Systematic literature review : Overview of the implementation of interactive multimedia on learning outcomes in mathematics learning
DOI:
https://doi.org/10.30762/f_m.v7i1.2139Keywords:
interactive multimedia, math learning outcomes, systematic literature reviewAbstract
Multimedia interaktif telah menjadi sarana efektif dalam media pembelajaran. Dalam mata pelajaran matematika, multimedia interaktif dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan pemahaman yang berkaitan dengan hasil belajar matematika. Melibatkan elemen – elemen multimedia seperi animasi, suara, video dan simulasi dapat membuat siswa ikut andil dalam menggambarkan konsep - konsep matematika dengan cara yang lebih visual dan dinamis. Akan tetapi, pendidikan matematika di Indonesia masih terbatas dalam menggunakan multimedia interaktif, sehingga peneliti ingin mengidentifikasi dan memberikan gambaran yang luas tentang penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review.Studi primer yang digunakan yaitu artikel yang dipublikasikan periode 2019-2023. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa terdapat 188 artikel mengenai penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar matematika pada semua jenjang pendidikan dengan 4 jenis multimedia interaktif. Ditemukan artikel yang berindeks Sinta X merupakan artikel terbanyak dalam publikasi dengan demografi penelitian tertinggi di Pulau Jawa. Penelitian dengan metode Research and Development merupakan penelitian yang paling banyak ditemukan.
Interactive multimedia has become an effective means of learning media. Interactive multimedia in mathematics learning can contribute to increasing understanding related to mathematics learning outcomes. Involving multimedia elements such as animation, sound, video and simulations can make students take part in depicting mathematical concepts in a more visual and dynamic way. However, mathematics education in Indonesia is still limited in using interactive multimedia, so researchers want to identify and provide a broad picture of the use of interactive multimedia on student learning outcomes in mathematics learning. The research method chosen in this research is Systematic Literature Review. This research aims to systematically present and analyze relevant literature that has been published on this topic. The primary study used is articles published in the 2019-2023 period. Based on this research, it was found that there were 188 articles regarding the use of interactive multimedia on mathematics learning outcomes at all levels of education with 4 types of interactive multimedia. It was found that articles with the Sinta X index were the most articles in publications with the highest research demographics on the island of Java. Research using the Research and Development method is the research that is most often found
Downloads
References
Aminuddin, M., Yusuf T, M., & Sulasteri, S. (2016). Efektivitas Penerapan Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran , 61 - 74.
Arofah, S., & Rinaningsih. (2021). Meta Analisis Efektivitas Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Cognitive Skill Peserta Didik Dalam Belajar Kimia. Journal of Chemical Educaion (UNESA), 84 - 93 .
Derlini, Siagian, T., Manullang, S. O., Nur, M., Syah, S. P., & Saputra, A. A. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks SINTA. Communnity Developement Journal, 9541 - 9545.
Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura Journal Of Mathematics Education, 83-89.
Ginting , Y. F., & Simamora, H. (2021). Penggunaan E-Book Dalam Pembelajarandi Sekolah Dasar. Edu Cendikia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 36 - 39.
Hadijah, S. (2018). Analisis Respon Siswa dan Guru terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Nurmeracy, 76 - 183.
Idris, M., Suroyo, Saabighoot, Y. A., & Hountman. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil BelajarMatematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SD. Jurnal Nuansa Akademik : Jurnal Pembangunan Masyarakat, 35 - 44.
Kartika, H. (2014). Pembelajaran Matematika berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 24 - 35.
Kurniawan, D. T., & Marliani, L. (2014). Pembelajaran Matematika Konsep Aljabar Terhadap Siswa Kelas VII SLTP Melalui Website Interaktif. Jurnal Delta, 89 - 94.
Laknasa, D. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A., Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 103 - 108.
Marjuni, A., & Harun , H. (2019). Penggunaan Multimedia Online dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 194 - 204.
Maulida, N., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2018). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 28 - 3.
Muriyatmoko, D. (2018). Pengaruh Indeksasi Doaj Terhadap Sitasi Pada Jurnal Terakreditasi SInta Menggunakan Analisis Regresi Linier. Jurnal SimanteC, 31 - 38.
Nurhaina, R., Ikhsan, M., & Suhartati. (2019). Kecemasan Matematika Siswa dengan PenerapanModel Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 244 - 252.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 171 - 187.
Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Scholaria, 131 - 149.
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I., & Mahadewi, L. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Undiksha, 60 - 68.
Pratiwi, D., Larasati, A. N., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Abad-21. BEST JOURNAL :Biology Education Science & Technology, 211 - 216.
Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 196 - 208.
Saputra, A. (2020). Pemanfaatan Science and Technology Index (SINTA) untuk Publikasi Karya Ilmiah dan Pencarian Jurnal Nasional Terakreditasi. Media Pustakawan , 56 - 68.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 58 - 67.
Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 277 - 293.
Syofra, A. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Matematics Paedagogic, 84 - 90.
Tanaamah, A. R., Wijaya, A. F., & Maylinda, S. A. (2021). Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Sektor Publik : Penyelarasan Teknologi Informasi Dengan Visi Kepemimpinan. Jornal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1319 - 1330.
Tirandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS).
Umar, L. M., & Nursalim, M. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal BK Unesa, 599 - 609.
Utomo, F. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3635 - 3645.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Woro Anglia Banda Sutomo, Turmudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.