Rahasia Tartib Surah dan Ayat Al-Quran dari Unsur Bilangan (Kajian Pemikiran Izza Rohman)
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3671Abstract
Perbedaan susunan ayat Al-Qur’an dengan urutan diturunkannya Al-Qur’an menarik untuk diteliti. Yaitu Izza Rohman yang mengkaji tentang perbandingan urutan ayat Al-Quran antara muskhaf dan kejadiannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengupas ulang dengan mengkaitkan dengan kajian-kajian lain yang melengkapi kajian dari Izza Rohman. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan literatur yang menggunakan literatur-literatur yang ada kemudian mengkaitkannya menjadi satu kesatuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan surah dan ayat Al-Quran menjadi inspirasi dan objek kajian yang perbedaan urutannya mempunyai alasan mendasar. Ditemukannya adanya keteraturan dan keserasian dari nomor surah dan ayat dalam Al-Quran. Keteraturan dan keserasian ini menunjukkan kemukjizatan Al-Quran dilihat dari bilangan tartib surah dan ayat-ayatnya. Salah satunya adalah kajian tentang keistimewaan bilangan 7 dan bilangan 19. Dari bilangan tersebut dapat diungkap beberapa rahasia nomor surat dan nomor ayat. Selain itu juga kajian tentang lafadz bismillah yang didalamnya mengandung angka 7 dan 19 juga.
The difference in the arrangement of the verses of the Qur'an with the order in which the Qur'an was revealed is interesting to study. Namely Izza Rohman who studied the comparison of the order of the verses of the Qur'an between the muskhaf and its occurrence. The purpose of this study is to re-explore by linking it with other studies that complement the study of Izza Rohman. The research method used is a literature approach that uses the existing literature and then links it into a single unit. The results showed that the order of the surahs and verses of the Qur'an became the inspiration and object of study whose different sequences had basic reasons. The discovery of the regularity and harmony of the number of surahs and verses in the Al-Quran. This order and harmony shows the miracles of the Al-Quran seen from the number of tartib surahs and verses. One of them is the study of the peculiarities of the numbers 7 and 19. From these numbers, several secrets of letter numbers and verse numbers can be revealed. In addition, there is also a study of the bismillah lafadz which contains the numbers 7 and 19 as well.
Downloads
References
Ajahari. (2018). Ulumul Qur'an (Ilmu-Ilmu Alqur'an). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Akhyar, M. K. (2019). "Hasil UN Buruk HOTS yang Salah, Benarkah?" Analisis HOTS pada Soal UNBK terhadap Hasil UN Matematika SMA di Indonesia. Factor M Vol. 01 No. 02, 143-159.
Ansharuddin, M. (2016). Sistematika Susunan Surah di dalam Al-Qur‟an: Telaah Historis. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman Vol 2 No. 2, 210-220.
Rahman, H. (2019). Model Integrasi Keilmuan: Implementasi Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai di SDI Sabilillah Malang. Factor M Vol. 2 No. 1, 15-29.
Rahmi, Y. (2017). Penetapan Susunan Ayat, Surah, dan Rasm Al-Qur'an. Ulinnuha Vol. 6 No. 2, 185-196.
Rohman, I. (2012). Peta dan Persoalan Keselarasan Matematis al-Qur'an. Refleksi Vol. 13 No. 2, 201-218.
Rohman, I. (2014). Pertalian Angka dan Makna dalam Al-Qur’an Mempertemukan Relasi Antarayat dalam Kajian al-I‘jaz al-‘Adadi dan Kajian Tafsir al-Qur’an bi al-Qur’an. Journal of Qur'an and Hadith Studies Vol. 3 No. 1, 41-55.
Sahid, H. M. (2016). Ulum al-Qur‟an (Memahami Otentifikasi al-Qur‟an). Surabaya: Pustaka Idea.
Sampayya, A. S. (2007). Keseimbangan Matematika dalam Al-Qur'an. Jakarta: Republika.
Shihab, M. Q. (2007). Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Subir, M. S. (2017). Sistematika Al-Qur'an (Mengungkap Rahasia Susunan Surah dalam Al-Qur'an). Studi Agama Islam Vol. 10 No. 1.
Surur, A. M., & Pujilestari, S. (2021). The Relevance of Odd-Even Verses in The Qur’an with Mathematics Education. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 6(2).
Yusufa, U. (2014). Mukjizat Matematis dalam Al-Qur'an: Kritik Wacana dengan Pendekatan Sains dan Budaya. Hermeneutik Vol. 8 No. 2, 343-368.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Pujilestari, Weka Dwi Kartika, Azah Lailaturrosidah, Abdussakir, Muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.