Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Time Token Arends terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berinteraksi Siswa

Authors

  • Erny Untari Universitas PGRI madiun

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2460

Keywords:

TPS, Time Token Arends, Prestasi, Kemampuan Berinteraksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) model pembelajaran
yang lebih efektif antara metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share dan Time Token Arends terhadap prestasi belajar siswa. 2) tipe
kemampuan berinteraksi yang memberikan prestasi lebih tinggi, apakah
kemampuan berinteraksi tinggi,sedang, atau rendah. 3) apakah ada interaksi
antara metode belajar dengan kemampuan berinteraksi siswa. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri I Paron yang diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen I dan
eksperimen II. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik simple
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket,
dan metode tes. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan
dengan sel tak sama. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05
menunjukkan bahwa : 1) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Time Token
Arends dimana siswa dapat memperoleh prestasi belajar lebih tinggi jika
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. 2)
kemampuan berinteraksi tinggi dapat memberikan prestasi belajar lebih
tinggi dibandingkan dengan kemampuan berinteraksi sedang dan rendah. 3)
tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share dan tipe Time Token Arends dengan kemampuan berinteraksi siswa
terhadap prestasi belajar siswa.

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Indonesia.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hamzah, Ali. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: CV Alfabeta.

Kurniasih, I. Sani, B. (2015).Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Setiawati, L & Sudira, P. (2015).Faktor-Faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (3) : 325-339.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika .Bandung: PT. Tarsito Bandung

Sugiyono .(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Surur, Agus Miftakus. (2020). Ragam Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif. Banten: CV. AA. Rizky.

Downloads

Published

29-12-2020

How to Cite

Untari, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Time Token Arends terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berinteraksi Siswa. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1), 1–17. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2460

Issue

Section

Articles