & Suarga, S. (2019). Motivasi Guru Dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.7000

Budiana, I. (2022). Strategi Pembelajaran. Literasi Nusantara.

Fahrurrozi, M., Riswanto, A., & Oktafiani, I. N. (2022). Pengaruh Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(1), 27–37. https://doi.org/10.36706/jp.v9i1.17047

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hasanah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Intiha’ul Habibah, U. (2021). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus Di SMP Unggulan Al-Furqon Driyorejo Gresik). Jurnal Syntax Admiration, 2(4), 701–711. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i4.222

Lamatenggo, nina. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar. Pardigma Penelitian, 85–94.

Lestari, W. (2012). Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif, 3(3), 170–181.

Mulyati, F. (2016). MAakna Wasilah dalam Surah al-Maidah 35 dan Surah al-Isro’ 57 (Antara yang tidak Membolehkan dan yang Membolehkan Wasilah). Ittihad, 14(25), 61–77. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.864

Nasution, D. wahyudin nur. (1967). Penaruh Strategi pembelajaran dan Motivasi Belajar. In Perdana Publishing (Vol. 1, Issue 69).

Noor, N. M., Harun, J., & Aris, B. (2012). Andragogy and Pedagogy Learning Model Preference among Undergraduate Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56(Ictlhe), 673–678. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.702

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Padilah, T. N., & Adam, R. I. (2019). Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.117-128

Purwanza dkk., S. W. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In News.Ge (Issue March).

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rahmawati, N. R. (2022). Parental Guidance in Motivating Children at Elementary School on 19 Ketapang. Al-Musyrif: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 35–55. https://doi.org/10.38073/ALMUSYRIF.V5I1.876

Riani Khuzaimah. (201 C.E.). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada mata pelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidkan Ekonomi, 4(2), 28.

Ridho, A. (2019). Al-Quran dan Budaya: Al-Quran dalam Siklus Kehidupan Muslim. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1), 53–73. https://doi.org/10.24090/maghza.v4i1.2441

Shihab, M. Q. (2007). Wawasan Al-Qur’an Tafsir Tematik atas Berbagai Persoalan Umat. Mizan.

Sholeha, A., & Rabbanie, M. D. (2021). Hafalan Al-Qurâ€TMan dan Hubungannya dengan Nilai Akademis Siswa. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i2.1645

Simamora, B. (2022). Skala Likert , Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93.

Siregar, Y. (2022). Motivasi Belajar dalam Pandangan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, III(3), 286.

Sitanggang, H., Napitupulu, E., & Matondang, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Proses Produksi pada Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Darma Agung Medan. Jurnal Prointegrita, 5(3), 419–429. https://doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v5i3.789

Šteh, B., & Kalin, J. (2007). Conceptions of Learning and Significant Learning Experiences among Pedagogy and Andragogy Students at the University in Ljubljana and the University in Belgrade. 1, 350–351.

Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik. Literasi Nusantara.

Ulummudin, U. (2020). Memahami Hadis-hadis Keutamaan Menghafal al-Qur’an dan Kaitannya dengan Program Hafiz Indonesia di RCTI (Aplikasi Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zaid). AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(1), 57. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i1.1103

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Published

2023-12-28

How to Cite

Rahmah, A. D. ., & Suwandi, S. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Program Tahfidz Quran. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(2). https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.1641

Issue

Section

Articles