The capacity of Islamic senior high school students to comprehend mathematical ideas and solve matrix problems

Authors

  • Ucik Fitri Handayani IAI AL-QOLAM MALANG
  • Lailatul Anggraini

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v6i1.1056

Keywords:

Matrix, Conceptual Understanding Ability

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep dalam mata pelajaran matematika sangat diperlukan oleh setiap siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MA dalam menyelesaikan soal matriks. Penelitian dilaksanakan pada 53 siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum Banjarejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian yakni Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam setiap indikator berbeda-beda. Persentase indikator kemampuan pemahaman konsep siswa pada indikator ke-1 yakni 72%, indikator ke-2 yakni 93%, indikator ke-3 yakni 83%, indikator ke-4 yakni 88%, indikator ke-5 yakni 60%, indikator ke-6 yakni 55% dan indikator ke-7 yakni 60%. Persentase indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang paling tinggi adalah merepresentasikan suatu konsep dalam berbagai bentuk matematis. Sedangkan, persentase indikator kemampuan pemahaman konsep siswa yang paling rendah yakni menerapkan prosedur atau operasi matematika dalam menyelesaikan soal. Guru dalam proses pembelajaran disarankan untuk tidak hanya menekankan pada hafalan, akan tetapi pada pemahaman konsep siswa.

 

The ability to understand concepts in mathematics is needed by every student. The purpose of this study was to describe the ability to understand mathematical concepts of MA students in solving matrix problems. The research was conducted on 53 students of class XI at MA Mambaul Ulum Banjarejo. Data collection techniques used were tests and interviews. The results of the research are the ability to understand students' mathematical concepts in each indicator is different. The percentage of students' concept understanding ability indicators on the 1st indicator is 72%, the 2nd indicator is 93%, the 3rd indicator is 83%, the 4th indicator is 88%, the 5th indicator is 60%, the 3rd indicator 6 is 55% and the 7th indicator is 60%. The highest percentage of student's ability to understand mathematical concepts is representing a concept in various mathematical forms. Meanwhile, the lowest percentage of students' concept comprehension indicators is applying mathematical procedures or operations in solving problems. Teachers in the learning process are advised not only to emphasize memorization but also to understand students' concepts.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S., Ainin, N., Quamila, N. N., & Pramuditya, S. A. (2020). Analisis Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMK Pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 2, 221–231.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422.

Anih, E. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP-IT ALAMY SUBANG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 221–228.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Derfia, J., Gusmania, Y., & Hanggara, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Trigonometri Kelas X IPS 2 SMAN 17 Batam. Cahaya Pendidikan, 6(2), 128–138. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2794

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Handayani, U. F. (2021). KREATIVITAS SISWA KEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL. Pi: Mathematics Educations Journal, 4(2), 91–101.

Handayani, U. F. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Nu Sunan Ampel Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Geometri [Mathematics Representation Ability of Nu Sunan Ampel Junior High School Students in Solving Geometry Contextual Problems]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 74–89. https://doi.org/10.19166/johme.v6i1.5369

Hernawati, L., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Penerapan E-Learning Berbasis Google Classroom. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1616–1625. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.683

Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 123–136. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1669

Khairani, B. P., Maimunnah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Kristanti, F., Isnarto, & Mulyono. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Seminar Nasional Pacasarjana, 618–625.

Kusumaningrum, S. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analyzing Students’ Understanding of Mathematical Concept About Two-Dimensional Figures At Grade Iii of Elementary Schools in Serang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1142–1151. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8417

Manul, M. G., Susilo, D. A., & Fayeldi, T. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV KELAS X. 1(4), 45–53.

Munasiah. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Aljabar. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(3), 73–79.

Puka, A. O. B., Weking, M. K., & Betan, P. R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA KELAS XI BUDAYA DI SMAK St. FRANSISKUS ASISI LARANTUKA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 3(1), 12–23. https://doi.org/10.53395/jppms.v3i1.238

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI HIMPUNAN : STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 CIBADAK. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93–102.

Siki, D., Djong, K. D., & Jagom, Y. O. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Leibniz : Jurnal Matematika, 1(1), 36–43. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1914

Suraji, Maimunah, & Seragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 197–202. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.417

Published

28-06-2023

How to Cite

Handayani, U. F., & Anggraini, L. (2023). The capacity of Islamic senior high school students to comprehend mathematical ideas and solve matrix problems. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(1), 67–81. https://doi.org/10.30762/factor_m.v6i1.1056

Issue

Section

Articles