Engklek Gen 4.0 (Studi Etnomatematika: Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Matematika)

Authors

  • Choirul Annisa Program Studi Ilmu Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Alfin Fauziah Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Erna Erawati Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2499

Keywords:

Etnomatematika, Media Pembelajaran, Engklek, Generasi 4.0

Abstract

Apabila kita mendengar kata tradisional pastilah kita
membayangkan masa lalu, kebanyakan orang jaman sekarang yaitu generasi
4.0 (sebuah masa dimana semua orang sudah mulai tergantung dengan
teknologi) mudah melupakan adat istiadat atau kebiasaan dan budaya dari
masa lalu atau masa kecil kita. Semakin berkembanganya teknologi di masa
sekarang sangat berpengaruh menghilangkan nilai-nilai terhadap kebiasaan
atau budaya yang sudah ada sejak dahulu. Padahal, tidak semua hal yang
berhubungan dengan masa lalu tidak berguna untuk masa sekarang. Dalam
proses pembelajaran matematika kita dapat menhubungkan matematika
dengan seni atau biasa disebut dengan etnomatematika. Dalam
etnomatematika kita dapat menggunakan media pembelajaran yang berasal
dari budaya jaman tradisional, seperti permainan tradisonal dalam
menunjang kegiatan pembelajaran yang bersifat edukatif, menyenangkan
dan menarik perhatian siswa. Salah satu contoh permainan tradisional yang
dapat diterapkan pada generasi 4.0 adalah permainan tradisional engklek.
Karena, didalam permainan tradisional engklek mengandung nilai-nilai yang
positif dan bermanfaat, salah satunya sebagai pengembangan media
pembelajaran. Dengan kita menggunakan permainan tradisional sebagai
media pembelajaran masa sekarang, itu berarti kita secara tidak langsung
juga ikut melestarikan budaya tradisional bangsa Indonesia.

References

Annisa, Choirul. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dengan Implementasi RME. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2 (1), 105-112.

Aprilia, Erly Dwi, Dinawati Trapsilasiwi, Toto Bara Setiawan. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engkek Beserta Alatnya Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Kadikma, 10(1), 85-94.

Damayanti, Agustina Dhevin Merinda. & Rosa Dina Putranti. (2016). Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya 2016- p-ISSN: 2550-0384; e-ISSN: 2550-0392, 254-260.

Putri, Ati Bahiyati Utami. & Noor Hasyim. (2017). Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Engklek Melalui Teknologi Digital Interaktif. Jurnal Rupa, 2(2), 122-137.

Surur, A., Rais, P., & Habib, H. (2017). The Application Program of The Preparation of The Syllabus And Learning Implementation Plan (Rpp) 2013 Curriculum On Teachers Madrasah Ibtidaiyah. Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), 2(1), 246-253

Downloads

Published

29-12-2020

How to Cite

Annisa, C., Fauziah, A., & Erawati, E. (2020). Engklek Gen 4.0 (Studi Etnomatematika: Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Matematika). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1), 33–48. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2499

Issue

Section

Articles