Pengaruh Minat Belajar Siswa dengan Sistem Daring Menggunakan Aplikasi Simpel pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMA PSM 1 Kedunggalar
DOI:
https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.554Keywords:
SIMPEL application, Mathematics learning outcomes, interest in learningAbstract
Banyak faktor yang memberikan pengaruh pada hasil belajar diantaranya adalah kecerdasan, ketertarikan dan perhatian, dorongan belajar, kesungguhan, sikap, kebiasaan belajar, serta kondisi raga dan kesehatan. Minat merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan sistem daring menggunakan aplikasi SIMPEL berkenaan dengan hasil belajar matematika . Penelitian inu merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling pada seluruh siswa kelas X SMK PSM 1 Kedunggalar. Digunakan korelasi product moment untuk menganalisis data. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan sistem daring menggunakan aplikasi SIMPEL terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK PSM 1 Kedunggalar, dengan r_hitung=0,80 dan t_hitung>t_tabel yaitu 10,18 > 1,67.
Many factors that influence learning outcomes include intelligence, interest and attention, encouragement to learn, seriousness, attitude, study habits and health. Interest is one of the most important factors to improve learning outcomes. This research aims to determine the relationship between interest in learning and the online system using the SIMPEL application on mathematics learning outcomes. This research is a quantitative research using a survey method with a correlational approach. The sampling technique in this study used purposive sampling on all students of class X SMK PSM 1 Kedunggalar. Product moment correlation is used to analyze the data. The conclusion ot the study shows that there was a positive relationship between interest in learning with an online system using the SIMPEL application on the learning outcomes of class X students of SMK PSM 1 Kedunggalar, with r_count=0,80 and t_count>t_table, that is 10,18 > 1,67.
Downloads
References
Fadillah, A. (2016). "Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". MATHLINE (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika), 1(2). 113–122. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Islamiah, I.D. (2018). "Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMK 1 Cihampelas. 01(02), 451-457
Keengwe,J., & Georgina, D. (2012). The Digital Course Training Workshop for Online Learning and Teaching. Education and Information Technologies. 17(4), 365-379. DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x
Pangestu, A.D., Samparadja, H. & Tiya, K. (2015). "Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur". Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2). 17-26. DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v3i2.3005
Siahaan, M. (2020). "Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan". Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) 1(1), 73-80. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Suriasumantri, J. S., (2009). Filsafat Ilmu (Sebuah Pengantar Populer). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Winkel, W.S., (2004) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama