Sekolah-sekolah Islam Peran dan Prospeknya dalam Indonesia Modern

Authors

  • Taufiqurrahman Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso
  • Nuril Qodri Mubarok Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v3i1.1

Keywords:

Sekolah-sekolah Islam, Peran dan Prospeknya, Indonesia Modern

Abstract

Sejalan dengan adanya gerakan reformasi di dunia islam yang sangat menyentuh seluruh bidang kehidupan umat islam baik pada sektor   sosial, politik, budaya, pendidikan, hukum dan sektor lainnya, dan gerakan reformasi tersebut sampai di Indonesia,  hal tersebut berpengaruh pada pengelolaan pendidikan dikalangan ummat Islam. format baru dalam kelembagaan pendidikan islam dibentuk dalam bingkai sekolah islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai sekolah-sekolah islam terkait peran dan prospeknya dalam Indonesia modern. Penelitian ini merupakan penelitian literatur review, mengkaji tentang sekolah-sekolah islam melalui hasil-hasil riset dan telaah Pustaka yang terkait dengan sekolah islam dalam Indonesia modern. Hasil dari penelitian ini yakni sekolah islam terpadu adalah sekolah islam yang diselenggarakan dengan memadukan secara integrative nilai serta ajaran islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif serta keterlibatan yang optimal dan koperatif antara guru, orang tua, serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetisi guru

References

Abasri, 2007, Sejarah dan Dinamika Lembagalembaga Pendidikan Islam di Nusantara, dalam sejarah Pendidikan Islam : menelusuri jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia, Jakarta: Kencana.

Azra Azyumardi, 1999, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millineum Baru, Jakarta: logos Wacana Ilmu.

A’la,Abd.2006, Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren

Dhofier, Zamakhsyari, 2011, Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia-Edisi Revisi, Jakarta : LP3ES

Karim, M. Rusli, 1985, Dinamika Islam Indonesia, Suatu Tinjauan Sosial dan Politik, Yogyakarta : Hanindita

Qomar, Mujamil, 2005, Pesantren: Dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga

Rahardjo, M.Dawan,1993, Intelektual Intelegensia dan Prilaku Politik Bangsa, Bandung : Mizan

Rukiati, Enung K. & Fenti Hikmawati, 2006, Sejarah Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia.

Soekanto, Soerjono, dan Solaeman B. Taneko, 1985, Pengantar Konsep dan Teori Sosiologis, Bandar Lampung: Universitas lampung

Subhan, Arief, 2012, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20 : pergumulan antara Modernisasi dan Identitas, Jakarta: Kencana

Wahid, Abdurrahman, 2010, Menggerakkan Tradisi, Yogyakarta : LKIS

Yayasan Kantata Bangsa, 2005, Pemberdayaan Pesantren Menuju Kemandirian dan Profesionalisme dengan Methoode Daurah Kebudayaan, Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Zuhairini dkk, 1986Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara & Departemen Agama RI.

Tim Kurikulum SMPIT, 2012: 3 http://jsit-jatim.or.id tanggal 05/11/2021

Downloads

Published

30-04-2022

How to Cite

Taufiqurrahman, & Mubarok, N. Q. . (2022). Sekolah-sekolah Islam Peran dan Prospeknya dalam Indonesia Modern. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 3(1), 72–82. https://doi.org/10.30762/joiem.v3i1.1

Issue

Section

Articles