Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menerapkan Disiplin Keagamaan yang Matematis Peserta Didik
(Tinjauan Pada Madrasah Aliyah Negeri I Palu)
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2496Keywords:
Model kepemimpinan, disiplin keagamaan, matematisAbstract
Kedisiplinan yang begitu tinggi oleh peserta didik Madrasah Aliyah Negeri I Palu secara sederhana mengisyaratkan adanya kepemimpinan yang baik diterapkan oleh kepala madrasah dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan, data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dengan proses reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala madrasah MAN 1 Palu menerapkan model kepemimpinan transformasional dalam menerapkan disiplin. Berbagai bentuk kedisiplinan beragama yang terdapat di MAN 1 Palu meliputi, mengucapkan salam ketika bertemu, berdoa sebelum dan sesudah memulai pelajaran, sholat berjamaah yang diawali dengan kultum, kajian keislaman dan kegiatan keagamaan yang matematis. Faktor pendukung meliputi, Sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, Tata Tertib dan disiplin kepala madrasah, Perhatian kepala madrasah MAN 1 Palu terhadap kedisiplinan beragama, Wadah pengembangan keagamaan yang matematis, Program madrasah yang selaras dengan disiplin beragama peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan disiplin beragama di MAN 1 Palu meliputi hal-hal berikut: Pengelolaan waktu yang tidak maksimal, latar belakang peserta didik yang beragam, kurangnya Kesadaran peserta didik dalam disiplin beragama.
Downloads
References
Abdullah, Taufiq dan Karim, Rusli, ed, Metodologi Penelitian Agama; Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1998
Alim, Muhammad, Pendidikan Islam; Upaya Pembentukan Pikiran dan Kepribadian Muslim Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006.
Ali, Sayuthi, Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Teori dan Praktek Cet.I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Ali, Muhammad Daud, Lembaga-lembaga Islam di Indonesia Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995
Ancok, Djamaluddin dan Suroso, Fuad Nashori, Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
As-Suaidan, Thariq M, Faishal Umar Basharahil, Melahirkan Pemimpin Masa Depan (Jakarta: Gema Insani, 2005).
Moelong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Cet. XII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000).
Surur, Agus Miftakus. (2020). Ragam Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif. Banten: CV. AA. Rizky
Surur, A M, Wahyudi, M E & Mahendra, M A. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Artikulasi Sebagai Perangsang Timbulnya Kompetensi. Factor M, 2(2).