Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif

Authors

  • Annisa’ Ni’ma Savira IAIN Kediri
  • Rahma Fatmawati IAIN Kediri
  • Muchammad Rozin Z IAIN Kediri
  • Muhammad Eko S IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Keywords:

Minat Belajar, Metode Ceramah, Interaktif

Abstract

Metode ceramah ialah penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru di depan siswa dan di muka kelas. Walaupun metode yang digunakan guru adalah metode ceramah, akan tetapi didalmnya tetap diselipkan Tanya-jawab dengan siswa supaya kelas tetap hidup, materi tersampaikan dan pembelajaran sesuai dengan target. Dengan demikian, upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan metode ceramah sudah dirasa efektif, dilihat dari pengertian kata minat merupakan kemauan atau keinginan diri melakukan sesuatu. Dibenturkan lagi dengan kenyataan, yakni tradisi penelitian kualitatif semakin mendapatkan tempat dalam wacana keilmuan. Penelitian yang didasarkan dari sudut pandang yang berbeda-beda kemudian dibuktikan kebenarannya dengan cara survei atau melihat realita yang ada baru bisa disimpulkan kebenarannya. Metode ceramah interaktif ialah guru menjelaskan di depan, dihadapan siswa langsung dengan ulasan materi yang disampaikan. Metode ceramah interaktif juga dikenal dengan metode praktis, sebab bisa mengaitkan fenomena kehidupan sehari-hari dan membuat siswa jadi lebih mudah untuk memahami.

References

Hamalik, Umar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamdayana, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jamaral, Syaiful Bahri. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Majid, Abdul. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mufarokah, Annisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Surur, Agus Miftakus, Siti Mahmudah, Siti Nur Khasanah. 2018. Integrasi Ilmu Agama Dengan Ilmu Umum Untuk Menghadapi Era Globalisasi. IQRA’ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan). Vol. 3. No.1. p.140-161.

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Savira, A. N. ., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Issue

Section

Articles