Profil Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Muzayyanatul Jannah IAIN Kediri
  • Dwi Shinta Rahayu IAIN Kediri
  • Eka Resti Wulan IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.618

Keywords:

Literasi Matematika, Prestasi Belajar, Soal Cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes tertulis dan wawancara. Penelitian ini diambil di SMP Negeri 1 Kandat dengan subjek berjumlah 6 orang. Keabsahan data dicek melalui triangulasi teknik dan member check. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan prestasi belajar tinggi mampu merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan dalam menyelesaikan soal cerita pada seluruh level literasi matematis. Subjek berprestasi belajar sedang mampu merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan dalam menyelesaikan soal cerita level literasi matematis 1-2 dan 3-4 saja. Pada level 5-6, subjek tidak mampu menggunakan konsep matematika secara tepat. Subjek berprestasi belajar rendah hanya mampu merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan dalam menyelesaikan soal cerita pada level literasi matematis 1-2 saja. Pada level lainnya, subjek tidak mampu menggunakan konsep dan prosedur matematika secara tepat.

 

This study aimed to describe Junior High Schools Students’ mathematical literacy in solving word problem based mathematics learning achievement. This research was a descriptive qualitative. The data were collected through written tests and interviews. This research took place in SMP Negeri 1 Kandat, with 6 subjects. The validity of the data was checked by using triangulation technique and member check. The data were analyzed through data reduction, data presentation, and verification.  The results showed that students with high learning achievement were able to formulate, employed, and interpreted when solving word problem for all level of mathematical literacy. Student with Moderate learning achievement were able to formulate, employed, and interpreted when solving word problem for level 1-2 dan 3-4 of mathematical literacy. In solving problem for level 5-6, subjects failed to employed mathematical concept. Subjects with low learning achievement were able to formulate, employed and interpreted when solving word problem only for level 1-2 of mathematical literacy. For other levels, subjects failed to employed mathematical concepts and procedures.

References

Antoro, Boeriswati, & Leiliyanti. (2021). Hubungan Antara Kegiatan Literasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 107 Jakarta. 6, 145–157.

Astuti. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prisma, 1(1), 263–268.

Astuti, A., & Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 9(1), 31–33. https://doi.org/10.1016/0749-6036(91)90087-8

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. J. Cendekia J. Pendidik. Mat., 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3, 313–322. https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.3379

Farida, Rohmah Nila, Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05, 2802–2815.

Fatmawati. (2019a). Kemampuan Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Perbedaan Gender.

Fatmawati, D. A. (2019b). Kemampuan Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Perbedaan Gender.

Handayani, K. (2017). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan PemecahanMasalah Soal Cerita Matematika. Seminar NasionalMatematika: Peran Alumni MatematikadalamMembangunJejaringKerjadanPeningkatanKualitasPendidikan, 325–330.

Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNY 2015, 713–720.

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206.

Kenedi, A. K., & Helsa, Y. (2018). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Guru Sekolah Dasar: Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-An, 167.

Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. J. Deriv. J. Mat. Dan Pendidik. Mat., 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian Kualitatif (F. Annisya & Sukarno, Eds.). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 493–504. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p493-504

Masita. (2020). Kesulitan, Analisis Dalam, Siswa Cerita, Soal Sosial, Aritmatika Studi, Program Matematika, Tadris Tarbiyah, Fakultas Keguruan, D A N Islam, Universitas Sulthan, Negeri Jambi, Saifuddin.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Miviani, H., Darmono, P. B., & Purwaningsih, W. I. (2020a). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 2–5.

Mulyadi, Riyadi, & Subanti, S. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembeljaran Matematika, 3(4), 370–382.

OECD. (2019). Pisa 2018 results (volume i): What students know and can do. Paris: Oecd Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. https://www.oecd-ilibrary.org/content/publication/b25efab8-en

Rahayu, D. S. (2019). PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA MTS BERGENDER PEREMPUAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH. Factor M, 2(1). https://doi.org/10.30762/f_m.v2i1.1586

Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa). JIPMat, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237

Rowanti, A. (2020). Analisis Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Kecepatan Dan Jarak Siswa Kelas Vsdn Balung Lor 03. 68–74.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Ulya, F., & Wordono, S. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596.

Wahyuddin, W., & Ihsan, M. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah Se-Kota Makassar. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2213

Wulan, E. R., & Astuti, F. (2022). Mathematical Literacy with Islamic Nuances Based on Prospective Mathematics Teachers’ Personality. Jurnal Didaktik Matematika, 9(2), 230–247.

Downloads

Published

14-12-2022

How to Cite

Jannah, M., Rahayu, D. S., & Wulan, E. R. (2022). Profil Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prestasi Belajar Matematika. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 62–77. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.618

Issue

Section

Articles