Karakteristik Religius Kultur Kampus Dalam Keseharian Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Authors

  • Dini Nurjannah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sofi Wulan Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tanti Oktaviani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Fakhruddin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.799

Keywords:

student religiosity, campus religious activities, student morals

Abstract

Abstract: Various religious activities are a mandatory aspect for all Muslim students at Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) to embody the "religious" motto in the UPI profile. These activities serve as a means of educational development and religious reinforcement, becoming the center for Islamic education. The aim of this study is to analyze the impact of students' religious activities on the religiosity of UPI students in their daily lives. Key supporting activities include PAI tutorials, SPAI, and BBQ/BTQ. The research was conducted using a qualitative approach with a descriptive method. The participants of this study were Muslim students of UPI. Data collection techniques included questionnaires distributed among the students, and data analysis involved data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings focused on the religious characteristics possessed by the students and their habits that reflect religious traits. The results indicated the success of religious activities in fostering a religious atmosphere in the daily life of UPI students. Students regularly practice pious deeds, both ritual and social, as well as environmental, demonstrating that UPI students exhibit good morals and possess religious characteristics.

Abstrak: Berbagai kegiatan keagamaan menjadi salah satu kewajiban setiap mahasiswa yang beragama Islam demi mewujudkan motto “religius” pada profil Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan ini merupakan sarana pembinaan pendidikan dan penguatan keagamaan serta menjadi pusat pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kegiatan keagamaan mahasiswa terhadap sikap religius mahasiswa UPI dalam kehidupan sehari–hari. Beberapa kegiatan keagamaan yang menunjang adalah tutorial PAI, SPAI, dan BBQ/BTQ. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif serta metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun yang menjadi partisipan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa UPI yang beragama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarluaskan di kalangan mahasiswa dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat temuan yang berfokus pada karakteristik religius yang dimiliki oleh mahasiswa serta kebiasaan mahasiswa yang menunjukkan karakter religius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keberhasilan kegiatan keagamaan dengan tujuan terciptanya suasana kehidupan mahasiswa UPI yang religius. (2) Mahasiswa terbiasa mengamalkan amaliah keshalihan, baik ritual, sosial, maupun terhadap lingkungan yang menunjukkan bahwa mahasiswa UPI memiliki akhlak yang baik/memiliki karakteristik religius.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N. (2016). Pengaruh Model Fahm Al-Quran pada Perkuliahan PAI Terhadap Peningkatan Sikap Religius Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia). Prosiding The 1st UPI International Conference on Islamic Education ISLAMIC EDUCATION FACES GLOBAL CHALLENGES, 85-94.

Ansharullah. (2019). Pakaian Muslim dalam Perspektif Islam dan Hadis. Diktum : Jurnal Syariah dan Hukum,17(1), 65-86.

Artana, I. W., & Diantari, N. K. (2022). Kehidupan Religius Pasien Kanker Kolorektal Di Klinik Bedah Digestif Rumah Sakit Daerah Mangusada Badung. VIDYA WERTTA: Media Komunikasi Universitas Hindu Indonesia, 5(2), 29-36.

Fadhilah, R., & Kosasih, A. (2020). Model Pembinaan Karakter Religius untuk Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Mahasiswa melalui Organisasi Mahasiswa FSI KU. LITERATUS, 2(1), 24-29.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fakhruroji, M., Rustandi, R., & Busro. (2020). Bahasa Agama di Media Sosial: Analisis Framing pada Media Sosial Islam Populer. Jurnal Bimas Islam,

Firdaus, S. (2016). Salat Berkualitas Salat Berjiwa Ihsan. Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 9(1).13(2), 203-234.

Harahap, K. A., dan Dalimunthe, R. P.. (2008). Dahsyatnya Doa & Zikir. Jakarta: QultumMedia.

J.P Chaplin. (1995). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jalaluddin. (2008). Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kosasih, A., Fahrudin, dan Anwar, S. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Melalui Pembinaan Keagamaan Berbasis Tutorial Menuju Terciptanya Kampus UPI Religius. Jurnal Penelitian, 9 (1).

Madromi., Maya, R., & Sarifudin. (2021). Implementasi Pelaksanaan Salat Fardu Awal Waktu Pada Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pesantren Islam Al Ghiffari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01), 1-20.

Maulana, A. A., Suresman, E., & Fakhruddin, A. (2021). Peran Masjid Al Furqan Dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(1), 93-111.

Nuruliah. (2015). Lingkungan Sosial dalam Perkembangan Psikologis Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 2(1).

Partini, A. W., & Fakhruddin, A. (2021). Manfaat Puasa Dalam Perspektif Islam Dan Sains. Al-Hikmah, 7(1), 108-120.

Sari, M. P., dan Lubis, E. E. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FISIP, 4 (2), 1-13

Sinta, D., Syahidin, S., & Hermawan, W. (2019). Peran Tutorial Pai Dalam Menangkal Paham Radikal Keagamaan di Kampus UPI. TARBAWY: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 6 (1), 1-18.

Sobri, M. (2021). Desain Model Pembelajaran Aqidah Integratif Sub Tema Kalimat Thayyibah Assalaamu'alaikum. Pengembangan Jurnal dan Penelitian Pendidikan, 1 (1), 15-22.

Soekanto, S. (2002). Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara

Utari, A. A. D., dan Awaru, A. O. T. (2019). Fenomena Jilbab Syar’i Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi, 6(3), 7-13.

Utari, N. P., & Siregar, N. S. S. (2015). Pemaknaan Penggunaan Jilbab Syar’i diKalangan Mahasiswa Psikologi (Studi pada Forum Mahasiswa Islam Psikologi (FORMASI) Ar-Ruuh Universitas Medan Area). JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 1(1).

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nurjannah, D., Sari, S. W., Oktaviani, T., & Fakhruddin, A. (2023). Karakteristik Religius Kultur Kampus Dalam Keseharian Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(2), 185–197. https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.799

Issue

Section

Articles