Problem Solving Tipe SSCS Berbantuan Schoology: Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Matematis

Authors

  • Rani Sugiarni Univeristas suryakancana
  • Royya Fawazi Durri Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.543

Keywords:

berpikir kritis matematis, schoology, Problem Solving, SSCS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS berbantuan Schoology. Quasi Expetimental dipilih sebagai metode pada penelitian ini dengan mengadopsi desain Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, Siswa X MAN 2 Cianjur dipilih sebagai populasi, sedangkan siswa X IPS 3 dan X IPS 4 sebagai sampel. Uji pada penelitian ini menggunakan uji banding dan uji gain. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving tipe SSCS berbantuan Schoology lebih baik dari segi rata-rata kelas dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 30,35%.

This study aims to find out more about how to improve students' critical thinking skills using the Schoology-assisted SSCS-type problem-solving learning model. Quasi-experimental design was chosen as the method in this study by adopting the nonequivalent control group design. In this study, students X MAN 2 Cianjur were selected as the population, and students X IPS 3 and X IPS 4 were selected as samples. In this study, comparative and gain tests were used. The results of the study found that those using the Schoology-assisted SSCS-type problem-solving student learning model were better in terms of the class average and were able to improve students' critical thinking skills by 30.35%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta: PT Diva Press.

Darin, E. Hartley. (2001). Selling E-learning, American Society for Training and Development.

Ennis, Robert H. (1996). Critical Thinking. Upper Sadlle River, NJ: Prentice Hall.

Isrok’atun, & Rosmala, Amelia. (2021). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-16.

Kurniawati, L., & Fatimah, B. S. (2014). Problem Solving Lear Ning Approach Using Search, Solve, Create And Share (SSCS) Model And The Student’s Mathematical Logical Thinking Skills. In Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences (pp. 18-20).

Luaran, J. E. (2012). Effective Web2.0 Tools for the Classroom Part 2. Shah Alam: University Teknologi MARA.

Munawaroh, K., & Auliya, N. N. F. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Sscs (Search, Solve, Create And Share) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perbandingan Di Mts Al-Hikmah Pati Tahun Ajaran 2021/2022. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1161-1170.

Nurfahrudianto, A., & Jatmiko, J. (2021) Implementasi Model Sscs (Search, Solve, Create, Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Materi Pythagoras. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2 (Vol. 2, pp. 894-898). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pujilestari, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Problem dengan Model Think-Pair- Share terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.964

Purbo, Onno Widodo & Hartanto, Antonius. 2002. Membangun Sistem E-learning. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Rahayu, D. S. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa MTs Bergender Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(1), 30–38. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i1.1586

Resty, Z. N., Muhardjito, M., & Mufti, N. (2019). Discovery Learning Berbantuan Schoology: Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 267-273.

Shadiq, Fadjar. (2014). Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudirman, N & Tabrani, A. (1987). Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sumarmo, U. (2016). Pedoman Pemberian Skor Pada Beragam Tes Kemampuan Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 1-19.

Suprijono, Agus. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Stein,B., Haynes, A., Redding, M., Ennis, T., and Cecil, M. (2007). Assessing Critical Thinking in STEM and Beyond. In M. Iskander (ed.), Innovations in E-learning, InstructionTechnology, Assessment, and Engineering Education, 79-82. © 2007 Springer.

Wulan, E. R., & Ilmiyah, N. F. (2022). Prospective Mathematics Teachers’ Critical Thinking Processes in Dealing Truth-Seeking Problem with Contradictory Information. In 2nd National Conference on Mathematics Education 2021 (NaCoME 2021) (pp. 90-100). Atlantis Press.

Downloads

Published

13-12-2022

How to Cite

Sugiarni, R., & Durri, R. F. (2022). Problem Solving Tipe SSCS Berbantuan Schoology: Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Matematis. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 52–61. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.543

Issue

Section

Articles