Application of the RME Approach on Concept Understanding Ability and Students’ Mathematics Problem Solving

Authors

  • Nurul Indah Septianisha
  • Dewi Azizah Universitas Pekalongan
  • Daniel B Asamoah

DOI:

https://doi.org/10.30762/f_m.v6i2.1394

Keywords:

RME, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan pembelajaran dapat dicapai apabila proses belajar mengajar efektif. Pembelajaran matematika di SMK Gondang telah menggunakan pendekatan saintifik. Namun, ketika pelaksanaannya masih kurang maksimal. Kesulitan ketika memahami konsep dan memecahkan masalah siswa banyak yang belum mampu. Dengan demikian, pendekatan RME menjadi salah satu solusinya. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui apakah kemampuan matematika yang dihasilkan oleh pendekatan RME sama atau tidak dengan kemampuan matematika yang dihasilkan oleh pendekatan saintifik; (2) mengetahui apakah pendekatan RME memberikan kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan saintifik; dan (3) mengetahui apakah pendekatan RME memberikan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan saintifik. Quasi experimental digunakan sebagai metode penelitian dengan rancangan Posttest – only control design with nonequivalent groups. Lembar tes yang mengukur kemampuan siswa untuk memahami konsep dan memecahkan masalah berfungsi sebagai instrumennya. Adapun uji multivariat beda rerata digunakan untuk analisis data. Hasilnya yaitu tolak  karena nilai Sig. . Artinya, kemampuan matematika yang dihasilkan oleh pendekatan RME sama atau tidak dengan kemampuan matematika yang dihasilkan oleh pendekatan saintifik. Hasil uji univariat diperoleh bahwa  (1) pendekatan RME memberikan kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan saintifik dan (2) pendekatan RME memberikan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan saintifik. Penerapan pendekatan RME  dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa.

References

Research, 64–74. https://doi.org/10.34256/ajir1917

Nur’aini, D. R. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 50–58. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26356

Nurfauziah, & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bilangan Bulat. Journal on Education, 1(2), 215–228.

Purba, D., Zulfadli, & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Mathematic Education Journal: MathEdu, 4(1), 25–31.

Putri, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Rutin dan Non-Rutin Pada Materi Aturan Pencacahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 890–896.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahayu, E., & Muhtadi, D. (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Kongruen, 1(4), 331–342.

Sari, D. P., Isnurani, Aditama, R., Rahmat, U., & Sari, N. (2020). Pentingnya Konsep Dasar Matematika Pada Kehidupan Sehari-Hari dalam Masyarakat. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat, 2(2), 134–140.

Wati, A., Busnawir, & Jafar, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri 3 Muna. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(1), 109–120. https://doi.org/10.36709/jppm.v8i1.11120

Yilmaz, R. (2020). Prospective Mathematics Teachers’ Cognitive Competencies On Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 11(1), 17–44. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.8690.17-44

Zulkardi, Z. (2013). Designing Joyful and Meaningful New School Mathematics Using Indonesian Realistic Mathematics Education. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.46517/seamej.v3i1.22

Published

24-01-2024

How to Cite

Nurul Indah Septianisha, Dewi Azizah, & Daniel B Asamoah. (2024). Application of the RME Approach on Concept Understanding Ability and Students’ Mathematics Problem Solving. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 6(2), 92–111. https://doi.org/10.30762/f_m.v6i2.1394