Pengembangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Untuk Meningkatkan Mutu dan Daya Saing

Authors

  • Moh. Zainal Fanani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Dewi Agustriani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v1i2.1154

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Kurikulum yang mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Untuk Meningkatkan Mutu dan Daya Saing. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan yang akan ditempuh untuk menghasilkan produk model kurikulum yang mengacu KKNI di Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri dibagi menjadi empat tahapan, yaitu: (1) analisis pendahuluan, (2) pengembangan produk, (3) validasi produk, dan (4) uji kelayakan produk. Data dikumpulkan dari berbagai dokumen pedoman dan standar penysunan kurikulum KKNI dan catatan validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berorientasi KKNI yang dikembangkan pada penelitian ini sangat layak diterapkan di Prodi S-1 MPI Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Dengan alasan Kurikulum berorientasi KKNI yang dikembangkan telah memenuhi standar nasional dan tujuan pembelajaran. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan perangkat perkuliahan berupa Rencana Perkuliahan Semester.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction (Seventh Ed). Boston: Allyn and Bacon.

Kemendiknas, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2011), h.7

Machali, Imam et.al,. Materi Seminar dan Lokakarya: Peningkatan Mutu Program Studi Manajmen Pendidikan Islam Berdaya Saing, (Yogyakarta: PPMPI, 24-26 april 2018), 3.

Mufrodi, Ali. Islamic Higher Education Curriculum Based On Indonesia National Qualifications Framework (KKNI). (Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS XII), h.353

Peraturan Menteri Agama NO 15 Tahun 2018 Tentang Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun2015 tentang SNPT.

Peraturan Presiden RI Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Pasal 18-20, 33(1-2),35(1-2))

http://www.dikti.go.id/files/atur/KKNI/Perpres8-2012-KKNI.pdf28

Downloads

Published

30-10-2020

How to Cite

Fanani, M. Z. ., & Agustriani, D. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Untuk Meningkatkan Mutu dan Daya Saing. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(2), 98–126. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i2.1154

Issue

Section

Articles