Is it true that PBL based on Islamic ethnomathematics makes it easier for PTKIN students to understand mathematical concepts?

Authors

  • Choirul Annisa IAIN KEDIRI
  • Dewi Agus Triani
  • Yusi Krisma Tanti

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v6i1.1228

Keywords:

Problem Based Learning, Etnomatematika Islami, Pemahaman Matematis, Islamic Ethnomathematics, Mathematical Comprehension

Abstract

Permasalahan yang disajikan dalam proses pembelajaran Problem Based Learning pada penelitian ini berbasis etnomatematika islami. Penelitian ini bertujuan mengungkap pemahaman matematis mahasiswa IAIN Kediri setelah mengikuti pembelajaran PBL berbasis pendekatan etnomatematika islami dan mengungkap efektifitas pembelajaran PBL berbasis etnomatematika islami terhadap pemahaman konsep matematis mahasiswa IAIN Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen dengan desain posttest only control grup desain dan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dinyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnomatematika islami tidak ada perbedaan dari pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran Problem Based Learning tanpa berbasis etnomatematika islami. Ketidakmampuan peserta didik memenuhi indikator pemahaman matematis dikarenakan peserta didik kurang dapat memahami konsep suatu materi jika permasalahan yang diberikan berbeda dengan yang pernah disajikan oleh pendidik atau yang tertera pada buku referensi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang berperan dalam pemahaman matematis peserta didik adalah pembelajaran Problem Based Learning bukan terkait konten bahan ajar yg disajikan dalam bentuk etnomatematika islami atau umum.

 

In this study, the problems present on Islamic ethnomathematics. This study aims to reveal the mathematical comprehension of IAIN Kediri students after taking Problem Based Learning (PBL) based on an Islamic ethnomathematic. This study was conducted using a quasi-experimental method with a posttest only kontrol group design and analyzed quantitatively. Based on the results of the analysis of hypothesis testing, there was no difference in the mathematical understanding abilities of students who took part in PBL based on Islamic ethnomathematics and without being based on Islamic ethnomathematics. The inability of students to meet the indicators of mathematical understanding is because students are less able to understand the concept of a material if the problems given are different from those presented by educators or those listed in reference books. It can conclude that what plays a role in students' mathematical understanding is Problem Based Learning not related to the content of teaching materials presented in the form of Islamic or general ethnomathematics.

References

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa smp dengan pendekatan metaphorical thinking. Infinity Journal, 1(2), 192–202.

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum 2013 (KurikulumoTematik Integratif/KTI). PT Kharisma Putra Utama.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zlhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Amalia, S. R., & Isnani, I. (2019). Representasi Matematis dalam Pembelajaran dengan Model Problem-Based Learning Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Elemen, 5(2), 190–205.

Annisa, C. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dengan Implementasi RME. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(1), 105-112. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.220

Annisa, C., Fauziah, A., & Erawati, E. (2020). Engklek Gen 4.0 (Studi Etnomatematika: Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Matematika). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1), 33–48. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2499

Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Execl. IAIT Press.

Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek beserta Alatnya sebagai Bahan Ajar. Kadikma, 10(1), 85–94.

Asih, E. S. B., Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 146–157.

Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. (2018). Bentuk Etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam pembelajaran pola bilangan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(2), 1–16.

Chotijah, S., & Susanto, A. (2019). Efektivitas Contextual Teaching andoLearningo (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 195–206.

Danoebroto, S. W. (2020). Kaitan antara Etnomatematika dan Matematika Sekolah: Sebuah Kajian Konseptual. IDEAL MATHEDU: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(1), 37–48.

Geni, P. R. L., Mastur, Z., & Hidayah, I. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 11–17.

Hariyadi, S., & Muttaqin, M. F. (2020). Pemahaman Konsep Geometri pada Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Etnomatematika Bangunan Cagar Budaya Kota Semarang. 6(3).

Isnaeni, A. F., Anggo, M., & Fahinu, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII MTS Negeri 2oKendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 113–126.

Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self Eficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studio Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224.

Karubaba, S. A., Rahman, B., & Arifin, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 37–44.

Marsigit. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Etnomatematika, Matematika dalam Perspektif Sosial dan Budaya, 1–38.

Radiusman, R. (2020). StudioLiterasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

Rahmadani, H., & Acesta, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1).

Regita C, Pramesthi, D., Hakim, A. R., & Triwahyuningtyas, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja PesertaDidik (LKPD) pada Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama, 4, 291–303. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/511.

Safitri, Filda N., Fine Reffiane, & Ervina Eka Subekti. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8 (3). 492-498.

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., ST, M. C., & Divayana, G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran administrasi jaringan kelas XII teknik computer dan jaringan di SMK TI Bali global Singaraja. KARMAPATI. 6(1),62–72.

Sinambela, P. N. J. M. (2008). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran berdasarkan Masalah (Problem BasedoInstruction). GenerasioKampus, 1(2), 74–85.

Susanti, D., oSaid, H. B., &oRelawati, oR. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Take And Give Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17–20.

Susilo, F. A. (2013). Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Swiyadnya, I Made G., I Made Citra Wibawa, & I Kade Agus Sudiandika. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantu LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2).

Wiyanti, W., & Kusuma, A. B. (2019). Etnomatematika Jawa Sebagai Pendukung Literasio Matematika. Prosiding Sendika, 5(1).

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learningo (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journaloof Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuano Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62.

Published

28-06-2023

How to Cite

Annisa, C., Triani, D. A., & Tanti, Y. K. (2023). Is it true that PBL based on Islamic ethnomathematics makes it easier for PTKIN students to understand mathematical concepts?. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(1), 82–98. https://doi.org/10.30762/factor_m.v6i1.1228