Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa?

Authors

  • Asyrifah Zaini Wahdah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Putri Nur Malasari Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Matematika, Matematika

Abstract

Rata-rata nilai matematika yang didapatkan siswa SMP di Kabupaten Pati mengungkapkan adanya beberapa siswa yang belum mencapai target prestasi belajar matematika yang sesuai dengan nilai KKM matematika yang ditentukan. Rendahnya prestasi yang didapatkan tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa keadaan. Salah satu keadaan yang berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika adalah tingkat kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode ex post facto. Sampel yang terpilih sebanyak 99 siswa kelas VII di salah satu SMP di Pati dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang dipergunakan adalah skala kecerdasan emosional. Analisis data yang dipergunakan yaitu teknik analisis regresi linear sederhana, semua perhitungan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berkonstribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa.

References

Afifaturrohmaniyyah, N., & Malasari, P. N. (2021). Problematika Guru dalam Mengajar Materi Aljabar di Era Pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 43-52.

Ardiyanto, B., Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & Rais, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1475

Arif, K. M. (2021). Strategi Membangun SDM yang Kompetitif, Berkarakter, dan Unggul Menghadapi Era Dirupsi. Tahdzib A-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–11. https://uia.e-journal.id/Tahdzib/article/view/1300

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bimayu, W., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2020). The Effect of Emotional Intelligence, Student’s Motivation toward Student’s Achievement. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 06–16. http://www.ijpsat.es/index.php/ijpsat/article/view/1708

Fakhriyana, D., Noor, N. L., & Malasari, P. N. (2021). Statistika Pendidikan. Sukabumi: Farha Pustaka.

Firmansyah, I. (2010). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Triguna Utama Ciputat. In Skripsi UIN Syarif Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/6060

Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2015). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI lebih penting dari IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, A. R., Sulistiawati, S., & Arifin, S. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 3(2), 6. https://doi.org/10.25157/teorema.v3i2.1557

Ibrahim. (2019). Pendekatan Ramah, Terbuka dan Komunikatif pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160

Leoh, R., Djong, K. D., & Lakapu, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 13–17. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.93

Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2017). The Construction of Mathematical Literacy Problems for Geometry. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012071). IOP Publishing.

Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153-164.

Munirah, & Putri, S. S. A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–145.

Muslim. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=hiEWEAAAQBAJ

Nabilah, F., Sunarya, Y., & Suherman. (2020). Profil Kecerdasan Emosional Siswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 4, 5. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/871

Najahah. (2015). Potensi Daya Serap Anak Didik Terhadap Pelajaran. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, Dan Teknologi, 1(2), 159–171. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/lentera/article/view/1259

Prayitno, S. H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika Abad 21. 171(November 2017), 8557. https://ejurnal.itats.ac.id/buku/article/view/1448

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995

Ramadani, R., Mustamin, S. H., & Idris, R. (2017). Hubungan Antara Kreativitas Guru Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. MaPan, 5(1), 82–95. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a6

Riyanto, S., &Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=W2vXDwAAQBAJ

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.

Savira, A. N., Fatmawati, R., & Z., M. R. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 1(1).

Septiana, S. W., Sunardi, & Oktavianingtyas, E. (2017). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Jember. Kadikma, 8(1), 105–111. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5270

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Suherman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.

Wahdah, A. Z., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika Tradisi Meron di Sukolilo dan Kaitannya dengan Pembelajaran Geometri. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 3(1), 13-26.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi Pembelajaran & Kecerdasan Emosional. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Downloads

Published

26-06-2022

How to Cite

Asyrifah Zaini Wahdah, & Putri Nur Malasari. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa?. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 123–138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093

Issue

Section

Articles