Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kreatif Siswa Smpn 1 Yosowilangun
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2276Keywords:
pemecahan masalah kreatif, intruksi langsung, yosowilangunAbstract
Penelitian dilakukan dalam rangka melihat model pembelajaran
creative problem solving dapat berpengaruh pada hasil belajar dan
kemampuan berpikir kreatif dalam menggunakan konsep kesebangunan
segitiga dalam menyelesaikan masalah dengan setting pembelajaran
creative problem solving (CPS) siswa kelas IX SMP Negeri 1 Yosowilangun
Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.
Hasil perhitungan diperoleh sig. 0,003 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%),
maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang
signifikan pada hasil belajar antara siswa yang di setting model CPS dengan
model Direct Instruction (DI) . Hasil perhitungan diperoleh nilai sig. Sebesar
0,000 dengan taraf signifikansi 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima
sehingga terdapat pengaruh perbedaaan pada hasil belajar antara
kelompok siswa yang memiliki berfikir kreatif tinggi dengan kelompok
siswa yang memiliki berfikir kreatif rendah. Kesimpulan dari penelitian ini
yaitu model pembelajaran CPS berpengaruh pada hasil belajar serta
kemampuan berpikir kreatif.
Downloads
References
Elliott, S. N., Kratochwill, T. R., Cook, J. L., & Traver, J. E. (1996). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Second Edition. Brown dan Benchmark.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Holmes, Emma, E. (1995). New Directionsnin Elementary School Mathematics-Interactive Teaching and Learning. A Simon and Schuster Company.
McGregor, D. (2007). Developing Thinking Developing Learning. Open University Press.
Siswono, T. Y. E. (2004). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS). Buletin Pendidikan Matematika, 6(2).
Suparman. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada siswa SMA. Jurnal UT, 39(2).
Surur, A. M. (2020). Ragam Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif. CV. AA. Rizky.