Integration of Digital Technology in Al-Qur’an Hadith Learning: A Study of Instructional Design Creativity at MTsN 2 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/ed.v8i2.3947Keywords:
digital technology, learning models, teacher creativityAbstract
Abstract: This research aims to explore the creativity of Al-Qur'an Hadith subject teachers in integrating digital technology in the classroom. The concept used is a collaborative learning model with varied IT-based learning media innovations. The research approach uses qualitative field research with a case study type. The methods used to collect data in this research were semi-structured interviews, non-participant observation and documentation. The research results show that the Al-Qur'an Hadith subject teacher at MTsN 2 Kediri has very good creativity. The teacher begins the presentation of the material with a lecture as an introduction and giving trigger questions, followed by a Jigsaw model discussion process and an assignment to make a poster as a Project Based Learning application, followed by clarification and confirmation from the teacher with Canva-based presentation slides displayed on the projector and playing learning videos from YouTube via Smart TV. The instructional design for Al-Qur'an Hadith subjects is based on lesson plans according to KI and KD, combining Jigsaw and Project Based Learning methods, and translating a strong belief in innovation.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengintegrasikan teknologi digital di kelas. Konsep yang digunakan adalah kolaborasi model pembelajaran dengan inovasi media pembelajaran berbasis IT secara variatif. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan jenis studi kasus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Kediri memiliki kreativitas yang sangat baik. Guru mengawali penyajian materi dengan ceramah sebagai pengantar dan memberikan pertanyaan pemantik, diikuti dengan proses diskusi model Jigsaw dan penugasan membuat poster sebagai aplikasi Project Based Learning, dilanjutkan klarifikasi dan konfirmasi dari guru dengan slide presentasi berbasis Canva yang ditampilkan dari proyektor dan pemutaran video pembelajaran dari YouTube melalui Smart TV. Adapun desain instruksional pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits didasarkan pada RPP sesuai KI dan KD, mengkombinasikan metode Jigsaw dan Project Based Learning, serta menerjemahkan keyakinan yang kuat untuk berinovasi.
Downloads
References
Akib, M. (2021). Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 15–33. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n1a2
Aniqoh, S., Ma’arif, M. A., & Kartiko, A. (2021). Kreativitas Guru Al-Qur'an Hadits dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital dalam Masa Pandemi.
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 6.
Arif Muadzin, A. M. (2021). Konsepsi Peran Guru sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102
Azizah, F. W., & Widiyati, E. (2023). Analisis Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Digital di MIN 3 Jombang. Jurnal El-Bidayah, 5(2), 183–196.
Dewantara, A. Ha., B., A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N. U. R., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., & Waris, L. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021a). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021b). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 7(1), 97–109.
Hidayat, H., Nurfadilah, A., Khoerussaadah, E., & Fauziyyah, N. (2021). Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 97–103. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.37063
Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Mamik. (2014). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher.
Marlinawati, R., Gustini, T., & Nanang, H. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Berbasis literasi Teknologi dan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan: Kajian Dan Implementasi, 6(3), 75–88.
Masruri, E. M. H., & Misbah, M. (2023). Studi Literatur: Efektivitas Penerapan Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kependidikan, 11(2), 301–317.
Narsa, I. M., Wulan, N., & Rosita, N. (2022). Panduan Metode Pembelajaran. Airlangga University Press.
Pentury, H. J. (2017a). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265–272.
Pentury, H. J. (2017b). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272.
Rahayu, T., Hotijah, Mardiyanti, E., & Hakim, A. (2024). Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Digital Dengan Media Kelas Virtual TV Sekolah Pada Anak Usia Dini di Paud Cinta Kasih Ibu. Journal Sintax Idea, 6(3), 1–15.
Rahmawati, Purnamasari, I., Noviani, D., & Hilmin. (2023). Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Arah Era Pembaharuan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 53–63.
Riska Aini Putri. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105–111. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233
Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru sebagai Pendidik. Auladuna, 2(2), 1150–1153. https://doi.org/10.1016/S0002-9149(01)01484-9
Siska, H. Y., Iswari, Arifmiboy, & Wati, S. (2022). Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 03 Tanjuang Gadang Kabupaten Lima Puluh Kota. Journal of Educational Management and Strategy, 01(01), 14–20.
Srirahmawati, I. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengasah Penalaran Matematika Siswa SDN 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 114–123. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.40
Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57–68. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517
Zabidi, A. (2019). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Teknologi sebagai Media Pembelajaran PAI di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3(2), 128–144.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anti Khoiriyati, Sufirmansyah Sufirmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.