Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal TIMMS Konten Aljabar Ditinjau dari Pengetahuan Metakognitif

Authors

  • Laila Nur Cahyani STKIP PGRI Lumajang
  • Lukman Jakfar Shodiq STKIP PGRI Lumajang
  • Devi Rahayu Agustin STKIP PGRI Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.646

Keywords:

Literasi Matematika, Metakognisi, TIMSS, Aljabar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar ditinjau dari pengetahuan deklaratif, prosedural, dan kondisional berdasarkan indikator kemampuan literasi matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan kemampuan literasi matematis siswa.  Sebanyak 9 siswa SMP kelas VIII-B Islam Kunir menjadi subjek dalam penelitian ini. Data dikoleksi menggunakan kuesioner pengetahuan metakognisi, tes kemampuan literasi matematika, serta lembar wawancara. Dihasilkan bahwa siswa dengan pengetahuan deklaratif dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar hanya mampu merumuskan masalah nyata dalam pemecahan masalah matematika. Siswa berpengetahuan prosedural dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar tergolong tidak mampu pada semua indikator. Pada siswa berpengetahuan kondisional dalam menyelesaikan soal TIMSS konten aljabar hanya mampu merumuskan masalah nyata dalam pemecahan masalah matematika. Siswa belum mampu menggunakan matematika, menafsirkan dan mengevaluasi solusi matematika.

The study's objective was to ascertain the mathematical literacy abilities of the students in solving algebraic content TIMSS questions in terms of declarative, procedural, and conditional knowledge based on indicators of mathematical literacy ability. A qualitative descriptive method is used in the research to examine students' mathematical literacy skills. A total of 9 students of class VIII-B Islam Kunir became the subjects of this study. Data were collected using metacognition knowledge questionnaires, mathematical literacy ability tests, and interview sheets. It was found that students with declarative knowledge in solving TIMSS algebraic questions were only able to formulate real problems in solving mathematical problems. Students with procedural knowledge in solving TIMSS questions with algebraic content are classified as unable on all indicators. Students with conditional knowledge in solving TIMSS questions with algebraic content are only able to formulate real problems in solving mathematical problems. Students have not been able to use mathematics, interpret and evaluate mathematical solutions..

References

Abdullah, R., & Soemantri, D. (2018). Validasi metacognitive awareness inventory pada pendidikan dokter tahap akademik. EJKI, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.23886/ejki.6.8621.1

Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.182

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fitriyanto, S. (2016). Peran Metakognisi Untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 377–386. http://eprints.umk.ac.id/270/1/53_-_64.PDF

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper, 562–569. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n438

Hodiyanto. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX dalam Mengerjakan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 3(1), 51–63. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/download/252/250

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Kemendikbud. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah.

Lestari, Y. D. (2012). Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. MATHEdunesa, 1(1).

Mullis, I. V., & Martin, M. O. (2019). PIRLS 2021 Assessment Frameworks. International Association for the Evaluation of Educational Achievement.

Mullis, I. V., & Martin, M. O. (2013). TIMSS and PIRLS 2011: Relationships among Reading, Mathematics, and Science at the Fourth Grade-Implication for Early Learning. International Association for the Evaluation of Educational Achievement.

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Puspendik.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sari Dwi, C. (2015). Karakteristik Soal TIMSS. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny , 303–308.

Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15–26. https://inomatika.unmuhbabel.ac.id/index.php/inomatika/article/view/316

Shodiq, L. J., & Rokhmawati, A. (2021). Development cognitive neuroscience based learning to use lesson study for learning community to increase mathematical literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 12022.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 23.

Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatkan_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia

Wahyuningsih, S. (2020). Pengembangan Keterampilan Literasi dan Penumbuhan Karakter Pada Peserta Didik Sebagai Calon Enterpreuner. Direktorat Sekolah Dasar. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pengembangan-keterampilan-literasi-dan-penumbuhan-karakter-pada-peserta-didik-sebagai-calon-enterpreuner

Widyaning, E. R. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP PGRI Sumobito. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(1), 1-14.

Wulan, E. R., Subanji, S., & Muksar, M. (2021). Metacognitive failure in constructing proof and how to scaffold it. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 295-314. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9590

Wulan, E. R., & Astuti, F. (2022). Mathematical Literacy with Islamic Nuances Based on Prospective Mathematics Teachers’ Personality. Jurnal Didaktik Matematika, 9(2), 230-247. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i2.26975

Zaelani, K. M., Warmi, A., & Ruli, R. M. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berbasis TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1).

Downloads

Published

13-12-2022

How to Cite

Cahyani, L. N., Shodiq, L. J., & Agustin, D. R. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal TIMMS Konten Aljabar Ditinjau dari Pengetahuan Metakognitif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 31–51. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.646

Issue

Section

Articles