Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722Keywords:
Analisis Kesalahan, Teori Newman, Teorema Phytagoras, Soal CeritaAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik di SMP Negeri 17 Malang dalam meyelesaikan soal cerita matematika dengan pokok bahasan yaitu teorema Phythagoras yang kemudian dianalisis kesalahan dalam pengerjaan soal menggunakan dasar teori Newman. Penelitian ini menggunakan jenis riset deskriptif yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Jumlah peserta didik yang menjadi subjek penelitian berjumlah 22 peserta didik. Penggunaan teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan pedoman wawancara yang telah divalidasi oleh dua validator yaitu dosen matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan guru matematika SMP Negeri 17 Malang. Rata-rata skor akhir hasil validasi soal tes tertulis adalah 3,75 dan 3,83 dan berada pada kategori baik, yang berarti instrumen penelitian yang telah disusun peneliti valid dan layak digunakan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa jenis kesalahan yang ditunjukkan oleh peserta didik berkemampuan tinggi yaitu kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses. Jenis kesalahan yang ditunjukkan pada peserta didik berkemampuan sedang yaitu pada tahap memahami, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Sedangkan siswa berkemampuan rendah menunjukkan jenis kesalahan pada tahap membaca soal, memahami, kesalahan transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Jenis kesalahan yang memiliki frekuensi paling tinggi ditunjukkan pada tahap memahami, diikuti dengan penulisan jawaban akhir dan transformasi.
Downloads
References
Abdullah and Junardin. 2014. Analisis Kemampuan Dalam Penalaran Proporsiional Pada Siswa Kelas VII SMPN 6 Seram Barat Dalam Penyelesaian Masalah Tentang Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 13(17), 20-25. Andriana, & Sri. 2018. Analisis Pada Kesalahan Siiswa Dalam Menyelesaiikan Soal Bentuk Cerita Pada Persamaan Garis Lurrus Siswa Kelas VI di SMPN 2 Jatiroto. Jurnal Program Studii Pendidiikan Matematkia. Universitas Muhamadiyyah Surakarta. 1(4), 97- 103. Cunha, A. I., Binsasi, E., & Nahak, S. 2019. Analisis Pada Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaiikan Soal Cerita Teoreema Phytagoras Pada Siswa di SMP MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidiikan Matematika, 4(3), 86-91. Evianti, N., Masi, L. Busnawir, B., & Jafar, J.2019. Analisis Pada Kesalahan Siswa Kelas X di MTs 2 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal Bidang Lingkaran.Jurnal Pendiidikan Matematika.10(2),138-149. Farida, Nur. 2015. Analisis Pada Kesalahan Peserta Didik di SMP Kelas VIII Dalm Menyelesaiikan Masalah Soal Ceriita Matematiika. Aksiioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Mateematika.4(2),42-52. Hidayat & Sariningsih. 2018. Kemampuan Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematis & adversities quotient siswa SMP Melalui Pembellajaran open ended. JNPM (Journal Nasional Pendiidikan Matematika), 2(1), 109-118. Istiani & Hidayatulloh. 2017. Analisis Pada Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaiikan Soal Materi Banguun Ruang Sisii Datar. In Prosidings Seminars Nasional Matematiika & Pendiidikan Matematika, 1(1),129-135. Karnasih, I. 2015. Analisis Kesaalahan Newman Pada Soal Ceriita matematiis. Jurnal Paaradikma, 8(1),37-51. Mahmudah, W. 2018. Analiisis Kesalahan Siiswa Dalam Menyelesaiikan Soal Matematika Dengan Tipe Hot Berdasarkan Pada Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49-56. Magdalena, C.2020. Analiisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiikan Soal Matematiika Pada Bidang Kubus & Balok Siswa Kelas VII. Cartesius Jurnal Pendiidikan Matematika p-ISSN 2623-2251 3 (1). 71-82. Nurhayati, N., & Bernard, M. 2019. Analisis Pada Kesuliitan Siswa Dalam Memecahkan Masalaah Matematika Siwsa Kelas IX di SMK Bina Insann Bangsa. Journal on Educations.1(2), 497-502. Gejjala Global Warmming Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Jember: Jurnal Pendidiikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 123-128.
Petronela, Singeran, and Yuniar Ika Putri Pranyata. "Analisis Kesalahan Siswa Pasif Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita." Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika 1. (3) (2020): 172-181 Sari & Nurhayati. 2018 "Analisis Pada Kesalaahan Siswa SMPN Dalam Menyelesaiikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosiial." APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidiikan Matematiika. 6 (1), 54-66. Sari, W. P., Purwasi, L. A., & Yanto, Y. 2020. Analisiis Kesalahann Siswa Dallam Menyelesaikan Soal Ceriita Materi Teorrema Phytagoras. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 389-401. Savitri, A., & Yuliani, D. 2020. Analiisis Tentang Kesalahan Peserta Didik Pada Penyelesaian Permasalahan Triigonometri Ditinjau Dari Jenis Kelamin Berdasarkan Teori Newman. JPMI (Jurnal Pembelajjaran Matematiika Inovatif), 3(5), 463-474. Sing. 2018. Analisis Kesalahaan Peserta Didik Dalam Menyelesaiikan Soal Cerita Dengan Poko Bahasan Phytagoras Kelas VI SMPN 1 Karangasem Pada Tahun Ajaran 2017/2018 Jurnal Program Studii Pendidiikan Matematika. 1(3), 67-70. Trapsilo. 2016 "Analisiis Kesalahan Siswa Yang Pasif Dalam Menyelesaiikan Soal Matematiika Dengan Model Cerita. Jurnal Lebesguees Jurnal Ilmiah Pendidiikan Matematiika, Matematika & Statistika. 1(3), 172-181. Olandia & Yola. 2017 "Analisis Kesalahaan Peserta Didik Dalam Menyelesaiikan Soal Cerita Berdasarkaan Analisis Kesalahan Newman yang Ditinjau dari Tingkat Kemampuan. Jurnal Program Studi Pendidiikan Matematika 5(9), 58-62
Surur, A. M., Wahyudi, M. E., & Mahendra, M. A. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Artikulasi Sebagai Perangsang Timbulnya Kompetensi. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 2(2), 141–156.
Syamsudin, A. (2020). Analisis Kesalahan Coding Bahasa Pemrograman Java Pada Matakuliah Algoritma Pemrograman Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kediri. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 2(2), 102–114.
Widyaning, E. R. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di SMP PGRI Sumobito. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic, 2(1), 1–14. Zakiah, R., Astutiningtyas, E. & Prasetyo, H., 2019. Meningkatkan Aktivitas & Hasiil Belajar Melaluiu Proses Belajar Kooperatif Dengan Tipe Berpasangan.ABSIS: Mathematics Educations Journal, 1(2),36-43.