Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Anisa Dwi Rahayu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Ryky Mandar Sary Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3255

Keywords:

Mathematical Communication, Volume Constructed Space, Elementary School

Abstract

This study aims to analyze the mathematical communication skills of students on the volume of blocks and cylinders in class V SDN Grogol 01 Demak. The approach used in this research is a qualitative approach with a descriptive method. The research instrument uses tests, interviews and documentation. The results obtained are the mathematical communication skills of students in the volume of geometric material which are in the very good category of 0% or as many as 0 students, the good category is 13.33% or as many
as 2 students and the sufficient category is 86.67% or as many as 13 students. . In general, the value of students' mathematical communication skills on the volume of blocks and cylinders is quite good on average

References

Adiansha, A.A., Sumantri, M.S. & Makmuri. (2018). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kreativitas. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8 (2), 127 139.

Andriani, S. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JOTE Journal On Teacher Education, 1 (2), 33 38.

Bakari, E.S.U. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Perbandingan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batudaa. Rama Repository.

Depdiknas, T. P. B. (2003). Kurikulum 2004. Standar Kompetensi. Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Day Luta, M., W. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII D SMP Joannes Bosco Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kubus dan Balok. Skripsi.

Fahlevi, M.S. & Zanthy, L.S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3 (4).

Fauzi, A., Radiusman., Rahmatih, A. N., Restini, N. K. (2020). Analsisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Pecahan. Jumlahku, 6 (1),

Hidayati, Y. M. & Afifah, N. (2020). Analisis Berpikir Probabilistik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10 (2), 161 174.

Hikmawati, Nurcahyono dan Balkist. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. Jurnal PRISMA, 8 (1).

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu, 7 (1), 9-18.

Husna, Ikhsan, M., Fatimah, S., (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1 (2).

Khoiriyah, N. 2013. Analisis Tingkat Berfikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta: Surakarta.

Khoirunnisa, S., Sulhan., Kalsum, U., Lali Timbu, D., Bulu Ngongo, O., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Luas Permukaan Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2 (2), 21-32.

Lestari, E. A. & Karlimah. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (2), 119-128.

Mahmudi, A. (2006). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006, 175-182.

Mujayanah, S., Saputro, B.A., & Budiman, M.A. (2021). Analisis Kesalahan Memahami Dan Menulis Bacaan Prosedural Dalam Menggambar Bangun Geometri Siswa Kelas III SD Negeri Manyaran 02 Semarang. Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16 (2), 73-87.

Nasaruddin. (2013). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi, Vol. 2, 63-76.

Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Permendiknas. Jakarta: Permendiknas.

Rahayu, E. 2021. Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. Jurnal Pendidikan: At-Ta`lim, 7 (1), 46-54.

Safitri, S. R. E. & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1 (1), 338-344.

Saptika, Y. A., Rosdiana, F., Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bangun Datar. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (5), 873-880.

Saputro, B. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar yang Belajar Menggunakan Permainan Tradisional. Metode Didaktik, 10 (2), 56-65.

Sary, R.M., & Ristiana. (2019). Pembelajaran Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Metode Matematika Gasing. JHM (Journal of Honai Math), 2 (2), 143-150.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa, 6 (2), 287-298.

Suharjana, A. (2008). Pengenalan Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Syaban, M. (2008). Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya Educare, 5 (2), 57-65.

Syahbana, A. 2013. Alternatif Pemahaman Konsep Umum Volume Suatu Bangun Ruang. Jurnal Edumatica, 3 (2).

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1 (1).

Wahdah, N., Sukirwan & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggkonstruksian Volume Bangun Ruang. JURNAL ELEMENTARY Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (2), 76-81.

Yuniarti, Yeni. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Eduhumaniora, 6 (2), 109-114.

Yustitia, V. & Juniarso, T. (2019). Literasi Matematika Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual. Malih Peddas: Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2), 100-109.

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

Rahayu, A. D., Sary, R. M., & Saputro, B. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 31–52. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3255

Issue

Section

Articles