Pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik

Authors

  • Latifah Asnur Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v8i1.2304

Keywords:

Course Review Horay, Learning Activity, Question Card Media

Abstract

Abstract: The aim of this research is to see whether there is an influence of the Course Review Horay method assisted by Question Card Media on students' learning activity. The True Experimental Design research type is the strongest type of research because in this design the researcher can control all external variables that influence the course of the experiment. The results of this research showed that the learning activity in the control class which used the conventional model after the post-test was carried out was an average of 74.56. In the experimental class, learning activity using the Course Review Horay learning method assisted by Question Card media after the post-test was carried out, obtained an average of 89.7. Based on the hypothesis test, significance = 0.001, meaning sig = 0.001 < 0.05, then H_0 is rejected, H_a is accepted. This means that there is an influence of the Course Review Horay learning method assisted by Question Card media on the active learning of MTsS TI Batang Kabung students. This is shown by indicators of students who have a good interaction process, namely actively asking questions, actively providing responses, actively conveying ideas and actively providing confirmation of understanding. This is influenced by the teacher's teaching style, class atmosphere, student characteristics and learning materials.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah ada pengaruh metode Course Review Horay berbantuan Media Question Card terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik. Jenis penelitian True Experimental Design, merupakan jenis penelitian yang paling kuat karena dalam desain ini peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang memperngaruhi jalannya eksperimen. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa keaktifan belajar pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional setelah dilakukan post-test diperoleh rata-rata sebesar 74,56. Pada kelas eksperimen keaktifan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card setelah dilakukan post-test diperoleh rata-ratasebesar 89,7. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh signifikansi = 0,001, artinya sig = 0,001< 0,05, maka H_0 ditolak H_a diterima. Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card terhadap keaktifan belajar peserta didik MTsS TI Batang Kabung. Hal ini ditunjukkan dengan indikator siswa yang memiliki proses interaksi yang baik, yakni aktif bertanya, aktif memberikan tanggapan, aktif menyampaikan ide dan aktif dalam memberikan konfirmasi pemahaman. Hal ini dipengaruhi oleh gaya mengajar guru, suasana kelas, karakteristik siswa dan materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, I. (2020). Peran Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Al-Azkiya, 5(1), 76–83.

Aisyah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi (Studi Pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Purwokerto). Soedirman Economics Education Journal, 01(October), 1–17.

Ani, J., Permatasari, R., & Susilawati, I. (2018). Penerapan Model Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III SDN 7 Kebebu. 6(2), 66–73.

Asnawir, & Usman, M. B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Bistari, B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, Vol. 1, p. 13. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (1st ed.; A. Syaddad, Ed.). Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194

Halidin, & Ansar. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pendidikan Matematika ,. 9(4), 1067–1075.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

huda, miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. ps 3.

Kusfabianto, J., Kristin, F., Anugraheni, I., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. 3(2), 87–92.

Lailia, N. (2020). Pengembangan Permainan Question Card Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 16(2), 61–68. https://doi.org/10.21831/jep.v16i2.28237

Much, I., Subroto, I., Farisa, S., & Haviana, C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas menggunakan Skala Likert. 1(2), 1–12.

Ningrum, W. K., Putu, L., Mahadewi, P., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. 2(2), 209–218.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nurhairunnisa, N., Arjudin, A., & Husniati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Course Review Horay terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 355–363.

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832

Pratiwi Wahyu. (2016). Peningkatan Keaktifan Belajar IPS melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Putu, I. A. A. P., & Agung, G. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Ekspeimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Jakarta: Deepublish.

Sardiman. (2006). Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana Nana. (2008). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suprijono. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Utami, A. T. (2017). Pengembangan Media Question Card. Jurnal Ekonomi, 5(3).

Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. 0812, 201–208.

Yuia, S., Uin, S., Thaha, S., & Jambi, S. (2020). Implementasi Model Course Review Horay Sebagai Alternative Model Pembelajaran Kreatif. Semdikjar 5, 918–922.

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Interaksi dan Minat Belajar terhadap Keberhasilan Peserta Didik dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70

Published

2024-06-30

How to Cite

Asnur, L., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik . Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 8(1). https://doi.org/10.30762/ed.v8i1.2304

Issue

Section

Articles