Analisis kreativitas siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS

Authors

  • Muahmmad Ikmal Faizien Universitas Negeri Surabaya
  • Yusuf Fuad Prodi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • A’yunin Sofro Prodi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/f_m.v6i2.1365

Keywords:

Pengaruh, Kreativitas, Soal Tipe HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitan adalah siswa kelas VII sejumlah 35 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kreativitas dan tes HOTS. Uji coba instrumen dilakukan kepada siswa yang bukan subjek penelitan. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa instrumen tes kreativitas dan tes HOTS valid dan reliabel. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis terdiri dari analisis korelasi dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS yang dijelaskan pada persamaan regresi . Besarnya pengaruh kreativitas siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi yang menunjukkan angka  atau . Sedangkan  sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model regresi ini.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. In Longman New York.

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). PENGEMBANGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.

Bornstein, M. H., & Gardner, H. (1986). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Journal of Aesthetic Education, 20(2). https://doi.org/10.2307/3332707

Conklin, W. (2011). Higher-order thinking skills to develop 21st century learners. Teacher Created Materials.

Dewi, A., & Machromah, I. U. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.29407/jmen.v8i2.17779

Faridah, R., Siswono, T. Y. E., & Rahaju, E. B. (2018). Developing Higher Order Thinking Skill (HOTS) Mathematic Problem Using That Quiz Application. https://doi.org/10.2991/miseic-18.2018.41

Garaigordobil, M., & Berrueco, L. (2011). Effects of a Play Program on Creative Thinking of Preschool Children. The Spanish Journal of Psychology, 14(2). https://doi.org/10.5209/rev_sjop.2011.v14.n2.9

Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (2012). Assessment and teaching of 21st century skills. In Assessment and teaching of 21st century skills (Vol. 9789400723245). https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5

Kusaeri, K., & Ridho, A. (2019). Learning outcome of mathematics and science: Features of Indonesian madrasah students. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(1). https://doi.org/10.21831/pep.v23i1.24881

McMahon, G. (2009). Critical thinking and ICT integration in a Western Australian secondary school. Educational Technology and Society.

Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. In Kreativitas dan Keberbakatan (Vol. 2017, Issue 1).

Muttaqin, H., Susanto, Hobri, & Tohir, M. (2021). Students’ creative thinking skills in solving mathematics higher order thinking skills (HOTS) problems based on online trading arithmetic. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012036

Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zentralblatt Für Didaktik Der Mathematik, 29(3). https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x

Siswono, T. Y. E., & Budayasa, I. K. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII Dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia Di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sulistyawati, S. (2016). PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN INQUIRY MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN VOLUME BENDA PUTAR. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.856

Tan, S. Y., & Siti Hajar, H. (2015). Effective Teaching of Higher-Order Thinking (Hot) in Education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning (TOJDEL).

Trilling and Fadel. (2009). 21st century skills: learning for life in our times. Jossey Bass: USA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Published

27-12-2023

How to Cite

Faizien, M. I., Fuad, Y., & Sofro, A. (2023). Analisis kreativitas siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(2), 59–72. https://doi.org/10.30762/f_m.v6i2.1365