Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kreatif Siswa Smpn 1 Yosowilangun

Authors

  • Suyitno SMPN 2 Yosowilangun, Lumajang
  • Mohammad Wildan Habibi IAIN Jember, Jember

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2276

Keywords:

pemecahan masalah kreatif, intruksi langsung, yosowilangun

Abstract

Penelitian dilakukan dalam rangka melihat model pembelajaran creative problem solving dapat berpengaruh pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif dalam menggunakan konsep keserbangunan segitiga dalam menyelesaikan masalah dengan setting pembelajaran creative problem solving (CPS) siswa kelas IX SMP Negeri 1 Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil perhitungan diperoleh sig. 0,003 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara siswa yang di setting model CPS dengan model Direct Instruction (DI) . Hasil perhitungan diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima
sehingga terdapat pengaruh perbedaaan pada hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki berfikir kreatif tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki berfikir kreatif rendah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran CPS berpengaruh pada hasil belajar serta kemampuan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elliott, S. N., Kratochwill, T. R., Cook, J. L., & Traver, J. E. (1996). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Second Edition. Brown dan Benchmark.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Holmes, Emma, E. (1995). New Directionsnin Elementary School Mathematics-Interactive Teaching and Learning. A Simon and Schuster Company.

McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Open University Press.

Siswono, T. Y. E. (2004). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS). Buletin Pendidikan Matematika, 6(2).

Suparman. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada siswa SMA. Jurnal UT, 39(2).

Surur, A. M. (2020). Ragam Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif. CV. AA. Rizky.

Downloads

Published

29-06-2020

How to Cite

Suyitno, & Habibi, M. W. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kreatif Siswa Smpn 1 Yosowilangun. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(2), 127–140. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2276

Issue

Section

Articles