Student Errors Analysis on the Subject of Class VII Algebraic Form Based on Nolting's Theory
DOI:
https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.578Keywords:
Kesalahan Siswa, Bentuk Aljabar, Teori NoltingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan yang dialami siswa kelas VII dalam bentuk aljabar berdasarkan Teori Nolting. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari 10 siswa yang diambil secara acak, kemudian 2 siswa yang memenuhi 6 indikator tipe kesalahan Nolting diwawancarai. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persentase jenis kesalahan yang dialami siswa adalah 50% mengalami misread direction errors, 20% mengalami careless errors, 10% mengalami concept errors, 25% mengalami application errors, 32,5% test taking errors, dan 7,5% mengalami study errors. Faktor penyebab kesalahan siswa adalah tidak memiliki referensi yang lengkap, kurang memperhatikan penjelasan guru, kurang mampu menangkap makna kata penting dalam soal, salah memahami soal, kurang memperdalam materi bentuk aljabar terutama dalam penerapan konsep operasi bentuk aljabar ke dalam bentuk soal cerita matematika, kurang melakukan latihan soal kontekstual, kurang teliti, terburu-buru, tidak mampu mengatur waktu pengerjaan.
The purpose of this study is to describe the types and factors that cause errors experienced by class VII students in algebraic form based on Nolting's Theory. The research method used is descriptive qualitative. The research subjects consisted of 10 students who were taken randomly, then 2 students who met the 6 indicators of the Nolting error type were interviewed. Based on the results of the study, it is known that the percentage of types of errors experienced by students is 50% experiencing misread direction errors, 20% experiencing careless errors, 10% experiencing concept errors, 25% experiencing application errors, 32.5% test taking errors, and 7.5% experienced study errors. The factors that cause student errors are not having complete references, paying less attention to the teacher's explanations, not being able to capture the meaning of important words in questions, misunderstanding the questions, not deepening algebraic form material, especially in applying the concept of algebraic operations into the form of math story questions, not doing enough. contextual practice questions, less thorough, in a hurry, unable to manage the processing time.
Downloads
References
Aisyah, F. N. K., Hariyani, S., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita berdasarkan kriteria watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11–22.
Aroysi, G. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bertipe PISA Berdasarkan Teori Nolting. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-MIA di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. 2(1), 346–359.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238.
Cahyani, C. A., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 2(1), 26–30.
Darmawati, D., Irawan, E. B., & Chandra, T. D. (2017). Kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat berdasarkan teori Nolting. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016. hlm. 1–8.
Fathiyah, I. (2020). Analisis Kualitatif Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Tipe HOTS Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Faturrochmah, H., Sary, R. M., & Azizah, M. (2021). Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 310–321.
Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. PEDIR: Journal of Elementary Education, 1(2), 28–40.
Fitriani, D., Halini, H., & Suratman, D. (2021). Analisis Kesalahan. Siswa. Dalam Pembuktian Pernyataan Matematika Menggunakan Induksi Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(6), 1–8.
Hanifaturrochmah, R. M. S., & Azizah, M. (2021). Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa Kelas IV SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 310–321.
Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.
Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.
Muda, H. H., Alhaddad, I., & Saidi, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2), 195–204.
Nolting, P. D. (2012). Math study skills workbook: Your guide to reducing text anxiety and improving study strategies (4th ed). Brooks/Cole, Cengage Learning.
Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87.
Nuraini, N. L. S., Suhartono, S., & Yuniawatika, Y. (2017). Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 168–175.
Prianto, H., Hidayanto, E., & Rahardjo, S. (2019). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Logaritma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(10), 1281–1292.
Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1–9.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165–174.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.
Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, F. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 42–49.
Sari, I., Dwi, W., & Nurmia, J. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Fluida Dinamis Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Kognitif. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 55–68.
Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 423–432.
Suprihatiningsih, S. (2015). Penalaran Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Faktorisasi Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. hlm. 157–163.
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80.
Jun, V., Hariyani, S., & Murniasih, T.R. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Laily Azizah, Miftahul Khoiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.