Karakteristik Religius Kultur Kampus Dalam Keseharian Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Authors

  • Dini Nurjannah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofi Wulan Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tanti Oktaviani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Fakhruddin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.799

Keywords:

Campus, Students, UPI Motto, Religion

Abstract

Abstract: This research is motivated by UPI's motto, which is religious. Religious activities are one of the obligations of every Muslim student. As a means of fostering education and strengthening religion as well as being a center for Islamic religious education. This study has a general objective, namely to determine the effect of religious activities on the religious characteristics of UPI students. In addition, the specific objectives of this study are to describe: (1) UPI's profile, especially on the motto; (2) the influence of several religious activities on the characteristics of the religious attitudes of UPI students in everyday life. Supporting religious activities are SPAI or PAI tutorials, BBQ or BTQ. A qualitative approach and descriptive method were used in the study, with participants namely UPI students who were Muslim. The technique of collecting data by means of a questionnaire which is disseminated among students and data analysis using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Findings that focus on religious characteristics and habits of students who show religious character. The results of the study show the success of religious activities and the habits of students who have religious characteristics.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh moto UPI yaitu religius. Beberapa kegiatan keagamaan menjadi salah satu kewajiban setiap mahasiswa yang beragama islam. Kegiatan yang dilakukan merupakan sarana pembinaan pendidikan dan penguatan keagamaan serta menjadi pusat pendidikan agama islam. Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan keagamaan terhadap karakteristik religius mahasiswa UPI.  Selain itu, tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) profil Universitas Pendidikan Indonesia terutama pada moto UPI; (2) pengaruh beberapa kegiatan keagamaan terhadap karakteristik sikap religius mahasiswa UPI dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa kegiatan keagamaan yang menunjang adalah tutorial SPAI atau PAI, BBQ atau BTQ. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif serta metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun yang menjadi partisipan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa UPI yang beragama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar luaskan dikalangan mahasiswa dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat temuan yang berfokus pada karakteristik religius yang dimiliki oleh mahasiswa serta kebiasaan mahasiswa yang menunjukkan karakter religius. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan kegiatan keagamaan dengan tujuan terciptanya suasana kehidupan mahasiswa UPI yang religius. Mahasiswa terbiasa mengucapkan salam, subhanallah, dan astagfirullah pada kondisi tertentu menunjukkan bahwa mahasiswa UPI memiliki akhlak yang baik atau dengan kata lain memiliki karakteristik religius.

References

Aeni, A. N. (2016). Pengaruh Model Fahm Al-Quran pada Perkuliahan PAI Terhadap Peningkatan Sikap Religius Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia). Prosiding The 1st UPI International Conference on Islamic Education ISLAMIC EDUCATION FACES GLOBAL CHALLENGES, 85-94.

Ansharullah. (2019). Pakaian Muslim dalam Perspektif Islam dan Hadis. Diktum : Jurnal Syariah dan Hukum,17(1), 65-86.

Artana, I. W., & Diantari, N. K. (2022). Kehidupan Religius Pasien Kanker Kolorektal Di Klinik Bedah Digestif Rumah Sakit Daerah Mangusada Badung. VIDYA WERTTA: Media Komunikasi Universitas Hindu Indonesia, 5(2), 29-36.

Fadhilah, R., & Kosasih, A. (2020). Model Pembinaan Karakter Religius untuk Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Mahasiswa melalui Organisasi Mahasiswa FSI KU. LITERATUS, 2(1), 24-29.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fakhruroji, M., Rustandi, R., & Busro. (2020). Bahasa Agama di Media Sosial: Analisis Framing pada Media Sosial Islam Populer. Jurnal Bimas Islam,

Firdaus, S. (2016). Salat Berkualitas Salat Berjiwa Ihsan. Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 9(1).13(2), 203-234.

Harahap, K. A., dan Dalimunthe, R. P.. (2008). Dahsyatnya Doa & Zikir. Jakarta: QultumMedia.

J.P Chaplin. (1995). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jalaluddin. (2008). Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kosasih, A., Fahrudin, dan Anwar, S. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Melalui Pembinaan Keagamaan Berbasis Tutorial Menuju Terciptanya Kampus UPI Religius. Jurnal Penelitian, 9 (1).

Madromi., Maya, R., & Sarifudin. (2021). Implementasi Pelaksanaan Salat Fardu Awal Waktu Pada Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pesantren Islam Al Ghiffari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01), 1-20.

Maulana, A. A., Suresman, E., & Fakhruddin, A. (2021). Peran Masjid Al Furqan Dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 93-111.

Nuruliah. (2015). Lingkungan Sosial dalam Perkembangan Psikologis Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 2(1).

Partini, A. W., & Fakhruddin, A. (2021). Manfaat Puasa Dalam Perspektif Islam Dan Sains. Al-Hikmah, 7(1), 108-120.

Sari, M. P., dan Lubis, E. E. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP, 4 (2), 1-13

Sinta, D., Syahidin, S., & Hermawan, W. (2019). Peran Tutorial Pai Dalam Menangkal Paham Radikal Keagamaan di Kampus UPI. TARBAWY: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 6 (1), 1-18.

Sobri, M. (2021). Desain Model Pembelajaran Aqidah Integratif Sub Tema Kalimat Thayyibah Assalaamu'alaikum. Pengembangan Jurnal dan Penelitian Pendidikan, 1 (1), 15-22.

Soekanto, S. (2002). Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara

Utari, A. A. D., dan Awaru, A. O. T. (2019). Fenomena Jilbab Syar’i Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi, 6(3), 7-13.

Utari, N. P., & Siregar, N. S. S. (2015). Pemaknaan Penggunaan Jilbab Syar’i diKalangan Mahasiswa Psikologi (Studi pada Forum Mahasiswa Islam Psikologi (FORMASI) Ar-Ruuh Universitas Medan Area). JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 1(1).

Published

2023-12-30

How to Cite

Nurjannah, D., Sari, S. W., Oktaviani, T., & Fakhruddin, A. (2023). Karakteristik Religius Kultur Kampus Dalam Keseharian Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(2). https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.799

Issue

Section

Articles