Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Reward and Punishment Di MTs

Authors

  • Sofi Nuril Fu'ad IAIN Kediri
  • Ni’matul Khoir IAIN Kediri
  • Dewi Ja’atun Nikmatul F IAIN Kediri
  • Sahrul Setiawan IAIN Kediri
  • Ati Rohmawati IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1617

Keywords:

Reward dan Punishment, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Minat Belajar

Abstract

Metode reward and punishment digunakan dalam penyelesaian masalah yang terjadi pada siswa-siswi MTs dengan harapan adanya reward akan menghasilkan progress terkait minat belajar siswa, sedangkan adanya punishment diharapkan akan menghasilkan siswa yang lebih taat pada aturan, sehingga bisa sadar akan pentingnya belajar. Metode penelitian adalah cara yang digunakan dalam penelitian supaya penelitian akan menghasilkan sesuatu yang telah diprediksikan sebelumnya. Penelitian dilaksanakan pada siswa MTs, dengan alasan melakukan penelitian dikarenakan siswa kurang minat belajar. Penelitian yang peneliti lakukan pada MTs dengan menggunakan metode Reward And Punishment mendapatkan hasil yang baik yaitu 88% melihat dari rata-rata aktifitas guru,
ditambah dengan aktifitas guru denga rata-rata 75%, dan penelitian ini berhasil karena sudah mencapai target minimal yaitu 75%.

References

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama, 2009.

Harefa, Andrias. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2006.

Imran, Ali. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, 2006.

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo. 2011.

Pemimpin Proyek Pembinaan Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri Jakarta, Ilmu Fiqh. Jakarta: IAIN Jakarta, 1984.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Rasjid, Sulaiman. Fiqih Islam. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2014.

S, Mahfud. Pengantar Psikologi Pedidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu, 2001.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Somadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Surur, A. M. (2017). Formasi 4-1-5 Penakhluk Masalah (Studi Kasus: Penulisan Karya Tulis Ilmiah Proposal Skripsi STAIN Kediri 2017). In Prosiding Seminar Nasional PPKn III.

Surur, A. M., Mahmudah, S., & Khasanah, S. N. (2018). Integrasi Ilmu Agama Dengan Ilmu Umum Untuk Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 140-161.

Surur, A., Rais, P., & Habib, H. (2017). The Application Program Of The Preparation Of The Syllabus And Learning Implementation Plan (Rpp) 2013 Curriculum On Teachers Madrasah Ibtidaiyah. Proceeding International Conference On Islamic Education (ICIED), 2(1), 246-253.

Taniredja, Tukiran dan Irma Pujiati. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2011.

Tukiran dan Irma Pujiati, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta, 2012.

Wassid, Iskandar dan Dadang Sunenda. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Wiriatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas:untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Downloads

Published

28-06-2019

How to Cite

Fu’ad, S. N., Khoir, N., F, D. J. N. ., Setiawan, S., & Rohmawati, A. . (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Reward and Punishment Di MTs. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 160–178. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1617

Issue

Section

Articles