Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah di Sekolah Dasar Islam Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri

Authors

  • Annisa’ Ni’ma Savira SDI Bandar Kidul Kec. Mojoroto, Kota Kediri
  • Rahma Fatmawati SDI Bandar Kidul Kec. Mojoroto, Kota Kediri
  • Muchammad Rozin Z SDI Bandar Kidul Kec. Mojoroto, Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2294

Keywords:

metode pembelajaran, metode ceramah, minat siswa, minat belajar

Abstract

Metode ceramah merupakan metode pembelajaran yang sering digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Terlebih materi yang disampaikan adalah mata pelajaran matematika. Materi matematika pada tingkatan dasar dapat juga disampaikan dengan mengaitkann dengan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Penyampaian dengan ceramah dipilih berdasarkan kemampuan siswa dalam menerima materi sehingga pembelajaran difokuskan kepada guru dengan tetap memperhatikan aspek yang dimiliki oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan data diperoleh dari para pelaku pembelajaran dengan memberikan data-data berupa deskripsi kegiatan. Cara ini digunakan oleh guru dengan alasan metode ceramah efisien digunakan dalam menyampaikan banyaknya materi dengan kurun waktu tertentu. Walaupun beberapa kalangan mengatakan metode ceramah kurang tepat tapi penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran perlu dikaji secara berulang. Hal ini akan memeberikan gambaran dari suatu metode dapat berjalan dengan baik apabila dilakukan sesuai dengan aturan. Penggunaan metode ini tidak ceramah penuh, akan tetapi diselingi dengan pengkaitan dengan keadaan di kehidupan sehari-hari. Sehingga terbentuk kombinasi metode ceramah-kontekstual.

References

Hamalik, U. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Jamaral, S. B. (1997). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Mufarokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Teras.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.

Surur, A. M. (2020). Ragam Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif. CV. AA. Rizky.

Surur, A. M., & Rahmawati, A. (2018). Organisasi Luar Sekolah Untuk Peningkatan Karakter (Studi Kasus Di IPNU IPPNU Ranting Ngreco Kota Kediri). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 347–356.

Surur, A. M., Rosyidi, A. H., Prasetia, Y. A., Asrori, K., & Azizah, L. (2018). Problematika Pembelajaran Siswa MTs Sunan Gunung Jati (Studi Kasus Latar Belakang Siswa Menghadapi Ujian). Edudeena, 1(1), 13–32.

Downloads

Published

29-06-2020

How to Cite

Savira, A. N., Fatmawati, R., & Z, M. R. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah di Sekolah Dasar Islam Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(2), 115–126. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2294

Issue

Section

Articles