Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bentuk Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3438Keywords:
E-Modul, Integrasi Nilai-Nilai Islam, Pendekatan Saintifik, Bentuk AljabarAbstract
Bahan ajar matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman akan lebih menarik bagi siswa. Pasalnya dengan pengintegrasian tersebut, siswa akan mengetahui bahwa matematika berkaitan dengan nilai-nilai agama dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul (electornic module) matematika terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi bentuk aljabar yang valid dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket validasi dan angket respon kemenarikan peserta didik terhadap produk. E-modul matematika ini divalidasi oleh para ahli yaitu ahli materi dengan perolehan (nilai rata-rata) akhir 3,8 , ahli agama 3,9 dan ahli media 3,5. Ketiga hasil validasi tersebut masuk pada kriteria “Valid”. Sedangkan uji respon terdapat dua kali pengujian yaitu uji kelompok kecil dengan perolehan rata-rata 3,27 dan uji kelompok lapangan 3,30. Kedua hasil uji respon tersebut masuk pada kriteria “Sangat Menarik”. Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa produk e-modul matematika ini valid, menarik dan dapat digunakan untuk pembelajaran matematika.
Downloads
References
Achmad Buchori, N. D. R. (2017). Pengembangan e-modul geometri dengan pendekatan matematika realistik di sekolah dasar, 26(1), 23–29.
Hasil Nilai Ujian Nasional MTs. (n.d.). Retrieved from https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/hasil-un/
Kemdiknas, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3. (n.d.).
Kusaeri. (2017). Historiografi Matematika. Yogyakarta: Matematika.
Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar (Yogyakarta). Deepublish.
Mardiah, S., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri Matematika, 1(2), 119–126.
Mulia Diana, Netriwati, dan F. I. S. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal:Jurnal Matematika, 1(1), 7–13.
Nihayati, S. (2020). Integrasi Logika Matematika dalam Ayat-Ayat Al-Qur’an dengan Nilai-Nilai Akhlak. Jurnal Edumath, 6(1), 40–47.
Pratiwi, E. W. dan D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal:Jurnal Matematika, 1(2), 147–156.
Rara Seruni, Siti Munawaroh, Fera Kurniadewi, M. N. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-modul) biokimia pada materi metabolism lipid menggunakan flip pdf professional. JTK: Jurnal Tadris Kimia, 1(Juni), 48–56.
Santi Budiarti, Murbangun Nuswowati, da E. C. (2016). Guided inquiry berbantuan e-modul untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 144–151.
Schleicher, A. (2018). PISA 2018 Insights and Interpretations. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Suyanto, S. (2018). The Implementation of The Scientific Approach Through 5Ms of The Revised Curriculum 2013 in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 22–29.
Syafril, Z. Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Wulandari, S., Febrini, D., & Syafri, F. S. (2020). Pengembangan Modul Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2).
Yuliana, N., Pratiwi, D. D., Anwar, S., Matematika, P., Islam, U., & Lampung, N. (2018). Pengembangan Media Interaktif Matematika Berbasis Macromedia Flash, 3(November), 50–60.
Zulpah, M., & Nesa, Z. (2019). Tanggapan Siswa Mengenai Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika, 0812(50), 61–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nailil Hikmah, Arghob Khofya Haqiqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.