Implementasi Topological Sort dalam Pengalihan Arus Kendaraan untuk Mengatasi Problem Kemacetan Lalu Lintas

(Studi Kasus Jalan-jalan Besar di sekitar MAN 2 Malang sampai Mall Dinoyo City)

Authors

  • Nur Fadilatul Ilmiyah Prodi Tadris Matematika IAIN Kediri
  • Nabilah Mukti Rifahmi MAN 2 Malang
  • Rizka Fajriana Putri Ramadhani MAN 2 Malang

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.947

Keywords:

Kemacetan, Topological Sort

Abstract

Kemacetan lalu lintas merupakan hal yang sering terjadi di Kota Malang khususnya di pusat-pusat keramaian dan kawasan edukasi seperti di Jalan Bandung dan Jalan Veteran. Kemacetan dapat menghambat aktivitas masyarakat serta menimbulkan dampak di bidang sosial dan ekonomi. Salah satu alternatif untuk menghindari terjadinya kemacetan adalah dengan mengalihkan arus lalu lintas dari jalan yang padat kendaraan menuju jalan yang tidak padat kendaraan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu algoritma yang efektif sehingga jumlah kendaraan yang ada di suatu jalan sesuai dengan kapasitas jalan tersebut. Penulisan artikel ini memiliki titik fokus analisis dan penjelasan mengenai cara penerapan algoritma topological sort untuk mendistribusikan kembali kendaraan yang bergerak dari titik asal menuju titik tujuan sehingga setiap ruas jalan dapat menampung kendaraan sesuai dengan jumlah kapasitasnya. Setelah dianalisis secara teoritis, algoritma topological sort dapat diterapkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di jalan-jalan tersebut.

References

Astuti, Y. D. (2017). Logika dan Algoritma - Dasar Teori Graf. Retrieved January, 2017, from http://rifki_kosasih. staff.gunadarma.ac.id.

Azizah. (2016). Review Bus Halokes, Antar Jemput Gratis Pelajar Ngalam. Retrieved February 20, 2017, from https://iamsleepynow.wordpress.com.

Dennis. (2015). Kemacetan Lalu Lintas DKI Jakarta. Retrieved January 17, 2017, from http://www.kompasiana.com.

Gunawan, I. (2011). Dampak Kemacetan Lalu Lintas. Retrieved January 18, 2017, from http://ikhsangunawan. blog-detik.com.

Prasetyo, T., Djakfar, L., & Abusini, S. (2015). Evaluasi dan Potensi Pengoperasian Bus Sekolah. Media Teknik Sipil, Volume 13, Nomor 2, Hal 185-192.

Rachmadani, J. F. (2016). Identifikasi Kesesuaian Penerapan Kebijakan Bus Sekolah Gratis Terhadap Kebutuhan Moda Transportasi Pelajar di Kota Malang. Skripsi Prodi PWK SAPPK Institut Teknologi Bandung.

Utama, K. Y. (2014). Aplikasi Topological Sort pada Kompilasi Makefile. Artikel Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi andung.

Utari, N. D. (2014). Kemacetan Lalu Lintas. Makalah Bahasa Indonesia Universitas Islam Sultan Agung.

Yafi, M. (2013). Aplikasi Teori Graf dalam Algoritma Pengalihan Arus Lalu Lintas. Artikel Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung.

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Ilmiyah, N. F. ., Rifahmi, N. M. ., & Ramadhani, R. F. P. . (2018). Implementasi Topological Sort dalam Pengalihan Arus Kendaraan untuk Mengatasi Problem Kemacetan Lalu Lintas: (Studi Kasus Jalan-jalan Besar di sekitar MAN 2 Malang sampai Mall Dinoyo City). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.947

Issue

Section

Articles