Analisis Kesalahan Coding Pemrograman Java pada Matakuliah Algoritma Pemrograman Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kediri

Authors

  • Ahmad Syamsudin Tadris Matematika, IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.1711

Keywords:

algoritma, problem solving, pemrograman, sintaks

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Tadris Matematika dalam menulis sintaks Bahasa pemrograman Java. Penelitian ini termasuk dalam model studi kasus bersifat kuratif, atau Studi Kasus Retrospektif dengan analisis penelitian menggunakan model Miles dan Huberman. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Tadris Matematika semester ganjil Angkatan 2019/2020 sebanyak tiga kelas. Setelah dilakukan analisis data, diketahui bahwa terdapat tujuh kelompok kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa tersebut antara lain kesalahan variable, kesalahan operator sambung, kesalahan blok program, kesalahan operator prefix dan postfix, kesalahan import package dan input data. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesalahan tersebut adalah kemampuan dasar komputer yang masih kurang, mahasiswa kurang teliti dalam penulisan sintaks, belum adanya semangat kompetitif dikalangan mahasiswa dalam belajar algoritma pemrograman, mayoritas mahasiswa belajar membuat program ketika di laboratorium saja, Mutu isi panduan praktikum yang relatif sulit untuk dipahami oleh mahasiswa sebagai pemula dalam belajar algoritma, materi perkuliahan algoritma dan pemrograman java belum memiliki korelasi secara langsung terhadap materi perkuliahan matematika yang sudah dipelajari oleh mahasiswa. Solusi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan tugas setiap pertemuan, mengaitkan materi perkuliahan dengan matakuliah lain dan mendesain metode pembelajaran kooperatif dan kompetitif.

References

Afifuddin, & Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Barnes, D. J., Fincher, S., & Thompson, S. (1997). Introductory Problem Solving in Computer Science. 5th Annual Conference on Teaching Of Computing (Pp.36-39), 5. Dublin, Ireland: Dublin City University.

Duschl, R. (2008). Science Education in Three-Part Harmony: Balancing Conceptual, Epistemic, and Social Learning Goals. Review of Research in Education, 32(1), 268–291. https://doi.org/10.3102/0091732X07309371

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Cipta Aditya Bakti.

IAIN Kediri, B. A. (2018). Pedoman Akademik Program Studi Strata Satu IAIN Kediri 2018/2019. Kediri: IAIN Kediri.

Kadir, A. (2012). Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A., & Heriyanto. (2005). Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

McIntosh, R., & Janet, D. (2000). Teaching Mathematical Problem Solving: Implementing the Vision. New York: NWREL.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Murdiana, I. N. (2015). PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11.

Polya, G. (1957). How To Solve It “A New Aspect Of Mathematical Method” (2nd ed.). New York: Princeton University Press.

prayoga, cepi. (n.d.). 10 Tips Dasar untuk Menjadi Android Developer. Retrieved November 29, 2019, from CodePolitan.com website: https://www.codepolitan.com/10-tips-dasar-untuk-menjadi-android-developer-598d72131d1df

Priyanto, A. (n.d.). 10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia. Retrieved November 21, 2019, from CodePolitan.com website: https://www.codepolitan.com/10-bahasa-pemrograman-populer-di-indonesia

Rahardjo, M. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sugiono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

29-06-2020

How to Cite

Syamsudin, A. (2020). Analisis Kesalahan Coding Pemrograman Java pada Matakuliah Algoritma Pemrograman Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kediri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(2), 102–114. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.1711

Issue

Section

Articles