Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Banjaran 4 Kota Kediri

Authors

  • M. Ubaidillah Ridwanulloh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-0415-8724
  • Iva Afifatur Rohmah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Nurul Qomariatus Sholikhah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v4i2.1062

Keywords:

Infrastructure Management, Education Quality, Management Optimization

Abstract

Abstract:

The purpose of this study is to describe the process of managing educational facilities and infrastructure to improve the quality of education in elementary schools. Facilities and infrastructure play one of the most important roles in the education element. The existence of complete facilities and infrastructure will help improve the quality of learning. The method used in this research is the descriptive qualitative research method. Sources of data obtained through observation, interviews, and documentation. Interview informants included school principals, teachers of facilities and infrastructure, and subject teachers. The results of the study are that the school facilities and infrastructure are well managed. Management includes planning, procurement, use, inventory, write-off, and control. The management process is going well. As a result, stakeholders feel satisfied and even produce achievements.

Abstrak:

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Sarana dan prasarana memainkan salah satu peran terpenting pada unsur pendidikan. Keberadaan sarana dan prasarana yang lengkap akan mampu membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data didapatkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan wawancara diantaranya kepala sekolah, guru bagian sarana dan prasarana, dan guru mata pelajaran. Hasil penelitian ialah keadaan sarana dan prasarana sekolah dikelola dengan baik. Pengelolaan meliputi perencanaan, pengadaan, penggunaan, inventarisasi, penghapusan, dan pengawasan. Proses manajemen berjalan dengan baik. Hasilnya stakeholder merasa puas dan bahkan juga menghasilkan prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwanita, Z. (2020). Impresi Covid-19 Terhadap Manajemen Organisasi dan Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Pencak Silat di Surakarta. JURNAL WIDYA GANECWARA, 10(4).

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7.

Hamid, E. S., & Susilo, Y. S. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA*. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 12(1), 45.

Husen, A. A. (n.d.). Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dalam Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 68.

Iqbal, M. (2019). Pemasaran Jasa Pendidikan dan Implementasinya sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 127–146.

Iskandar, S., dkk. (2022). Dampak Pademi Covid-19 Terhadap Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka (Study di Universitas Samawa). Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 2(1).

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.

Mukaromah, A. F., Suma, K., & Devi, N. L. P. L. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPA Undiksha terhadap Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 191–201.

Ningsih, N. A., Hasmah, H., & Bhebhe, A. V. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Minat Memanfaatkan Ulang Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Kesmas Jambi, 5(2), 71–80.

Parid, M dan Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-‘Ilmi, 11(2).

Pratama, S. R. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Data Balikan Kartu Identitas Anak dalam Rangka Perwujudan Kota Layak Anak (Studi Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta).

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Suharsimi, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Sulfiati, A., & Awaleni, L. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU SARANA PRASARANA SEKOLAH. 3(1), 9.

Yahya, F., & Handayani, H. (2021). OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG AKTIFITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 AIKMEL. AT-TADBIR, 1(2), 58–68.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79.

Zulaikhoh, S. (2018). Manajemen sarana dan prasarana sekolah dalam peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di sekolah dasar Islam (SDI) Surya Buana Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Disertasi doktor, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Ridwanulloh, M. U., Rohmah, I. A. ., & Sholikhah, N. Q. . (2023). Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Banjaran 4 Kota Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2), 127–144. https://doi.org/10.30762/joiem.v4i2.1062

Issue

Section

Articles