Development of scientific-based interactive multimedia with polyhedron material

Authors

  • Rosa Fachma Rani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Muhammad Khoiril Akhyar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Nur Fadilatul Ilmiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Hatıra Günerhan Kafkas University, Turkey

DOI:

https://doi.org/10.30762/f_m.v7i2.3767

Keywords:

Interactive multimedia, Polyhedron, Scientific

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis saintifik dengan materi bangun ruang sisi datar. Lima langkah Model pengembangan ADDIE— Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation — digunakan sebagai prosedur pengembangan oleh peneliti dimana model tersebut merupakan salah satu Model pada penelitian R&D (Research and Development). Dengan skor rata-rata 92,2% dari ahli materi dan 87,1% dari ahli media, hasil tersebut menunjukkan produk yang dirancang valid. Pada Uji kepraktisan produk, didapatkan  skor rata-rata 90,2% yang menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan praktis. Rumus n-gain digunakan untuk menentukan efektivitas produk. Berdasarkan uji tersebut diperoleh hasil 0,67 dalam pengujian skala kecil dan dalam pengujian skala besar sebesar 0,64. Kedua hasil tersebut termasuk dalam kriteria sedang, yang artinya produk yang dikembangkan cukup efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan dapat diaplikasikan dengan baik dalam pembelajaran serta mendapat respon yang baik dari peserta didik.

 

The purpose of this research is to develop a scientific-based interactive multimedia with polyhedron material. The researchers used one of R&D (Research and Development) model as development procedures, that is Five steps of the ADDIE development model— Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. With an average score of 92.2% from expert material and 87.1% from experts media, these results indicate that the designed product is valid. In the product practical test, an average score of 90.2% was obtained, which shows that the product produced is practical. The n-gain formula is used to determine the product effectiveness. Based on this test, the results obtained were 0.67 in small scale testing and 0.64 in large scale testing. Both of the results are included in the medium criteria, which means that the product developed is quite effective. The study's findings demonstrate that the created products are of excellent quality, can be effectively used to enhance learning, and get positive feedback from students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S. P., Naswir, M., & Harizon, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektolit. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 9–15. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i1.8570.

Anisah, S., Sampoerno, P. D., & Hajizah, M. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software Construct 2 di Kelas VII SMP Negeri 137 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 37–46. https://doi.org/10.21009/jrpms.032.05.

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10635.

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135.

Aulia, A., & Masniladevi. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 602–607. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/991.

Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391–400. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.461

Della, R., Marsinah, D. F. N., Rizka, N. H., Nova, N. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tajwid Berbasis Android. Jurnal Vokasi Informatika, 3(1), 21-29. DOI: https://doi.org/10.24036/javit.v3i1.20.

Ependi, A., Purwasi, L. A., & Adha, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Saintifik. . . Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 26–39. https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1264.

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education, 3(2), 503–511. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2797.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47–59. https://doi.org/10.29300/equation.v4i1.4027.

Irkhamni, N., & Najibufahmi. (2024). Analysis of students' mathematical communication skills regardinglearning styles through realistic mathematics learning. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 7(2), 19-36. http://doi.org/10.30762/f_m.v7i1.1832.

Liusman, A. F., & Arijanto, R. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Website. Jurnal Algor, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.31253/algor.v4i1.1548.

Ningrum, H. U., Mulyono, Isnarto, & Wardono. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. Prisma, 2, 679-686. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29237.

Novitasari, D., Trisnowali, A., Hamdani, D., & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JES-MAT, 7, 1–16. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916.

Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, F. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Maju, 7(1), 98-102. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/436

Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380–2391. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.797.

Okvireslian, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Kepada Peserta Didik Paket B UPTD SPNF SKB Kota Cimahi. Jurnal Comm-Edu, 4(3), 131–138. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7220.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. urnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631.

Risti, D. (2021). Pengembangan Komik Interaktif Soal Cerita Matematika Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Symetry Journal, 6(2), 204-220. https://doi.org/10.23969/symmetry.v6i2.4788.

Saharoh, S. L., Anzani, Y. A., Chusni, M. M. (2022). Efektifitas Zoom Meetingssebagai Media Pembelajaran Online. JPSP, 2(2), 175-179. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.3999.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis PowerPoint materi aljabar pada pembelajaran matematika SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Sari, E. R., Es., Y. R., & Vahlia, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Android dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Materi Koordinat Kartesius. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 61–72. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i1.764.

Saski, N. H., & Sudarwanto, Tri. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1118-1124.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332.

Tulim, A. & Helman, H. (2022). Keuntungan dan Kerugian Pemanfaatan Aplikasi Dropbox dalam Sinkronisasi Data. AFOS-JLAS, 2(4), 15-21. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i4.469.

Umam, M. A. K., Iriani, D., & Noverma. (2024). Development of Problem-Based Learning (PBL) based mathematics comic media using Pixton to improve students' mathematical problem-solving skills in class VIII junior high school TVLES material. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 7(1), 92-103. http://doi.org/10.30762/f_m.v7i1.2623.

Downloads

Published

31-12-2024

How to Cite

Rani, R. F., Akhyar, M. K., Ilmiyah, N. F., & Günerhan, H. (2024). Development of scientific-based interactive multimedia with polyhedron material. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 7(2), 50–68. https://doi.org/10.30762/f_m.v7i2.3767