Pengaruh Pemberdayaan Kinerja Fungsional Pustakawan Terhadap Kualitas Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan Daerah Kota Kediri)

Authors

  • Sri Hariyanti Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Noviliya Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v1i1.1992

Keywords:

Pemberdayaan, kinerja, tenaga fungsional pustakawan, Perpustakaan

Abstract

Perpustakaan memiliki peran yang penting dalam menunjang sebuah mutu pendidikan. Hal ini perlu di sadari bahwa dari tahun ke tahun terjadi penurunan dari segi sektor pendidikan. Dengan adanya pemberdayaan dalam tenaga fungsional pustakawan diharapkan dapat meningkatkan kualitas perpustakaan, dimana akan berimbas pada kualitas pendidikan karena dalam lembaga atau sekolah, perpustakaan merupakan salah satu faktor penunjang dalam aktifitas belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan membahas mengenai pemberdayaan kinerja dalam kegiatan fungsional pustakawan, dan beberapa faktor yang mempengaruhi pemberdayaan kinerja pustakawan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penghambat atau kendala pada kegiatan fungsional pustakawan dalam mengembangkan kualitas perpustakaan. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif yaitu melalui observasi dan wawancara, serta menggunakan studi literatur. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberdayaan kinerja pustakawan dengan kualitas perpustakaan di perpustakaan daerah kota kediri , dimana pustakawan dituntut untuk lebih professional, memiliki etos kerja yang tinggi, kompeten dalam bidangnya, serta adanya upaya-upaya perbaikan beberapa faktor penghambat.

References

Suwarno, Wiji. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2001.

Jusuf, Herman. Sistem Penilaian Kinerja Tenaga Edukatif dan Progam Pengembangan di Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Bandung. Bandung: PPS UPI. 2000.

Perpustakaan Nasional RI. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera Republik Indonesia Nomor: 132/KEP/M.PAN/12/2002 dan Keputusan Bersama Kepala Perpustakaan Nasional RI dan Kepala badan Kepegawaian negara Nomor: 23 Tahun 2003, dan Nomor: 21 Tahun 2003. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. 2003.

Perpustakaan Nasional RI. Pedoman Pembinaan Tenaga Fungsional Pustakawan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. 2002.

Kydd, Yeremias. T. Pokok-pokok Pikiran Perbaikan Sistem Manajemen SDM PNS di Indonesia. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik (JAP), Vol. 8, No. 2, November 2004: p. 15-32. Yogyakarta: Program amgister Administrasi Publik (MAP) Universitas Gadjah Mada. 2004.

Wachyudi, Didin. Penilaian dan pembinaan pengawasan melekat dalam meningkatkan kinerja pegawai. Bandung: PPS UPI. 2002.

Supriyanto. Pemberdayaan Profesi Pustakawan Media Pustakawan, vol. IV, No. 3, September: p. 35 – 37. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI. 1997.

Sulaiman, Iskandar. Upaya Memberdayakan Pustakawan Dalam Melaksanakan Kegiatan Fungsional Pustakawan. Jurnal Komunikasi dan Informasi Perpustakaan â€Al-Maktabah,†vol. 4, No. 1, April: p. 45-53. Jakarta: Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2002.

Megaminingsih, Tri Lestari. Mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Layanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Media Informasi, Vol. XIII, No. 3, tahun 1999: p.22-27. Yogyakarta: UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. 1999.

Masruri, Anis. Problematika Membangun Perpustakaan Masa Depan. Media Informasi, Vol. XIII, No. 11, th 2002: p. 1-9. Yogyakarta: UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. 2002.

Kydd, Yeremias. T. Pokok-pokok Pikiran Perbaikan Sistem Manajemen SDM PNS di Indonesia. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik (JAP), Vol. 8, No. 2, November 2004: p. 15-32. Yogyakarta: Program amgister Administrasi Publik (MAP) Universitas Gadjah Mada. 2004.

Dodi, Limas. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Ilmu. 2015.

http://seputarpengertian.blogspot.com/pengertian-studi-literatur.html?m=1

Downloads

Published

30-04-2020

How to Cite

Hariyanti, S. ., & Noviliya. (2020). Pengaruh Pemberdayaan Kinerja Fungsional Pustakawan Terhadap Kualitas Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan Daerah Kota Kediri). JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(1), 54–68. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i1.1992

Issue

Section

Articles