Analysis of students' mathematical communication skills in terms of learning styles through realistic mathematics learning
DOI:
https://doi.org/10.30762/f_m.v7i1.1832Keywords:
Learning Style, Mathematical Communication Skills, Realistic Mathematics LearningAbstract
Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar matematika adalah dengan memahami kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal tersebut dapat dioptimalkan apabila guru mengetahui pula jenis gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Cara lain adalah dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai, diantaranya adalah model pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari gaya belajar melalui pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jumlah subjek 44 siswa XI MIA 2 MAS SIMBANGKULON. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase kemampuan komunikasi matematis yang paling dominan pada gaya belajar visual, auditorial, read/write dan kinestetik adalah pada indikator ketiga, yaitu mengungkapkan ide-ide matematis dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Dilain pihak, penyebab kesulitan siswa dalam berkomunikasi matematis adalah bervariasi, tetapi yang paling dominan untuk setiap kelompok gaya belajar adalah sama, yaitu kekurangtelitian.
One of the efforts to improve mathematics learning outcomes is to understand students' mathematical communication skills. This can be optimized if teachers also know the types of learning styles that students have. Another way is to apply appropriate learning, including the realistic mathematics learning model. Based on this, a study was conducted to analyze students' mathematical communication skills in terms of learning styles through realistic mathematics learning. This type of research is qualitative research with the number of subjects 44 students XI MIA 2 MAS SIMBANGKULON. The data collection techniques used were questionnaires, tests, and interviews. The results showed that the most dominant percentage of mathematical communication skills in visual, auditorial, read/write and kinesthetic learning styles was in the third indicator, namely expressing mathematical ideas in solving everyday problems. On the other hand, the causes of students' difficulties in communicating mathematically are varied, but the most dominant for each learning style group is the same, namely lack of rigor.
Downloads
References
Asri, A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Program Studi Pendidikan Matematika (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
Astri, N. H. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bissappu. Published Thesis. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar).
Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self concept siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 033-046. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.10031
Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar Kolb. Edupedia, 3(1), 17-31. DOI: http://dx.doi.org/10.24269/ed.v3i1.232
Dianti, A. P., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita siswa Kelas IV SD Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 16-24. DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44
Erawati, N. K., & Putri, N. W. S. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam penyelesaian masalah ditinjau dari gaya belajar. Prosiding Senama PGRI. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI BALI, (hal. 50-59). Bali: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI. Diakses dari https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/senama/article/view/328
Haryono, A. R. (2021). Identifikasi Gaya Belajar Vak (visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Singingi Hilir Tahun Pembelajaran 2018/2019. (Thesis Doctoral, Universitas Islam Riau). Diakses dari: https://repository.uir.ac.id/7358/
Labina, B. E., & Resi, B. B. F. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Realistik. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 78-87. https://doi.org/10.38114/riemann.v2i2.101
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Lintang, L., Febriyanti, D., Furqoni, M. D. H., & Sihotang, V. R. B. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah polya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer (Vol. 3, pp. 1-10).
Mahfudhah, A., Hamidah, D., & Wulan, E. R. (2022). E-Modul Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Realistik untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(1), 35-60.
Nasriyah. (2019). Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas VI SDN Parung Panjang 02 Kecamatan Parung Panjang. Pedagogiana, 5(8), 10–18.
Novferma, N., Mujahidawati, M., & Setiana, E. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah pada materi spltv. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 131-146. DOI : https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.18419
Paroqi, L. L., Mursalin, M., & Marhami, M. (2020). The implementation of realistic mathematics education approach to improve students’ mathematical communication ability in statistics course. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(10). DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i10.3311
Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi Analisis Korelasi dan Regresi menggunakan Pearson Product Moment dan Simple Linear Regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97-103.
Sholihah, N., & Aini, A. N. (2023). Students’ mathematical reasoning ability with visual, auditorial and kinesthetic learning styles in solving HOTS problems. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(1), 49–66. https://doi.org/10.30762/factor_m.v6i1.1108
Sibarani, G., Simanjorang, M. M., & Mukhtar, M. (2022). Analisis kesulitan komunikasi matematis dengan penerapan pembelajaran matematika realistik di Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3459-3468. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1517
Yuliyanti, R. S., Masykur, R., & Suri, I. R. A. (2021). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis: dampak pendekatan matematika realistik ukuk e h (PMRI) bernuansa islami. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 23-29. Diakses dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPTM/article/view/4082/3213
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indika Irkhamni, Muhammad Najibufahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.