Students' errors in solving linear program problems according to Newman's Theory in terms of gender

Authors

  • Ucik Fitri Handayani Al-Qolam University Malang, Malang, East Java, Indonesia
  • Lailatul Anggraini Al-Qolam University Malang, Malang, East Java, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/f_m.v7i1.1981

Keywords:

Errors, Gender, Linear Program, Newman's Theory

Abstract

Tujuan penelitian yakni untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah kontekstual program linear menurut Teori Newman ditinjau berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini 21 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki kelas XI IPA MA Mambaul Ulum. Pengumpulan data melalui tes satu masalah dan wawancara terstruktur. Validasi instrumen dilaksanakan kepada dosen ahli. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menerapkan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa perempuan berada pada kategori cukup sedangkan siswa laki-laki berada pada kategori sangat tinggi. Kesalahan paling tinggi siswa perempuan pada kesalahan perhitungan dan penulisan jawaban, sedangkan siswa laki-laki paling tinggi pada kesalahan transformasi. Siswa laki-laki melakukan kesalahan pada semua indikator. Tidak ada siswa perempuan dengan kesalahan membaca. Guru dapat membiasakan permasalahan matematika kontekstual kepada siswa agar terbiasa dan meminimalisir kesalahan. Penelitian terbatas pada analisis kesalahan siswa, untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan strategi untuk meminimalisir kesalahan siswa.

The aim of this research is to describe students’ errors in solving linear programmes contextual problems according to Newman's Theory based on gender. This research is descriptive qualitative. The subjects of this research were 21 female students and 10 male students of class XI IPA MA Mambaul Ulum. Data were collected through one problem test and structured interview. Instrument validation was carried out to expert lecturers. Steps in data analysis are data reduction, presentation and conclusion drawing, while data validity test applied triangulation technique. The results showed that the average percentage of female students' errors was a moderate category, while male students were classified as very high. The highest error of female students in calculation errors and answer writing, while male students are highest in transformation errors. Male students made errors in all indicators. There were no female students with reading errors. Teachers can familiarise contextual mathematics problems to students to get used to and minimise errors. The research is limited to analysing student errors, for further research, strategies can be carried out to minimize student errors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, K., Kamid, K., & Hariyadi, B. (2021). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan Newman Error Analysis ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2053–2064. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.692

Andriyani, A. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear ditinjau dari gaya kognitif siswa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252

Asiasi, M. F., Masyhudi, M. S., & Alfarisi, R. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Teori Newman topik jarak dan kecepatan di kelas V SDN Jember Lor 03. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1), 12–29. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i1.25763

Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503

Azizah, L., & Khoiri, M. (2022). Student errors analysis on the subject of class VII algebraic form based on Nolting’s Theory. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 78–96. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.578

Budiyanto, S. A. P., & Abduh, M. (2023). Pola kesalahan pengerjaan soal cerita matematika siswa sekolah dasar berbasis gender. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 3000–3013. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7626

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 709–718. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.709-718

Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Prosedur Polya. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 253–264. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7747

Handayani, U. F., Hakim, W., & Putri, A. O. (2022). Analisis kesalahan mahasiswa dalam pembuktian identitas trigonometri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 27–42. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4146

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219–228. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis kesalahan siswa SMP pada penyelesaian masalah sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035

Jun, V., Hariyani, S., & Murniasih, T. retno. (2022). Analisis kesalahan peserta didik dalam penyelesaian soal cerita teorema pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722

Kristiani, J., Fadillah, S., & Hodiyanto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika pada kitab hukum adat dayak mayan. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.56842/dikmat.v2i02.80

Muchlian, M. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar ditinjau dari perbedaan gender (studi kasus pada siswa kelas VII SMPN 2 Pariaman). Menara Ilmu, XIII(6), 124–136. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v13i6.1410

Nikmatin, Purwasih, S. M., & Rahayu, S. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Tahapan Kastolan ditinjau dari perbedaan gender. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 121–128. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v5i2.499

Pradini, W. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481

Putri, S., Husna, A., & Agustyaningrum, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret berdasarkan Teori Newman ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1548–1561. https://doi.org/tps://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.637

Rahma, S. M., Zuhri, M. S., & Prayito, M. (2023). Analisis kesalahan siswa berdasarkan Tahapan Newman dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan jenis kelamin dan hasil belajar matematika siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 05(02), 115–128. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i2.12723

Salim, M. S., & Mahmudah, U. (2021). Newman ’ s Error Analysis untuk memetakan tingkat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dan penyebabnya. Circle: : Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 1-15.https://doi.org/https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.3532

Samo, D. D., Darhim, D., & Kartasasmita, B. (2017). Developing contextual mathematical thinking learning model to enhance higher-order thinking ability for middle school students. International Education Studies, 10(12), 17–29. https://doi.org/10.5539/ies.v10n12p17

Saputri, R. R., Sugiarti, T., Murtikusuma, R. P., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi fungsi berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP kelas VIII. Kadikma, 9(2), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v9i2.9710

Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan trigonometri ditinjau dari gender berdasarkan Newman. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 463–474. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25p

Septian, A. N. F., Ariyanto, L., Wulandari, D., & Ariyanto, L. (2022). Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berupa soal cerita berdasarkan Newman ’ s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Gender. Imajiner : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 86–97. https://doi.org/journal.upgris.ac.id/index.php/imajine

Suratih, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newman’s Error Analysis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111–123. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990

Vahlia, I., Setiawati, N. N., Rahmatunnisa, N., & Susanti, R. (2021). Analisis kesalahan siswa ditinjau dari perbedaan gender dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial berdasarkan Kriteria Watson. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 148–160. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/emteka.v2i2.1162

Wijaya, L. M. S., Subarinah, S., Amrullah, & Hayati, L. (2023). Analisis kesalahan menurut newman dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika ditinjau dari jenis kelamin. JCAR: Journal of Classroom Action Research, 5(3), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4749

Zulfayanto, I., Lestari, S., Ilmiah, T., & Mustangin. (2021). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah himpunan siswa SMP kelas VII ditinjau dari gender. MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 33–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.172

Downloads

Published

01-06-2024

How to Cite

Handayani, U. F., & Anggraini, L. (2024). Students’ errors in solving linear program problems according to Newman’s Theory in terms of gender. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 7(1), 139–155. https://doi.org/10.30762/f_m.v7i1.1981