Analysis of Learning Obstacles for Junior High School Students in Understanding SPLDV Concepts
DOI:
https://doi.org/10.30762/f_m.v6i2.1862Keywords:
Didactical Design Research, Epistemologis Obstacle, Pemahaman konsep matematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dari literatur pada SPLDV. Tujuan penelitian ini untuk melakukan eksplorasi mengenai learning obstacle yang dialami oleh siswa SMP ketika mereka mencoba memahami konsep SPLDV. Oleh karena itu, diharapkan kedepannya penguasaan konsep dasar SPLDV dapat tercapai secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Didactical Design Research (DDR). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih menghadapi sejumlah kesulitan dalam memahami materi spldv. Kendala-kendala yang dihadapi siswa antara lain yaitu (1) kesulitan dalam merumuskan ulang konsep sistem persamaan linear dua variabel dan kurangnya kemampuan untuk memberikan contoh SPLDV. (2)Kesulitan dalam menentukan titik potong saat membuat grafik SPLDV. (3) Kekeliruan dalam melakukan operasi hitung dan mengembangkan model matematika. (4) Kesulitan dalam merancang langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan soal SPLDV. (5) Kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berbeda dengan contoh soal yang diajarkan oleh guru. Hal ini menunjukkan adanya beberapa hambatan yang perlu diatasi dalam pembelajaran konsep SPLDV di tingkat SMP.
This research was motivated by the low ability of students to understand concepts from the literature on SPLDV. This research aims to explore the learning obstacles experienced by junior high school students when they try to understand the concept of SPLDV. Therefore, it is hoped that in the future mastery of the basic concepts of SPLDV can be achieved optimally. This research is qualitative research with a Didactical Design Research (DDR) design. The subjects in this research were 3 students selected based on purposive sampling. The research instruments used were concept understanding tests and interview guidelines. Data analysis in this research includes data reduction, data presentation, and concluding. The research results show that students still face several difficulties in understanding SPLDV material. The obstacles faced by students include (1) difficulties in reformulating the concept of a system of linear equations in two variables and a lack of ability to provide examples of SPLDV. (2) Difficulty in determining the intersection point when creating SPLDV graphs. (3) Errors in carrying out calculation operations and developing mathematical models. (4) Difficulty in designing the steps needed to solve SPLDV problems. (5) Difficulty in solving questions that are different from the example questions taught by the teacher. This shows that several obstacles that need to be overcome in learning SPLDV concepts at the junior high school level.
Downloads
References
Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. Kluwer Academic : New York.
Durotul, Y., Laelasari, & Aminah, N. (2019). Analisis hambatan siswa dalam mengerjakan soal berbasis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi program linear. September, 8–13.
Fahrilianti, I. W. (2020). Analisis Hambatan Belajar Siswa pada Materi Program Linear. Jumlahku:Jurnal Matematika Ilmiah, 6(1), 1–10.
Febrianto, I., Nugraha, K. S., Rianto, I., & Hamdani, H. (2019). Learning Obstacle Siswa terhadap Konsep Keliling dan Luas Daerah Segitiga dan Segiempat. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP UGJ Cirebon, 1(1), 501–515.
Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Kanjuruhan Malang, 182–190. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pembelajaran Guided Discovery berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 70–77.
Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77–86.
Khodijah, A. S., Pramuditya, S. A., & Asnawati, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. SNPM Universitas Wiralodra, 6(1), 91–101. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1425
Khoirunnisa, A., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2398–2409.
Lestari, N. W. J., & Afrilianto, M. (2021). Analisis Kesultian Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui Pembelajaran Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1105–1112. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1105-1112
Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengn Fong’s Shcematic Model For Error Analysis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII Semester II SMP IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174–187.
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202.
Ramli, & Prabawanto, S. (2020). Kesalahan dan Learning Obstacle Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis berdasarkan Pemahaman Konsep Matematis. Journal for Research Mathematich Learning, 3(3), 233–246. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9999
Risnanto, A., Rosita, C. D., & Aminah, N. (2019). Desain Bahan Ajar pada Materi Persamaan Kuadrat Berbasis Kemampuan Pemahaman Konsep. Prosiding Seminar Matematika Dan Sains, 40–47.
Rosita, C. D., Maharani, A., Tonah, T., & Munfi, M. (2020). Learning Obstacle Siswa SMP pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 467–479. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2735
Rosita, C. D., Nopriana, T., & Silvia, I. (2019). Design of Learning Materials on Circle Based on Mathematical Communication. Infinity Journal, 8(1), 87–98.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 3–12.
Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Wilangan : Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 245–256. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1669
Yulianah, L., Ni’mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firda Luthfiatika Jannah, Neneng Aminah, Surya Amami Pramuditya, Cita Dwi Rosita, M. Subali Noto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.