Analisis Buku “Mari Belajar Matematika” Karya Dewi Nuharini dan Sulis Priyanto Tahun 2017

Authors

  • Arum Weni Universitas PGRI Semarang
  • Ryky Mandar Sary Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4129

Keywords:

Analysis, Textbook, Math

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kelengkapan materi pada buku teks mata pelajaran “Mari Belajar Matematika (Pendidikan Matematika Untuk Kelas V SD/MI)” Karya Dewi Nuharini Dan Sulis Priyanto Tahun 2017. Buku tersebut menarik untuk dianalisis karena merupakan salah satu sumber belajar yang sering digunakan namun belum pernah dianalisis oleh peneliti lainnya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen wawancara guru, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Hasil analisis yang telah dilakukan adalah rincian persentase pada masing-masing indikator sebagai berikut. (1) Materi memuat konsep, definisi, prosedur/ algoritma, teorema dan sifat-sifat mendapat persentase 75% dengan kategori sesuai. (2) Materi memuat contoh dan soal-soal latihan yang menunjang konsep mendapat persentase 100% dengan kategori sangat sesuai. (3) Materi memuat penjelasan yang dapat membangun pengetahuan siswa mendapat persentase 100% dengan kategori sangat sesuai. Persentase kelengkapan materi pada buku teks mata pelajaran “Mari Belajar Matematika (Pendidikan Matematika Untuk Kelas V SD/MI)” Karya Dewi Nuharini Dan Sulis Priyanto Tahun 2017” dari ketiga indikator tersebut memperoleh skor sebesar 91,7 % dengan kategori sangat sesuai.

This study aims to determine how complete the material in the textbook for the subject "Let's Learn Mathematics (Mathematics Education for Grade V SD/MI)" is by Dewi Nuharini and Sulis Priyanto in 2017. The book is interesting to analyze because it is one of the learning resources that is often used but has never been analyzed by other researchers. This research approach is qualitative with a descriptive method. The instruments in this study were obtained through teacher interview instruments, observation guidelines, and documentation guidelines. The results of the analysis that has been carried out are the percentage details for each indicator as follows. (1) Materials containing concepts, definitions, procedures/algorithms, theorems and properties get 75% percentage in the appropriate category. (2) The material contains examples and practice questions that support the concept of getting a percentage of 100% with a very appropriate category. (3) The material contains explanations that can build students' knowledge and gets a percentage of 100% with a very appropriate category. The percentage of completeness of the material in the textbook for the subject "Let's Learn Mathematics (Mathematical Education for Grade V SD/MI)" by Dewi Nuharini and Sulis Priyanto in 2017" from the three indicators obtained a score of 91.7% with a very appropriate category.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Akhyar, M. K. (2019). “Hasil un buruk HOTS yang salah, benarkah?” Analisis HOTS pada soal UNBK terhadap hasil UN matematika SMA di Indonesia. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 1(2), 143 – 159.

Aliza, F., Rusdi, R., & Rahimah, D. (2018). Aktivitas Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Berbantuan Lkpd Berbasis Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 20-24.

Alpian, Yayan, dkk. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian. 1 (1).

Andar, Ikman. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Semester Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 4 (2).

Hendriana, Rohaeti, dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Karim, Muchtar Abdul, et al. (2017). Pendidikan Matematika 2. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kinanti, Lutfia Putri, Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri Di Kota Bandung

Musfah, J. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan; Mengurai Krisis Karakter Bangsa. Kencana, 10.

Mustadi2, A. N. dan A. (2015). Analisis Teks Muatan Tematik Integratif. JURNAL KEPENDIDIKAN, 45(1), 1–15.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran Yang Menarik dan Menyenangkan.

R. Azizah, Zaenuri, I. Kharisudin. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita siswa SMA. PRISMA. (3)

Ramda, A. H. (2017). Analisis Kesesuaian Materi pada Buku Teks Matematika Kelas VII dengan Kurikulum 2013 An Analysis of Relevance Between Mathematics Textbook Content for Seventh Grade and Curriculum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–11.

Ristianti, D.D. (2018). Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Muhammadiyah III Penatarsewu. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Rosita, dkk. (2019). Analisis Penyusunan Buku Teks Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab. Universitas Pendidikan Indonesia/Departmen Pendidikan Bahasa Arab.

Savira, A. N., Fatmawati, R., & Z., M. R. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 1(1).

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science). 2 (1).

Sulistyawati, E. (2018). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Konstekstual Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 1(1).

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif,. Smart, Jakarta.

S, A. M. (2017). Formasi 4-1-5 Penakhluk Masalah (Studi Kasus: Penulisan Karya Tulis Ilmiah Proposal Skripsi STAIN Kediri 2017). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PPKn III, 1–8.

S, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. K-Media.

S, A. M., Wahyudi, M. E., & Mahendra, M. A. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Artikulasi Sebagai Perangsang Timbulnya Kompetensi. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 2(2), 141–156.

Unam, S. (2017). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Pelajaran Matematika Sd Kelas 3 Terhadap Standar Isi. 1–141.

Yurniwati. (2015). Analisis buku teks matematika untuk siswa sekolah dasar. VII(1), 53–60.

Zainuddin, M, dkk. (2021). Bimbingan Pembelajaran Tpack Berbasis HOTS Bagi Guru Sd Se-Blitar Raya. JPPNu (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara). 3 (2).

Wati, Risa Widia & Sary, Ryky Mandar. (2019). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 1 (1), 378-386.

Downloads

Published

26-06-2022

How to Cite

Weni, A. ., Sary, R. M. ., & Purnamasari, V. . (2022). Analisis Buku “Mari Belajar Matematika” Karya Dewi Nuharini dan Sulis Priyanto Tahun 2017. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 81–106. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4129

Issue

Section

Articles