Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Pembuktian Identitas Trigonometri

Authors

  • Ucik Fitri Handayani IAI Al-Qolam Malang, Malang, Indonesia
  • Wildan Hakim IAI Al-Qolam Malang, Malang, Indonesia
  • Anggita Oktaviana Putri IAI Al-Qolam Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4146

Abstract

Trigonometri merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Tadris Matematika Semester II. Salah satu materi yang dianggap sulit dalam mata kuliah ini adalah pembuktian identitas trigonometri. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesalahan mahasiswa dalam pembuktian identitas trigonometri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam pembuktian identitas trigonometri berdasarkan model Newman dan beberapa faktor penyebabnya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni dua mahasiswa Tadris Matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan kesalahan yang dilakukan yakni subjek FR melakukan 4 kesalahan yaitu kesalahan memahami, transformasi, proses perhitungan dan penulisan jawaban pada soal pertama. Sedangkan subjek IN melakukan 4 kesalahan pada soal kedua yaitu kesalahan pemahaman, transformasi, proses perhitungan dan penulisan jawaban. Kemudian subjek IN melakukan 2 kesalahan pada soal ketiga yaitu kesalahan pemahaman dan proses perhitungan. Kesalahan yang sering dilakukan adalah kesalahan proses perhitungan, akan tetapi kedua subjek tidak melakukan kesalahan membaca. Beberapa penyebab kesalahan terjadi yakni tidak mengetahui strategi atau identitas trigonometri yang sesuai untuk digunakan dalam membuktikan identitas trigonometri, prosedur penyelesaian yang dilakukan kurang lengkap, kurang kreatifnya dalam manipulasi aljabar, dan kurang terampilnya dalam pengoperasian dan perhitungan yang menyebabkan hasil akhirnya menjadi kurang tepat.

 

Trigonometry is one of the subjects that must be taken by second-semester Mathematics Tadris students. One of the materials that are considered difficult in this course is proving trigonometric identities. This research is motivated by the existence of student errors in proving trigonometric identities. The purpose of this study was to describe the mistakes of students in proving their trigonometric identities based on the Newman model and some of the factors causing them. This research belonged to a qualitative descriptive study. The research subjects were two Mathematics Tadris students. Data collection was carried out through tests and interviews. The results of this study showed that the mistakes made were the FR subject made 4 errors in understanding, transformation, calculation process, and answers to the first question. While the subject made 4 mistakes in the second problem, the errors, transformation, calculation process, and answer answers. Then, the IN subject made 2 mistakes in the third question, namely the misunderstanding and the calculation process. Mistakes that are often made were errors in the calculation process, but the two subjects did not make reading errors. Some of the causes of errors occur such as, namely not knowing the strategy or trigonometric identity that is suitable to be used in proving trigonometric identities, incomplete completion procedures, lack of creativity in algebraic manipulation, and lack of skill in operations and calculations which cause the final result to be less precise.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zainal. 2012. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Dalam Mata Kuliah Trigonometri Dan Kalkulus I.” Jurnal Ilmiah Didaktika XIII(1):183–96.

Ahmad, Herlina, F. Febryanti, M. Muthmainnah, Ahmad Al Yakin, and Sukadji Sarbi. 2018. “The Analysis of Student Error in Solve the Problem of Spherical Trigonometry Application.” in Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1114.

Amalia, Wahyuni, I. Ketut Suastika, and Nyamik Rahayu Sesanti. 2018. “Analisis Kesalahan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Cerita Faktorisasi Aljabar Berdasarkan Teori Newman.” Pp. 738–50 in Seminar Nasional FST 2018. Vol. 1.

Centillas Jr., Catalino L., and Christian Caben M. Larisma. 2016. “Error Analysis of Trigonometry Students in a Technological University.” JPAIR Institutional Research 7(1):56–66. doi: 10.7719/irj.v7i1.372.

Ernawati, Dara Kartika Dewi, Leni Nurhayati, Selvia Agina, SitiSarah Khodijah, and Nelly Fitriani. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas V SD Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Operasi Bilangan Bulat.” Supremum Journal of Mathematics Education 4(1):13–23.

Fadhilah Zamzam, Kenys, and Firda Alfiana Patricia. 2018. “Error Analysis of Newman to Solve the Geometry Problem in Terms of Cognitive Style.” Pp. 24–27 in Vol. 160.

Fatahillah, Arif, Yuli Fajar Wati, and Susanto. 2017. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan.” Kadikma 8(1):40–51.

Fatimah, I., I. Made Sulandra, and Gatot Muhsetyo. 2019. “Penalaran Matematis Siswa SMK Dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Trigonometri.” 4(8):1043–55.

Handayani, Ucik Fitri. 2021. “Berpikir Kreatif Siswa Kemampuan Matematika Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual.” 4(1):91–101.

Handayani, Ucik Fitri, Cholis Sa’dijah, Sisworo, Mukhtamilatus Sa’diyah, and Lathiful Anwar. 2020. “Mathematical Creative Thinking Skill of Middle-Ability Students in Solving Contextual Problems Mathematical Creative Thinking Skill of Middle-Ability Students in Solving Contextual Problems.” Pp. 1–7 in AIP Conference Proceedings. Vol. 060007.

Imswatama, Aritsya, and Nur’aini Muhassanah. 2016. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis Dan Lingkaran.” Suska Journal of Mathematics Education 2(1):1. doi: 10.24014/sjme.v2i1.1368.

Indahwati, Rohmah. 2017. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Berdasarkan Newman ’ s Error Analysis ( NEA ).” INOVASI XIX(2):1–7.

Jana, Padrul. 2018. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor.” Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 2(2):8. doi: 10.26486/jm.v2i2.398.

Jingga, Anisa Astra, Mardiyana, and Rubono Setiawan. 2017. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Identitas Trigonometri Pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 1 KartasuraTahun Ajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) 1(5):48–62. doi: 10.4135/9781849209403.n73.

Pujilestari, Sri. 2018. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Problem Dengan Model Think-Pair- Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif.” Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic 1(1).

Qomari, Nur, Nyamik Rahayu Sesanti, and Retno Marsitin. 2019. “Pembuktian Trigonometri Dengan Tahapan Newman ’ S Error Analysis ( Nea ).” Seminar Nasional FST 2(3):102–9.

Rahman, Arief Aulia. 2018. “Analysis of Student ’ s Answer Error in Learning Mathematics Using Newman Analysis.” IOSR Journal of Research & Method in Education 8(6):77–82. doi: 10.9790/7388-0806037782.

Sulistyawati, Eka. 2018. “Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Konstekstual Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic 1(1).

Surur, Agus Miftakus. 2017. “Peningkatan Fluency Dan Elaboration Dengan Modified Free Inquiry.” Edudeena 1(1):21–29.

Usman, Mu‟awiya Haruna, and Muhammad Mukhtari Hussaini. 2017. “Analysis of Students’ Error in Learning of Trigonometry Among Senior Secondary School Students in Zaria Metropolis, Nigeria.” IOSR Journal of Mathematics 13(02):01–04. doi: 10.9790/5728-1302040104.

Downloads

Published

26-06-2022

How to Cite

Handayani, U. F., Hakim, W., & Putri, A. O. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Pembuktian Identitas Trigonometri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 27–42. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4146

Issue

Section

Articles