Penguatan dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Al Quran Melalui Training Metode Baca Tulis dan Menghafal Al Quran Yanbu’a Bagi Pengajar dan Santri

Authors

  • A’an Yusuf Khunaifi Institut Agama Islam Faqih Asy’ari Kediri
  • Muhamad Hasan Sadili Institut Agama Islam Faqih Asy’ari Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/joiem.v3i1.5

Keywords:

Mutu Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Yanbu’a

Abstract

Al-qur’an adalah sumber utama ajaran agama islam yang dijadikan pedoman dalam pendidikan agama Islam. Untuk itu pembelajaran al-Qur’an sangatlah penting dan menjadi dasar dalam pendidikan agama Islam. Pembelajaran al-Quran dengan menggunkan metode yang baik tentu akan dapat memberikan hasil yang baik pula dalam meningkatkan mutu generasi al-Qur’an serta pendidikan al-Qur’an. Pembelajaran al-Qur’an yang menggunakan metode yanbu'a bisa dijadikan solusi untuk mengatasi problem penuruan kualitas generasi al-Qur’an. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data dilaksanakan dengan cara menerapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama: penambahan kegiatan sorogan metode yanbu'a yang membuat para santri dan tenaga pengajar semakin antusias; kedua: para santri dan tenaga pengajar setiap hari langsung mempraktikkan metode yanbu'a yang langusng diawasi oleh pemateri sehingga hasil evaluasi terdapat penguatan mengajar bagi para guru dan peningkatan mutu membaca al-Qur'an bagi para santri; ketiga: dengan adanya training ini yayasan ulumiyah al-makruf memiliki calon pengajar metode yanbu'a yang memadai sehingga tidak terjadi kekosongan pemateri dalam pembelajaran membaca alqur'an dengan metode yanbu'a.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Moeloeng, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Komaruddin Sastradipoera, 2006, Pengembangan dan Pelatihan: Suatu Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: KappaSigma.

M. Ulinnuha, Arwani, 2004, Arwani,Thoriqoh Baca ooooooo Tulis dan MenghafalAl-Qur’an Yanbu’a “Bimbingan Cara Mengajar” . Kudus : Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus

Wakitayanti, Novi Ayu, and Mugiyo Hartono, 2021, “Indonesian Journal for Motivasi Dan Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat Untuk Berolahraga Pada” 2 (1)

Roudhotun Ni’mah, Mujiyatun, dan Fini Musliohatuzzahro’, 2021, meningkatkan mutu membaca alqur’an melalui metode yanbu’a di pondok pesantren hidayatul mubtadiin desa sidoharjo kecamatan jati agung kabupaten lampung selatan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman. V. 07 No. 2

Siti Ayatil Choliyah dan Muhammad Mas’ud, 2015, Peningkatan Prestasi Belajar Membaca al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2

Siti Ayatil Choliyah dan Muhammad Mas’ud, Peningkatan Prestasi Belajar Membaca al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2

Sallis, Edward, 2015, Total Quality Management in Education. IRCiSoD; Yogyakarta

Wayan Nurkancana dan Sunarta, 1986, Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Downloads

Published

30-04-2022

How to Cite

Khunaifi, A. Y., & Sadili, M. H. . (2022). Penguatan dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Al Quran Melalui Training Metode Baca Tulis dan Menghafal Al Quran Yanbu’a Bagi Pengajar dan Santri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 3(1), 1–11. https://doi.org/10.30762/joiem.v3i1.5

Issue

Section

Articles