Analysis of students' critical thinking errrors in solving Algebra material problems

Authors

  • Bayu Hadi Mulyanto Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • I Ketut Suastika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Nur Farida Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v6i1.1087

Keywords:

Analysis, Critical Thinking, Facione, Newman, Algebra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik menyelesaikan soal aljabar menggunakan indikator gabungan berpikir kritis Facione dan tahapan Newman. Subjek terdiri dari 29 peserta didik dan hanya 6 peserta didik yang diwawancara serta di analisis berdasarkan kategori berpikir kritis tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, dan catatan lapangan. Triangulasi metode digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian indikator gabungan kemampuan berpikir kritis dan tahapan Newman yang diperoleh dari peserta didik yang paling tinggi yaitu indikator menginterpretasi, membaca, dan memahami sebesar 89%. Sedangkan undikator yang paling rendah adalah menginferensi dan penulisan 46%.

The purpose of this study was to analyze students' critical thinking skills in solving algebraic problems using the combined indicators of Facione's critical thinking and Newman's stages. The subjects consisted of 29 students and only 6 students were interviewed and analyzed based on high, medium, and low critical thinking categories. The collection of data used in this study includes tests, interviews, and field notes. The triangulation method is used to check the validity of the data. The results of the study showed that the combined indicator achievement of critical thinking skills and Newman's stage was obtained from the highest students, namely interpretation, reading, and understanding indicators of 89%. While the lowest indicators are inference and writing 46%.

References

Anggreni, C., Puspadewi, K. R., Noviyanti, P. L. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Pemecahanmasalah Dengan Prosedur Newman Pada Siswa Kelas IX C SMP Cipta Dharma. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Benyamin, Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Facione, P. A. (2015). Permission to Reprint for Non-Commercial Uses Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assesment.

Farida, N., & Ferdiani, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mengkonstruksi Materi Teori Bilangan. Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(3). https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6054

Fitriana, A., Marsitin, R., & Ferdiani, R. D. (2019). Analisis Berpikir Kritis Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3). https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3764

Jun, V., Haryani, S., & Muniarsih, T.R. 2022. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Jurnal Factor M, 4(2), 139-152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722

Kalengkongan, L. N., Regar, V. E., & Mangelep, N. O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(2774–6879), 1–8.

Kurniasih, R. (2019). Berpikir Kritis Siswa Materi Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1–11.

Lestari, E. P., & Fiangga, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Berdasarkan Jenis Kelamin Ditinjau dari Teori Newman. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 187–200. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.187-200

Maghfiroh, N., & Prayitno, L.L. (2023). Errors 8th Grade Students Solve Statistical Literacy: Newman Perspective. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 11(1), 20-31. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v11i1.2665

Murtiyasa, B, & Wulandari, V. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. Aksioma, 9(3), 713-726.

Ndahawali, H. O., Hariyani, S., & Farida, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Phytagoras. Journals of Mathematic Education, 2. https://doi.org/10.35194/ts.v2i2.711

Oktaviana, D., & Abdillah, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Teori Graph Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 235–250. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.235-250

Pratami, S.R., Sundayana, R., & Sofyan, D. 2023. Kesalahan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. POWERMATHEDU, 2(2), 165-174. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3103

Rahmadana Hidayati, A., Fadly, W., & Faradisya Ekapti. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1, 34–38. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Suastika, I. K, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 4, 58–61.

Sugiarni, R., & Durri, R.F. 2022. Problem Solving Tipe SSCS Berbantuan Schoology: Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Factor M, 5(1), 52-61. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.543

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., Fayeldi, T., Matematika, P., & Malang, U. K. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447

Suryanti, S., Sari, C. Y., & Kristiani, K. (2020). Kesalahan Penyelesaian Soal Statistika Tipe High Order Thinking Skills Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 207–218. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.207-218

Published

28-06-2023

How to Cite

Mulyanto, B. H., Suastika, I. K., & Farida, N. (2023). Analysis of students’ critical thinking errrors in solving Algebra material problems . Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(1), 99–116. https://doi.org/10.30762/factor_m.v6i1.1087