Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menerapkan Disiplin Keagamaan yang Matematis Peserta Didik

(Tinjauan Pada Madrasah Aliyah Negeri I Palu)

Authors

  • Darmansyah Universitas Al- Khairaat (UNISA)
  • Irfandi Universitas Taduloko (UNTAD) Palu

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2496

Keywords:

Model kepemimpinan, disiplin keagamaan, matematis

Abstract

Kedisiplinan yang begitu tinggi oleh peserta didik Madrasah Aliyah Negeri I Palu secara sederhana mengisyaratkan adanya kepemimpinan yang baik diterapkan oleh kepala madrasah dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan, data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dengan proses reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala madrasah MAN 1 Palu menerapkan model kepemimpinan transformasional dalam menerapkan disiplin. Berbagai bentuk kedisiplinan beragama yang terdapat di MAN 1 Palu meliputi, mengucapkan salam ketika bertemu, berdoa sebelum dan sesudah memulai pelajaran, sholat berjamaah yang diawali dengan kultum, kajian keislaman dan kegiatan keagamaan yang matematis. Faktor pendukung meliputi, Sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, Tata Tertib dan disiplin kepala madrasah, Perhatian kepala madrasah MAN 1 Palu terhadap kedisiplinan beragama, Wadah pengembangan keagamaan yang matematis, Program madrasah yang selaras dengan disiplin beragama peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan disiplin beragama di MAN 1 Palu meliputi hal-hal berikut: Pengelolaan waktu yang tidak maksimal, latar belakang peserta didik yang beragam, kurangnya Kesadaran peserta didik dalam disiplin beragama.

References

Abdullah, Taufiq dan Karim, Rusli, ed, Metodologi Penelitian Agama; Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1998

Alim, Muhammad, Pendidikan Islam; Upaya Pembentukan Pikiran dan Kepribadian Muslim Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006.

Ali, Sayuthi, Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Teori dan Praktek Cet.I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Ali, Muhammad Daud, Lembaga-lembaga Islam di Indonesia Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995

Ancok, Djamaluddin dan Suroso, Fuad Nashori, Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.

As-Suaidan, Thariq M, Faishal Umar Basharahil, Melahirkan Pemimpin Masa Depan (Jakarta: Gema Insani, 2005).

Moelong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Cet. XII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000).

Surur, Agus Miftakus. (2020). Ragam Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif. Banten: CV. AA. Rizky

Surur, A M, Wahyudi, M E & Mahendra, M A. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Artikulasi Sebagai Perangsang Timbulnya Kompetensi. Factor M, 2(2).

Downloads

Published

29-12-2020

How to Cite

Darmansyah, & Irfandi. (2020). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menerapkan Disiplin Keagamaan yang Matematis Peserta Didik: (Tinjauan Pada Madrasah Aliyah Negeri I Palu). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1), 18–32. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2496

Issue

Section

Articles